Memiliki tubuh ideal selalu menjadi dambaan setiap orang. Banyak orang berlomba-lomba diet dan giat berolahraga untuk mendapatkan bentuk badan yang diinginkan. Kamu yang dikaruniai badan subur pun tergoda untuk menurunkan berat badan karena ingin terlihat lebih ramping.

Berbagai macam motivasi menjadi landasan untuk melakukan perjuangan panjang memperoleh berat badan ideal. Misalnya, seperti agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, agar lebih mudah melakukan berbagai macam aktivitas, agar terlihat lebih menarik dimata orang lain, atau motivasi personal lainnya.

Setelah berlelah-lelahan melewati segala macam rintangan yang menghadang dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan, setelah harus melalui fase emosi yang kadang turun-naik disepanjang perjuanganmu menurunkan berat badan, hingga pada akhirnya memperoleh bobot yang selama ini diidamkan. Yeay, akhirnya perjuanganmu berbuah hasil! Tapi ternyata kamu salah, perjuanganmu tidak hanya sampai disini. Berikut adalah beberapa hal yang hanya dipahami oleh kamu yang baru saja menurunkan berat badan!

1. Berat badanmu memang sudah sesuai harapan. Tapi ternyata perjuanganmu belum selesai, karena kamu harus tetap mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Harus tetap mengkonsumsi makanan sehat via huffpost.com

Disaat kamu merasa puas dengan keadaanmu sekarang karena sudah memiliki berat badan yang kamu impikan, ternyata kamu harus tetap melawan segala godaan yang ada. Kamu berusaha sekuat tenaga mengacuhkan deretan makanan super lezat tapi berisiko tinggi bikin perut berlemak lagi.

Advertisement

Fokusmu kali ini hanya untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat. Kamu juga harus tetap bersemangat melawan rasa malas, dan lelah ditengah padatnya aktivitas untuk tetap rutin berolahraga.

Kamu pun sadar jika tetap ingin mempertahankan bentuk dan berat badan yang seperti sekarang, maka pola hidup sehat yang kamu terapkan harus tetap dipertahankan. Ternyata diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga untuk menjaganya supaya nggak melar lagi.

2. Sadar atau enggak, sekarang kamu jadi lebih fokus dengan penampilanmu!

Sekarang kamu jadi senang berlama-lama di depan cermin. via listen-hard.com

Seiring dengan jarum timbangan yang semakin bergeser ke kiri, kamu pun merasa menjadi dirimu yang lebih baik dari sebelumnya. Berlama-lama berada di depan cermin adalah hal yang sangat menyenangkan bagimu. Rasanya tak bosan-bosan memandangi dirimu di cermin sambil senyum-senyum sendiri. Putar kanan lalu ke kiri, dari atas hingga ke bawah.

Sadar, atau tidak sadar kamu pasti menjadi lebih fokus pada penampilanmu. Tapi namanya juga manusia, masih saja kurang puas. Kamu pun mulai merasa ada hal lain yang harus diperbaiki. Kamu mulai ingin mengubah pipimu yang masih terlihat tembem agar menjadi lebih tirus. Atau kamu ingin mengubah bagian tubuh yang lain agar penampilanmu semakin terlihat menarik.

3. Karena tubuhmu jadi lebih ramping, ada banyak pakaian yang cocok untukmu. Kamu pun harus lebih bijaksana dalam urusan belanja baju baru.

Banyak pakaian cocok untukmu via bangordailynews.com

Setelah kehilangan beberapa kilo dari berat badanmu, kamu tidak perlu bersusah payah berada di kamar lama-lama untuk memilih baju yang paling pas agar terlihat lebih ramping. Sekarang kamu jadi gak usah pusing-pusing mikirin baju, karena ada banyak model pakaian yang cocok untukmu. Tapi imbasnya, kamu jadi nggak bisa berhenti belanja pakaian dengan ukuran yang baru buat menunjang penampilanmu itu.

Kamu pun harus jadi lebih bijaksana dalam membelanjakan uangmu. Jika pakaian lamamu terlalu longgar, kamu menyiasatinya dengan membawanya ke tukang jahit untuk dikecilin. Atau kamu bertukar pakaian dengan temanmu, ngadain garage sale, atau dijual secara online untuk pakaian yang masih layak dan bagus.

Dengan begitu, pakaian-pakaian yang sudah terlalu kedodoran buatmu nggak akan terbuang percuma. Dan kalau pakaian bekasmu yang masih layak tadi ternyata laku terjual, uangnya bisa jadi tambahan buat belanja baju baru yang ukurannya lebih pas dengan ukuran badan yang sekarang. :p

4. Kamu merasa banyak orang terinspirasi kisahmu, dan kamu pun mulai memotivasi teman-temanmu agar bisa menurunkan berat badan sepertimu.

