Long Distance Relationship — bagi sebagian orang mungkin sangat sulit untuk menjalaninya. Bahkan tak sedikit para pelaku LDR ini memutuskan untuk mengakhiri hubungannya karena tak tahan akan perbedaan ruang, jarak dan waktu yang begitu jauh.

Di balik kekurangannya, padahal hubungan LDR memiliki seni dan keunikan tersendiri. LDR bisa menjadi ujian bagi perjalanan cinta kamu dan si dia. Suka dan duka akan dijalani bersama meski harus diderai air mata. Kalau kita bisa mengambil hikmah dan menjalaninya dengan setulus hati, LDR akan menjadi perjalanan cinta yang indah.

Memang kenyataannya tak semudah teori sih, tapi setidaknya dengan beberapa keyakinan dan kepotimisan setidaknya kamu punya modal untuk bisa survive dalam menjalani hubungan LDR. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjalani LDR.

1. Kepercayaan adalah pondasi utama dalam menjalani LDR. Sejauh apapun jarak memisahkan, kamu dan dia wajib untuk saling percaya.

Saling percaya satu sama lain via woongs.net

Saat kamu berada jauh darinya, banyak hal yang menghantui pikiranmu. Kamu akan mulai mengkhawatirkan keadaanya disana, kegiatan yang dilakukannya disana, bahkan mungkin kamu akan mulai meragukan kesetiaanya. Ketakutakutan-ketakutan seperti itu adalah hal yang wajar. Tapi kembali lagi, bagaimana kamu memandang permasalahan ini.

Advertisement

Jika dia benar mencintaimu, dia akan tetap menjaga hatinya untukmu begitupun dengan kamu. Jadi percayalah akan kesungguhan cintanya padamu. Kalian harus saling percaya akan cinta yang sudah kalian rajut dari awal. Percaya akan keputusan yang sudah kalian jalani sekarang, dan terus saling menjaga hati dan komitmen penuh dengan perjuangan. Dan yakin seyakin-yakinnya bahwa hubungan kalian tak akan berujung pada kesia-siaan.

2. Di sinilah kesetiaanmu dan dirinya diuji habis-habisan. Buktikan bahwa jarak yang memisahkan bukanlah tandingan bagi hubungan kalian.

LDR menguji kesetiaanmu via lady.163.com

Berbicara tentang kesetiaan, ini merupakan salah satu hal yang menjadi acuan kalian dalam mempertahankan hubungan jarak jauh. Banyak hal yang akan menggodamu, banyak hal yang akan meracuni pikiranmu, tapi kamu pasti punya penawarnya bukan?

Mungkin ada saatnya kamu merasa jenuh, merasa kesepian dan merasa sendiri. Ingin kamu berbagi bersama teman mu yang lainnya, atau kadang ada orang yang ingin mengajakmu bepergian. Tapi bukan kah perhatian dan kasih sayangnya lebih dari cukup? Berjanjilah pada dirimu, pada hatimu, dan pada kekasihmu bahwa kamu akan tetap setia untuknya dan jika kamu menjalaninya semuanya akan terasa lebih indah.

Namun, jika ternyata dia berani main serong di belakangmu, kamu akan tahu lebih awal bagaimana kesetiaannya padamu. Dan jika ternyata kamu pun tak kuasa untuk bermain api di belakangnya, kamu pun akan sadar ternyata dirimu belum cukup bisa memegang komitmen dengan baik. Meski sakit bukan main, tapi setidaknya kamu tahu apakah hubungan ini layak dipertahankan atau tidak.

3. Meski belum menikah, kamu dan dia juga perlu membuat perjanjian kecil dalam LDR supaya bisa saling mengingatkan satu sama lain.

Pernahkah kalian membuat sebuah janji? Pasti sebelum kalian berpisah kalian akan membicarakan hal-hal yang penting dengan hubungan kalian berdua nantinya. Sebuah janji harus ditepati, apabila janji itu diingkari maka kepercayaan dan kesetiaan itu akan kandas juga.

Memangnya perlu ya membuat janji LDR? Ya, janji LDR bisa berfungsi bsebagai pengingat dan juga penguat komitmen. Bagi kamu yang sudah pernah nonton Kambing Jantan, pasti tau apa itu janji LDR bukan? Janji LDR :

  1. Menjalankan long distcance relationship dengan pacarku.
  2. Akan menjaga komunikasi yang berkesinambungan.
  3. Untuk bertemu lagi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Saat kalian berdua mengucapkan janji ini, harus didasari dengan keyakinan dan keikhlasna ya. Dan apabila dalam fase pacaran kalian berada dalam fase kritis kalian bisa saling mengingatkan akan janji LDR yang telah kalian buat.

