Kamu ingin liburan ke Karimun Jawa tetapi gajimu cuma 5 koma — setiap tanggal lima pasti udah koma? Tenang saja, jangan buru-buru patah arang kawan. Selalu ada secercah harapan untuk bisa menjamahi kepulauan yang seksi nan eksotis itu. Walau gajimu terhitung pas-pasan, kamu masih bisa kok liburan ke Karimun Jawa. Yang jelas kamu harus mau traveling yang syarat dengan pengiritan.

Nah, supaya bisa irit kamu harus melakukan perjalanan sendiri tanpa jasa tour travel. Sedikit ribet dan butuh usaha memang, tapi bukan berarti kamu tak bisa menikmati liburanmu. Berikut beberapa saran yang bisa kamu jadikan acuan untuk ke sana tanpa banyak keluar biaya!

1. Kalau kamu memang ingin liburan murah ke Karimun Jawa, kamu wajib menanamkan mental backpaker di kepala

Harus punya mental backpacker! (dok. pribadi) via hipwee.com

Kalau kamu pengen jalan-jalan ke tempat-tepat seru tapi kantong tipis ya harus siap jadi backpacker. Pastinya, jadi backpacker itu harus siap dengan segala ketidakpastian kehidupan di luar sana. Harus tangguh, nggak takut panas, hujan, nggak punya malu, dan tentu saja nggak takut begal. Pokonya kamu harus kuat!

2. Sudah pasti kamu harus memilih moda transportasi umum yang paling ramah di kantong dan mudah untuk ditemui

Backpacker ya harus naik kendaraan umum via nur-rofi.blogspot.com

Advertisement

Nah ini jelas wajib kamu lakoni. Naiklah transportasi umum yang murah, dan transportasi umum yang paling mudah dan fleksibel waktunya adalah bus umum. Dari kota asalmu, naiklah bus umum tujuan Semarang, lalu turunlah di Terminal Terboyo.

Dari Terminal Terboyo, kamu bisa mencari bus tujuan ke Kota Jepara. Ongkosnya tidak mahal, kurang lebih 15 – 20 ribu saja. Lalu mintalah turun di pertigaan dekat pelabuhan Kartini, lalu jalan kaki sedikit menuju dermaga. Lumayan lho, bisa hemat Rp. 10.000 daripada naik becak.

3. Kamu harus bisa fleksibel dengan waktu dan tempat untuk beristirahat. Jangan malu kalau kamu harus tidur ngemper

Jangan malu tidur ngemper via arckylife.blogspot.com

Kalau tempatmu benar-benar jauh dari Karimun Jawa, kamu harus siap dan mau tidur di mana saja untuk menghemat biaya. Kamu bisa beristirahat dan singgah sejenak di masjid, mushola di pom bensin, emperan toko, atau kalau cari aman tiduran aja di pos polisi, atau bisa juga di emperan rumah sakit. Rumah sakit kan buka 24 jam, pura-pura saja jadi penunggu pasien.

4. Untuk menyeberang dari Jepara ke Karimun Jawa, kamu wajib naik kapal kelas ekonomi!

KMP Siginjai satu-satunya kapal ekonomi ke Karimunjawa via ichur.com

KMP Siginjai adalah satu-satunya kapal kelas ekonomi yang menuju Karimun Jawa. Jangan salah, walaupun cuma kelas ekonomi, KMP Siginjai itu kapalnya asyik kok!

Meski kecepatannya gak secepat kapal cepat, kamu masih bisa menikmati perjalanan sambil memandangi birunya laut yang menyatu dengan langit. Kalau kamu membawa pasangan, kamu juga tetep bisa romantis-romantisan ala Jack dan Rose di Film Titanic asal mau naik ke atas kapal, hehehe.

5. Jangan malas dan ragu untuk keluar masuk penginapan. Pilihlah penginapan yang paling murah dan cukup nyaman

Jangan malas keluar masuk home stay via www.travellers.web.id

Saat perjalanan menuju ke Jepara mungkin kamu sudah nekat tiduran di mana saja yang bisa jadi tempat persinggahanmu. Tapi saran saya, sesampainya di Karimun Jawa, kamu tetep kudu nyari penginapan. Alasannya, biar kamu sedikit terawat dan bisa memanjakan diri sejenak dengan kenyamanan, lagipula kamu juga harus beristirahat penuh supaya kamu kesehatanmu selama liburan masih bisa terjaga dengan baik.

Tapi tentunya harus cari penginapan yang murah — tetep! Jangan ragu atau malu berkunjung dan bertanya dari satu penginapan ke penginapan lain untuk membandingkan harga. Harga penginapan paling murah kisaran Rp. 70.000 per malam

6. Atau kalau kamu ingin bermalam di pinggir pantai, kamu boleh mendirikan tenda lho!

Kemping di pantai karimunjawa juga boleh via www.campkarimun.com

Buat kamu backpacker sekaligus pengirit sejati, membawa tenda tentu bisa jadi pilihan yang tepat dan menarik. Kalau kamu ingin dapat pengalaman liburan yang berbeda tapi juga hemat di kantong, kamu bisa kok berkemah di Karimun Jawa. Tapi kalau mau mendirikan tenda, carilah tempat yang sekiranya benar-benar aman dan jangan lupa untuk meminta ijin ke warga.

7. Tak hanya soal transportasi dan akomodasi, urusan konsumsi juga harus ekstra berhemat

Bawa bekal biar makin irit (dok. pribadi) via hipwee.com

Jangan pernah lupa dengan prinsip awalmu, yaitu liburan hemat! Karena itu kamu harus mau ngirit baik dari segi transportasi, akomodasi, dan juga konsumsi. Untuk urusan makanan, kamu juga harus bawa bekal sendiri secukupnya.