Memotivasi teman-temanmu untuk bisa sepertimu via timeinc.net

Cie, sekarang kurusan!

Wah aku pangling loh sama kamu. Kok bisa kurus gini sih?

Beberapa temanmu, dan orang-orang yang mengenalmu mulai memujimu, dan bahkan mengapresiasi keberhasilanmu merampingkan badan. Kemudian, bertanya padamu kiat-kiat yang kamu lakukan untuk memperoleh berat badanmu yang sekarang.

Selain senang karena pujian atas penampilanmu yang sekarang, kamu juga bersemangat memotivasi teman-temanmu itu untuk melakukan hal yang sama denganmu. Kamu ingin teman-temanmu lebih sehat, dan lebih bahagia seperti yang kamu rasakan.

Tetapi jujur deh, disisi yang lain, setelah usaha kerasmu selama ini. Ada sedikit bagian dari hatimu yang tidak ingin mereka terlihat lebih baik darimu.

5. Lemak-lemak di tubuhmu sudah banyak yang hilang, dan efeknya kamu sekarang jadi lebih mudah kedinginan.

Merasa lebih mudah kedinginan ya? via kinja-img.com

Kamu jadi merasa lebih mudah kedinginan. Berada lama-lama di bawah AC, atau di dalam gedung bioskop sekarang terasa sedikit menyiksa. Jangan heran jika hal ini terjadi padamu.

Lemak di dalam tubuh kita sebenarnya adalah isolator alami. Karena kamu sudah kehilangan banyak lemak dari dalam tubuhmu, makanya kamu sekarang menjadi lebih sensitif terhadap perubahan temperatur. Kamu pun mulai membiasakan diri dengan selalu membawa jaket, atau cardigan kemanapun kamu pergi.

6. Kamu jadi lebih sensitif dengan makanan yang manis-manis. Sepotong apel dan cokelat sudah cukup manis bagi lidahmu!

Sekarang satu apel saja sudah cukup manis. via Wikimedia.org

Kamu mungkin merasa ada yang aneh dari dirimu karena merasa keinginan untuk mengkonsumsi makanan-makanan manis, atau berlemak sedikit berkurang. Memang tidak serta merta hilang, tetapi sekarang bagimu sepotong cokelat, atau sebuah apel saja sudah terasa manis dilidahmu.

Hal ini disebabkan karena saat proses penurunan berat badan kamu sangat membatasi jumlah makanan manis, dan berlemak yang kamu konsumsi. Lama-lama kamu terbiasa dengan jumlah tersebut. Itu sebabnya dengan mengkonsumsi sedikit makanan manis, atau berlemak saja sudah cukup bagimu.

7. Meski kenyataannya ukuran badanmu sudah menyusut, tapi entah kenapa kamu merasa kalau lengan dan pahamu masih saja terlihat besar.

Kamu menghadapi masalah yang sama. via thebestfashionblog.com

Sebelum menurunkan berat badan kamu pasti berpikir bahwa setelah berat badanmu turun kamu bisa dengan bebas menggunakan rok mini, atasan dengan potongan rendah, skinny jeans, atau berbagi jenis pakaian yang selama ini kamu idam-idamkan. Bener kan?

Tetapi, ternyata ekspektasimu tidak sepenuhnya benar. Dengan berat badanmu yang sudah turun, kamu tetap merasa lenganmu dan pahamu masih kelihatan besar. Kamu menghadapi masalah yang sama seperti saat berat badanmu belum turun. Hanya saja kali ini dalam ukuran yang lebih kecil.

8. Tak hanya ukuran badan saja yang berubah drastis, tapi sifatmu pun pelan-pelan turut berubah.

Kamu merasa menjadi orang yang baru. via roesen.se

Setelah semua perjuangan yang panjang dan melelahkan, dengan semua perubahan yang kamu alami, kamu merasa menjadi dirimu yang baru. Kamu merasa dirimu sendiri dan orang-orang di sekelilingmu lebih menyukai kamu yang sekarang. Kamu merasa lebih percaya diri, dan merasa lebih baik.

Sadar atau tidak beberapa sifatmu pun ikut berubah. Jika dulu misalnya kamu doyan makan junk food hampir setiap hari, sekarang kamu lebih suka memasak makananmu sendiri. Jika dulu lari dari parkiran hingga ke lantai 5 gedung kuliahmu saat terlambat kuliah adalah hal yang sangat menyiksa, sekarang kamu dengan senang hati melakukannya, hehehe.

9. Karena beberapa sifatmu berubah, beberapa hubunganmu dengan orang-Orang di sekelilingmu pun ikut berubah.

Hubunganmu dengan orang-orang disekitarmu pun berubah. via giantbomb.com

Saat sifatmu berubah ternyata hubunganmu dengan orang-orang di sekelilingmu pun turut berubah. Seiring pola hidupmu yang semakin sehat, kamu merasa menjadi sedikit berbeda dengan orang-orang disekelilingmu. Terutama dengan mereka yang tidak berusaha menurunkan berat badan sepertimu.