Sayang, kamu masih ingatkan janji LDR kita nomor 2?

4. Komunikasi adalah hal yang paling riskan dalam sebuah hubungan. Jangan harap bisa langgeng kalau kalian berdua tak menjaga berusaha komunikasi.

Menjaga komunikasi itu harga mati bagi pelaku LDR via www.escapenormal.com

Komunikasi yang berkesinambungan, ya itu merupakan salah satu janji LDR yang butuh untuk diucapkan dan juga dipraktikkan. Dalam hubungan jarak jauh, komunikasi yang baik adalah salah satu hal yang sangat penting. Jika miskomunikasi terjadi, maka akan terjadi kesalahpahaman yang akan berujung pertengkaran antara kalian berdua.

Untuk itu kalian harus berusaha untuk tetap menjaga komunikasi dengan pacar dengan baik. Baik itu melalui telpon, bbm, atau sms singkat. Meski disela-sela kesibukan yang menggunung, kamu tetap harus memberi kabar pada pacarmu kalau kamu sedang sibuk. Jangan membuatnya khawatir atau bahkan bikin dia berpikiran negatif tentangmu.

Ingatlah, jauh disana ada seseorang yang akan gelisah menanti kabarmu. Usahakan agar komunikasi kalian tetap berjalan dalam hitungan jam yah.

Sayang, aku lagi ada kerjaan nih. Nanti aku telepon ya kalau udah beres. I love you…

5. Setelah beberapa kali purnama terlewatkan seorang diri, kamu dan dia wajib meluangkan waktu untuk memechakan tabungan rindu kalian berdua.

Quality time saat bisa bertemu via bestpics.in

Ternyata LDR itu memiliki istilah lain, yaitu Lama Disiksa rindu. Yah, bagaimana tidak rindu? Terkadang untuk bisa bertemu saja harus nunggu satu purnama! Hehehe. Ada saatnya rindu itu datang dan sangat menyiksa. Ingin saat itu juga kamu bertemu dengannya, mungkin jika kamu punya pintu ajaibnya doraemon pasti bisa yah. Untuk itu luangkanlah waktumu dengan pasanganmu. Bukan berrarti LDR kalian tidak bisa quality time yah.

Bisa saja kalian on air, skype, atau bertemu dengan kondisi dan waktu yang tepat. Jika kalian punya waktu luang, atau hari libur cobalah untuk menghabiskannya bersama dia. Via telpon juga bisa menjadi salah satu alternatif yang baik. Kamu bisa banyak bercerita tentang hari-hari yang kamu jalani. Tak terasa nanti kalian telah melewati jam demi jam dalam hari itu.

Bagi hungungan jarak jauh, media video call bukanlah hal yang asing lagi. Nah itu dia media yang bisa membuatmu dan pasangnmu bisa bertemu dalam tempo yang sesingkat-singkatnya meski hanya bisa mendengar suaranya, melihatwajahnya, tapi tidak bisa untuk berjabat tangan dengannya. Paling tidak kalian bisa saling melepas rindu satu sama lain ‘kan?

6. Kata siapa menjalani LDR gak bisa romantis? Bentuk perhatian sekesil apapun justru akan jadi suatu hal yang sangat manis buat pasanganmu.

Berikan perhatian yang lebih tapi sewajarnya via pixgood.com

Bersama terbitnya mentari, cobalah untuk menyapa dia melalui pesan singkatmu, itu akan menunjukkan bahwa kamu akan memulai hari-harimu bersamanya.

Selamat pagi sayang, jangan lupa makan ya. Jaga kesehatan, pola makannya diperhatiin. Oh iya, jangan lupa berdoa sebelum tidur, supaya kita bisa ketemu dalam doa dan mimpi.” *Eeaaaa

7. Tak ada cinta yang tak butuh pengorbanan. Terlebih bagi kamu yang LDR, pengorbananmu pasti jauh lebih besar dari pasangan-pasangan lainnya.

Tunjukkan pengorbananmu via mysweetseconddiary.blogspot.com

Kasih sayang dan pengorbanan membuktikan seberapa besar cintamu untuknya. Apa sih yang kamu korbankan? Waktu? Uang? Tenaga? Adanya jarak antara kalian bukan berarti kalian tidak bisa bertemu dan berbagi kasih sayang bukan?