Kamu bisa membawa snack, roti, ataupun lauk yang serba goreng seperti nugget yang bisa sedikit tahan lama. Sedangkan nasi, nanti bisa beli selama perjalanan. Karena kalau bawa nasi dari rumah nanti takut cepat basi. Kalau beli, harga nasi sebungkusnya Rp. 2000. Bisa juga bawa abon ataupun mie instan cup. Yang jelas nggak usah jajan banyak-banyak. Inget ya, niatnya jalan-jalan, bukan cari makan, hehe.

8. Buang jauh-jauh rasa malu dan takutmu. Kamu wajib dan harus selalu siap bertanya pada orang lokal tentang hal-hal yang tidak kamu tahu

Jangan malu bertanya, agar tak sesat di jalan via raunraunsenyo.blogspot.com

Kalau kamu benar-benar ingin irit biaya ya jangan lewat travel, dan itu berarti kamu harus berani tanya sana sini. Jangan hanya ngandelin mbah google doang, karena kamu bakal habis banyak pulsa buat internet. Lagipula, Karimun Jawa masih susah sinyal, jadi kamu gak boleh tergantung google.

Disinilah kamu akan ingat kembali kodratmu sebagai manusia, yakni menjadi makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, bukan google dan internet. Msyarakat Karimun Jawa itu ramah-ramah dan welcome tourist banget kok, jadi tak perlu ragu bertanya ya!

9. Kalau kamu mau mengulik lebih dalam lagi, sebenarnya Karimun Jawa adalah destinasi wisata yang cantik sekaligus nyaman di kantongmu

Karimunjawa itu murah via dinihajarrahmah.wordpress.com

Karimu Jawa itu indah, Masih banyak pantai-pantai yang belum tereksplore dan belum di tarik biaya karcis. Hanya bermodalkan nyali dan tentu saja uang buat sewa motor sekitar Rp 70.000, kamu bisa melihat keindahan lukisan Tuhan di sana. Kalau mau irit lagi dan tempatmu tak terlalu jauh dengan Jepara, bawa saja motor sendiri. Kapal Siginjai bisa kok ngangkut motor , tapi tentu saja dengan tambahan biaya.

Karimunjawa itu ramah buat bacpacker kok! via hipwee.com

Pantai Lego Lele, Nyamplung Ragas, Kemloko, dan Pantai Annora merupakan beberapa pantai yang nggak boleh kamu lewatkan saat ke Karimun Jawa. Oh iya, jangan lupa juga untuk mengunjungi hutan mangrove. Karcis masuknya hanya Rp. 5.000. Murah kan?Mengunjungi Karimunjawa akan membuatmu bersyukur dan bangga lahir di Indonesia.

10. Sayang rasanya jika kamu tidak mengeksplor keindahan alam bawah lautnya. Datanglah ke dermaga kecil untuk bergabung dengan para wisatawan lainnya

Ikut tour ke laut (dok. pribadi) via hipwee.com

Nah, walau kamu nggak ikut agen travel, kamu tetep bisa mengeksplor keindahan taman laut Karimun Jawa. Nggak perlu bingung harus kemana, cukup datang saja ke dermaga kecil. Disana kamu bakalan ketemu orang-orang yang akan pergi tur laut. Bilang saja ke penjaga perahu, nanti biasanya kamu akan diikutkan rombongan. Biayanya sekitar 150 ribu, kalau mau tur setengah hari juga bisa.

Masih merasa mahal? Ya sudah, nggak perlu memaksakan untuk ikut tur laut. Puaskan saja dirimu tur darat. Tapi bakalan sayang sekali, udah jauh-jauh sampai Karimun Jawa tapi nggak melihat indah biota laut. Ya, tidak dipungkiri memang untuk mendapatkan pengalaman itu memang butuh uang, tapi kepuasan yang akan kamu dapat bakalan sepadan kok!

11. Pastikan kamu selalu tepat waktu dan tak lalai dengan semua jadwal keberangkatan transportasi umum

Jangan sampai ketinggalan kapal via www.indonesia.travel

Sebelum ke Karimun Jawa, kamu harus tahu kapan jadwal berangkat dan pulangnya kapal feri. Untuk keamanan dan kenyamanan, sangat disarankan untuk menghubungi KMP Siginjai terlebih dahulu. Jangan sampai kamu ketinggalan kapal, karena ini bisa membuat pengeluaranmu semakin membengkak.

12. Budget travelingmu boleh murah, tapi kamu harus tetap jadi traveler yang berkelas. Selalu jaga etika dan sopan santunmu di sana

Janga moral dan etika (dok. pribadi) via hipwee.com

Terakhir yang wajib untuk selalu kamu junjung dan tak boleh kamu lupakan barang sedetikpun adalah wajib untuk menjaga moral dan etika. Jangan pernah merusak lingkungan, tidak buang sampah sembarangan, dan tidak melakukan kejahatan dan perilaku yang tidak sopan selama di sana.

Jika perilakumu baik dan sopan, maka percayalah, semua orang yang ada di sekitarmu dan bahkan alam di sekelilingmu un akan berbuat hal yang sama padamu, dan itu juga akan memudahkan perjalananmu.

“Dompet boleh tipis, tapi pengalaman wajib kaya, etikapun harus selalu terjaga.”

Itulah tadi tips backpacking ke Karimun Jawa berdasarkan pengalaman saya. Perjalanan ala backpacker irit itu mengajarkan banyak hal. Berpikiran positif, pasrah pada Tuhan, ramah pada semua orang, manajemen waktu & uang, rasa syukur, serta pengambilan keputusan yang tepat akan kamu dapatkan. Carilah hikmah perjalanan sebanyak-banyaknya, karena ilmu pengetahuan terbentang di seluruh dunia.