Mungkin kamu tidak bisa mengingat kejadian khusus yang kamu alami sewaktu masih di masa-masa sekolah. Meskipun begitu ada beberapa hal yang masih akan kamu ingat dengan jelas sewaktu kamu menjalani masa-masa tersebut. Yup, hampir setiap hari melakukan rutinitas yang sama:

“Bangun pagi sekitar jam 6, merapikan tempat tidur (itupun kalau tidak bangun kesiangan), mandi, sarapan, hingga berangkat ke sekolah.”

Sampai pada saat memasuki usia 17 tahun, di mana kamu sudah mulai memasuki masa kuliah yang berarti kamu tak harus bangun pagi-pagi karena takut terlambat masuk sekolah. Saat kuliah kamu perlahan-lahan sudah mulai melupakan rutintas bangun pagimu karena jadwal kuliah pagimu baru dimulai pukul 10 pagi.

Ya, tidak harus bangun jam 6 pagi setelah semalaman lembur mengerjakan tugas itu pasti rasanya sesuatu banget. Tapi tahukah kamu kalau kebiasaan bangun pagi yang dulu selalu kamu lakukan itu ternyata bermanfaat banget, dan seharusnya masih kamu pelihara sampai saat ini.

Memangnya kenapa sih harus bangun pagi-pagi? Apa bedanya dengan bangun siang? Nah, berikut adalah beberapa alasan bangun pagi yang sebaiknya kamu tahu semenjak usia 17 tahun!

1. Pagi hari adalah waktu paling sempurna untuk melakukan kegiatan positif. Mengawali hari dengan kegiatan positif dapat membantu menjaga suasana hatimu tetap baik sepanjang hari

Advertisement

Awali harimu dengan bangun pagi dan melakukan aktifitas yang positif via social.lared.cl

Ketika kamu bangun di saat orang lain belum beraktifitas, suasana di sekitar akan sangat mendukungmu untuk lebih bisa berkonsentrasi. Seperti mengheningkan diri dan melakukan berbagai macam kegiatan religius seperti berdoa, sholat, atau bermeditasi.

Ketika kamu sudah mengawali harimu dengan kegiatan yang positif, suasana hatimu akan menjadi lebih baik dan tenang. Bekal suasana hati yang baik ini akan membuat kamu bersemangat dan lebih mudah fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas dan kegiatanmu hari itu.

Segala sesuatu yang diawali dengan kebaikan akan membantu membawamu pada segala manfaat yang baik pula pada kehidupanmu, termasuk memulai hari dengan aktifitas yang positif.

2. Bangun pagi adalah cara termurah dan termudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu punya kesempatan untuk mengisi bahan bakar tubuh di pagi hari sebelum beraktivitas

Mulai membangun kebiasaan hidup sehat yang mudah dengan bangun pagi dan sarapan via www.aiweibang.com

Bangun pagi memberikan kesempatan supaya kamu bisa memiliki waktu untuk sarapan. Karena kesibukan yang padat, kebanyakan orang beralasan tidak memiliki waktu untuk sarapan, sehingga mereka mengalihkan jadwal makannya ke makan siang dan malam saja.

Padahal sarapan pagi itu adalah waktu yang paling penting bagi manusia untuk makan. Pada saat memulai aktivitas kita membutuhkan energi, dan dari sarapanlah kita bisa mendapatkan asupan energi tersebut. Selain itu, otak kita juga perlu nutrisi sebelum diajak bekerja dalam menyelesaikan tugas-tugasmu sepanjang hari.

Kemudian berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, menunjukkan bahwa orang-orang yang sarapan pagi dengan rutin cenderung lebih sehat daripada yang tidak melakukannya.

Padahal bangun pagi dan sarapan adalah cara termudah dan termurah untuk menjaga kesehatan tubuh. Kalau mau lebih sehat dengan cara yang mudah dan murah, kenapa tidak mencoba membiasakan bangun pagi dan sarapan?