Kalian masih bisa merencanakan kapan waktu yang tepat untuk bertemu, menghabiskan waktu bersama meski harus menempuh perjalanan yang sulit atau hanya bisa bertemu dalam hitungan menit saja.

Atau kamu bisa mengirimkan kekasihmu kejutan-kejutan kecil. Misalnya pas momen-momen penting kalian berdua, acara ulang tahun, valentine day, anniversary, atau bahkan di hari biasa juga. Kamu bisa memgirimkan hadiah-hadiah kecil untuk kekasihmu , apalagi itu adalah hasil karyamu sendiri.

8. Berbaur dengan lingkungannya tentu saja bagus, namun kamu juga harus tahu batasannya. Perlu diingat bahwa waktunya bukan hanya untuk dirimu semata.

Waktunya tak hanya untuk dirimu saja via www.enkicharity.com

Menjalin hubungan jarak jauh bukan berarti kamu tak lagi peka dengan lingkungan si dia. Kamu masih bisa seolah-olah selalu berada dekat dengannya. Walau jauh, kamu masih bisa kan memperhatikan aktivitas dan kesibukannya. Namun perlu diingat, kamu wajib untuk tetap memberi ersonal space padanya, dan juga mengerti akan situasi dan kondisinya.

Kamu tidak boleh memaksakan bahwa waktunya hanya untukmu saja. Kamu tentunya sudah mengenal teman-teman dekatnya bukan? Komunikasi yang baik juga perlu kamu bina dengan teman-teman bermainnya, itu akan membuat hunbungan kamu dengan dia lebih baik lagi. Kamu juga bisa memperoleh kabarnya dari teman-temannya tentang aktivitasnya di sana, bukan berarti kamu stalking dan memata-matain ya.

Bayangkan jika tiba-tiba kamu tidak ada kabar dari pacar kamu, hpnya mati, dan dia sama sekali tidak bisa dihubungi seharian, hari itu merupakan hal yang tidak wajar bukan? Nah, sebaiknya kamu harus bisa menempatkan dirimu ditengah-tengah lingkungan bermainya, bukan hanya dilingkungan keluarganya yah.

9. Mengertilah akan ruang, jarak, dan waktu yang memisahkan. Sesulit apapun menjalani LDR, mau tak mau kamu harus bisa berdamai dengannya.

Berdamailah dengan keadaan via pravinsalame.blogspot.com

Ruang, jarak, dan waktu bersatu padu menciptakan rasa rindu yang luar biasa saat kamu dan dirinya masih terpisah. Adakah ruang yang membatasimu dengan dia? Ruang demi ruang mungkin harus kamu lewati agar kamu bisa mendengar suara lembutnya. Lalu jarak akan menjadi sebuah lintasan yang harus kamu rajut menjadi sebuah peta asa.

Inchi demi inchi takkan bisa kamu terjang dalam waktu 1 detik saja. Lalu kapankah sang waktu akan memberimu ruang dalam merajut asa itu? Kamu dan dia harus mengerti akan hadirnya ruang, jarak, dan waktu yang memisahkanmu dengan dia. Meski raga tak bertemu tapi jiwa kalian akan saling menyatu.

Bertahanlah, rindumu hingga cintamu menjemputmu melintasi rajutan asa, dan yakinlah bahwa semua akan indah pada waktunya. Ada kalanya kamu dan dia akan berada dalam 1 ruang , hanya dalam jarak inchi demi inchi, bahkan detak jantung jam pun akan terdengar begitu mesra.

10. Rajut asa dan mimpi kalian berdua lewat alunan-alunan doa. Yakinilah hubungan ini bisa bertahan hingga jarak tak lagi menghalangi pertemuan kalian berdua.

Bersama berdoa merajut asa via lady.obozrevatel.com

Banyak harapan tentunya sampai detik ini kalian bisa bersama, meskipun jarak, ruang, dan waktu begitu teganya memisahkan kalian dalam wilayah yang berbeda. Musim yang kalian alami pun bahkan tidak sama, bahkan udara yang kalian hirup memiliki kandungan senyawa yang berbeda. Bersama terbitnya mentari, jangan lupa mengalunkan doa untuknya dan untukmu agar suatu saat nanti semua harapan, impian, dan cita-cita kalian menjadi nyata. 🙂