Misalnya, ketika ibumu memasak gulai kambing favoritmu, kamu tidak lagi segirang dulu, dan menghabiskan seporsi besar sekaligus. Karenanya, pasti ada perasaan berbeda yang dirasakan oleh ibumu. Atau kamu bisa menjadi jarang keluar untuk makan malam bersama teman-temanmu, atau untuk sekedar nongkrong. Kamu lebih memilih mengolah makanan sehatmu sendiri, dan berada di rumah ketika malam hari.

Sisi baiknya adalah kamu bisa lebih irit dalam hal pengeluaran, dan memiliki waktu lebih lama untuk tidur. Tetapi, kamu membuat semacam jarak dengan teman-temanmu. Kamu dan orang-orang disekelilingmu membutuhkan waktu lagi untuk dapat saling menyesuaikan diri dengan keadaan yang sekarang sedikit berbeda.

10. Akibat hilangnya beberapa kilo dari tubuhmu, kamu pun mencari berbagai cara untuk mengencangkan kembali kulitmu yang sedikit melar.

Ada kulit yang sedikit melar pada bagian tubuhmu. via whichweightlossprogramisthebest.com

Nggak semua orang yang kehilangan beberapa kilo dari tubuhnya mengalami hal semacam ini. Tergantung dari berapa umurnya, seberapa besar berat badan yang hilang, seberapa cepat kehilangan berat badan tersebut, serta seberapa sering kehilangan berat badan, dan kembali lagi.

Kalau kamu yang mengalami hal ini, pasti merasa keberadaannya mengganggu penampilanmu. Karenanya kamu berusaha berbagai treatment untuk menghilangkannya.

Jika itu tidak terlalu ekstrim, maka dengan rajin berolahraga yang bertujuan membentuk tubuhmu akan mengembalikan elastisitas kulitmu. Tai jika lewat olahraga tetap tidak bisa diperbaiki, operasi adalah solusi terakhir yang bisa ditempuh.

11. Nggak cuma ukuran pakaian saja yang berubah. Ternyata kamu juga perlu mengubah ukuran sepatu dan cincin yang kamu gunakan.

Pakai highheels? Siapa takut! via rajanego.co.id

Ketika kamu kehilangan berat badan berarti kamu kehilangan lemak dari seluruh tubuhmu. Termasuk lemak dari kaki, dan tanganmu. Jadi, jangan heran jika kamu merasa sepatumu menjadi sedikit longgar. Atau saat menggunakan pelembab pada tanganmu, kamu merasa jari-jemarimu menyusut.

Kamu memang mau tidak mau harus memperkecil ukuran cincinmu agar tetap bisa digunakan. Tetapi, berita baiknya adalah kamu tidak perlu merasa sakit lagi saat menggunakan sepatu hak tinggi saat beraktivitas karena kamu kini lebih ringan! Hehehe…

12. Setelah berhasil menaklukan berat badanmu, kamu pun tertantang untuk mencoba menaklukan hal lain lagi!

Kamu mulai berpikir untuk menaklukan hal lain via pickywallpaper.com

Setelah mengerahkan seluruh pikiran dan tenagamu untuk memperbaiki bentuk tubuhmu, dan akhirnya berhasil. Kamu merasa saatnya menaklukan hal lain yang belum tercapai. Tetapi, saat kamu mencoba mengubah fokusmu ke hal lain yang ingin kamu taklukan selanjutnya, jauh didalam lubuk hatimu kamu merasa takut.

Kamu takut apakah nantinya akan berhasil untuk menaklukan hal baru tersebut seperti halnya kamu berhasil menurunkan berat badanmu. Tapi jika menjaga berat badan tidak lagi menjadi prioritas, kamu juga takut seiring berjalannya waktu berat badanmu akan kembali seperti semula.

Ketika perjuangan panjang ternyata belum berakhir, dan dihadapkan oleh beberapa kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi sebelumnya, jangan terlalu terbawa emosi. Karena akhirnya malah berakibat stres yang justru merugikan dirimu sendiri. Jangan pula terlalu takut angka timbangan perlahan bergerak kembali ke kanan. Kalau kamu ketakutan, justru apa yang ditakutkan itu malah akan terjadi.

Santai saja menjalaninya, asal tetap tekun dan berpikiran positif. Jangan lupa juga perbaharui terus motivasimu. Apa yang membuatmu terus bersemangat hingga berada dititik ini sekarang. Nikamati saja segala perasaan naik turun yang muncul. Semua akan baik-baik saja. Tetap semangat!