3. Jika sanggup bangun pagi-pagi, kamu bisa terhindar dari rasa stres karena tak perlu lagi terjebak macet dan terburu-buru berangkat kerja atau kuliah

Di jalan akan lebih terasa santai dan nyaman karena bangun pagi via vncheaptour.com

Buat kamu yang terbiasa jalan terburu-buru ke kampus atau panik ketika melihat kemacetan waktu menuju kantor, ada baiknya mulai sekarang juga mulai berlatih bangun pagi. Selain manfaat mendapatkan udara yang lebih segar, kamu juga akan terhindar dari kemacetan ataupun kondisi serba terburu-buru yang pasti membuatmu stres.

Belum lagi jika kamu harus berdesak-desakan di angkutan umum karena semakin siang, muatan angkutan pun akan semakin dipenuhi penumpang lainnya. Kalau kamu memulai harimu dengan bangun pagi, kamu bisa berangkat lebih pagi dan tidak perlu merasakan rasa stres karena terjebak macet dan deg-degan karena takut telat ngantor atau kuliah ‘kan ?

4. Bangun pagi bisa membuat harimu terasa jadi lebih panjang. Kamu jadi lebih leluasa membagi waktu dan bisa meluangkan waktu untuk dirimu sendiri

Kamu jadi punya me time! via www.creativindie.com

Ketika kamu bangun lebih pagi, kamu akan mulai mengerjakan berbagai hal di awal hari sesuai prioritasnya. Otomatis waktu yang kamu miliki akan lebih banyak untuk mengerjakan berbagai aktivitas lainnya, karena kamu sudah menyelesaikan tugas-tugasmu sebelumnya. Pekerjaan kantor pun juga bisa kamu selesaikan sesuai dengan deadline, dan pekerjaan-pekerjaan lain jadi tak semakin menumpuk.

Coba bayangkan kalau kamu bangun pagi lalu mulai menyelesaikan apa yang harus kamu kerjakan, setelah pekerjaanmu selesai, kamu akan punya waktu lebih panjang untuk melakukan hobimu atau hal-hal yang menyenangkan yang tadinya tidak pernah terpikirkan olehmu seperti: membaca buku, jalan-jalan, nonton film kesukaanmu, atau hanya sekedar memiliki me time untuk dirimu sendiri.

5. Jika kamu ingin sukses, berkacalah pada orang-orang yang sudah sukses saat ini. Dan ritual yang dilakukan oleh hampir sebagian besar dari orang-orang sukses di dunia adalah bangun pagi!

Rutinitas orang sukses bangun lebih pagi dan membuat to-do-list via www.businessinsider.com

Siapa yang belum pernah mendengar nama Bill Gates, yang terkenal dengan produk Microsoft miliknya, atau Oprah Winfrey, presenter kondang kelas dunia, atau Amancio Ortega dengan brand ternama ZARA miliknya? Menurut survey yang dilakukan oleh perusahaan di bidang Media Sosial NowSourcing, tokoh-tokoh tersebut adalah orang-orang yang berpenghasilan di atas 1 juta dolar Amerika per tahunnya atau hampir setara dengan 13 Milyar Rupiah.

Apa yang unik di balik kisah sukses mereka? Ternyata mereka biasanya bangun 3 jam lebih awal sebelum mereka mulai bekerja. Jadi kalau mereka mulai bekerja jam 8 pagi maka mereka akan bangun pada jam 5 pagi. Setelah bangun pagi, mereka terbiasa untuk menuliskan to-do-list untuk hari itu, sehingga kebiasaan ini membuat hari-hari mereka memiliki target yang lebih jelas dan dapat terukur yang mendukung kesuksesan mereka. Ternyata modal untuk jadi orang sukses itu simpel ‘kan ?

Bayangkan betapa indahnya hidupmu saat kamu bisa bangun pagi, lalu kamu memiliki waktu untuk mengheningkan diri. Tak perlu lagi merasakan perut keroncongan, kemacetan, dan memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai dan pada akhirnya itu semua akan mendukung kesuksesanmu, menyenangkan bukan? Yuk mulai sekarang, kembalikan kebiasaan bangun pagimu seperti dulu lagi. Semangat Pagi! 🙂