Selain masa pra sekolah dan pensiun, salah satu masa liburan terpanjang yang mungkin kamu alami adalah saat masa liburan antara lulus SMA dan menjadi mahasiswa baru (maba) — lebih tepatnya habis Ujian Nasional (UN). Berbeda dengan liburan habis UN SMP yang selain dilaksanakan setelah UN SMA, mereka pun masuk SMA lebih dari yang masuk kuliah.

Sekitar 4 bulan, tidak akan ada belajar di kelas apalagi tugas sekolah. Pada awalnya mungkin menyenangkan, tetapi ketika aktivitas liburan kamu itu-itu saja, tentu lama-lama kamu akan bosan juga. Hati-hati saja, jangan sampai lingkar perut kamu juga bosan dengan ukuran lamanya. Nah, agar waktu 4 bulan itu bisa tetap bermanfaat dan bermakna, berikut 5 hal produktif yang bisa kamu lakukan ketika habis UN.

1. Persiapkan diri menuju SBMPTN dan Ujian Mandiri. Hati-hati, sekali kamu menunda kamu akan terus menunda-nunda sampai hari H tiba.

Berlatih mengerjakan soal SBNMPTN dari jauh-jauh hari via www.examtime.com

Tidak semua ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) meskipun pintu itu kini terbuka lebar dengan hanya bermodalkan nilai rapor kelas 1 sampai kelas 3 yang baik via Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan. Ada juga yang ingin masuk Sekolah Tinggi seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) atau pun Akademi seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer (Akmil).

Tidak semua juga percaya diri akan diterima di PTN dipilihannya saat SNMPTN Undangan. Oleh karena itu, daripada hanya nonton TV dan bermain game, mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan berbagai ujian mandiri lainnya tentu saja lebih produktif untuk dilakukan.

Advertisement

Tidak perlu menunggu pengumuman SNMPTN Undangan tanggal 9 Mei apalagi menunggu hingga mendekati SBMPTN dan ujian mandiri yang mau kamu ikuti, lakukanlah sedini dan sesegera mungkin. Karena jika hari ini kamu menunda, besok atau lusa kamu bisa saja melakukan hal yang sama.

2. Di libur panjang setelah UN ini , kamu punya ribuan jam untuk memanjakan mata dan imajinasimu. Bacalah buku-bukumu yang belum sempat terbaca.

Baca buku-buku yang belum kamu baca. via ask.fm

Terkadang kamu lupa bahwa kamu tidak hanya perlu mengeluarkan uang ketika membeli sebuah buku, tetapi kamu juga harus menyediakan waktu untuk membuatnya sampulnya terbuka dan halaman demi halamannya mengisi pikiran kamu.

Sepanjang persiapan UN, kamu mungkin mengosongkan pikiran kamu dengan berbagai hal. Kamu mungkin sejenak meminggirkan buku-buku dan bacaan lainnya yang bisa jadi sebenarnya justru yang lebih kamu suka. Libur setelah UN adalah saat yang tepat untuk kembali menyentuh dan membaca mereka.

Novel-novel yang membuat kamu menjelajah lewat imajinasi atau buku pengembangan diri yang membuat kamu semakin percaya diri untuk berinterakasi nantinya.

3. Belajar bahasa Inggris sebagai bekal pendidikan selanjutnya. Nggak harus ikut les privat, kamu bisa mengasahnya dengan cara-cara yang fun!

Belajar bahasa Inggris sambi nonton film. via www.justbabycake.com

Meski sudah belajar bahasa Inggris sejak SD, seringkali apa yang kamu dapat itu hanya masuk lewat kuping kanan, mengendap sebentar di otak, kemudian keluar lagi lewat kuping kiri. Apa yang kamu pelajari mendadak menguap ketika habis ujian, termasuk UN. Hal itu karena mendapatkan nilai bagus saat ujian adalah tujuan dari pembelajaran kamu selama ini. Wajar saja jika kemudian kamu merasa tidak lagi penting untuk mengingatnya ketika tujuan itu sudah tercapai.

Belum banyak yang menyadari pentingnya penguasaan bahasa Inggris dalam dunia kerja atau bahkan dunia mahasiswa yang 4 bulan ke depan akan dialami oleh kamu yang baru habis UN. Tidak hanya mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional yang dari namanya sudah menyimbolkan kebutuhan akan penguasaan bahasa Inggris, tetapi juga mahasiswa dari berbagai jurusan, hampir semua bahan kuliahnya berbahasa Inggris.

Tidak harus mengikuti les, meskipun itu tentu saja sangat produktif, kamu bisa mulai belajar bahasa Inggris lewat membaca bacaan berbahasa Inggris, menghafalkan dan memaknai lirik lagu bahasa Inggris, atau pun menonton film dengan subtitle berbahasa Inggris. Banyak hal sederhana tetapi produktif lain yang bisa dilakukan, tetapi menanamkan dalam benak bahwa menguasai bahasa Inggris itu penting untuk masa depan adalah langkah pertama yang harus dilakukan.

4. Mumpung punya waktu banyak untuk mengatur pola hidup yang sehat, kenapa nggak menambah waktu olahraga?

Habisin liburan dengan berolahraga. via rippedandfit.tumblr.com

Mandi setelah sholat subuh, berangkat sekolah saat udara pagi masih sedikit menusuk, dan pulang di saat matahari sudah hampir terbenam seringkali membuat olahraga menjadi hanya mungkin dilakukan di akhir pekan. Itu pun jika kamu tidak terserang virus mager alias males gerak.

Nah, daripada liburan menumpuk lemak, akan lebih produktif kalau kamu menambah waktu olahraga. Sesederhana jogging setiap pagi atau sore. Bisa juga olahraga permainan seperti bulu tangkis, futsal, basket, dll. Jika ingin jadi lebih berotot ketika masuk kuliah nanti, bisa juga ikut fitness. Rajin olahraga juga salah satu cara supaya kamu bisa tetap fit saat akan menghadapi tes seleksi perguruan tinggi lho!

5. Menekuni kembali hobi-hobi yang sempat terbengkalai karena kesibukan selama konsentrasi menghadapi UAN, kalau perlu ikut kompetisi juga!

Tekuni hobi lagi, dan ikut kompetisi.

UN seringkali menuntut kamu untuk meminggirkan banyak hal, termasuk hobi dan hasrat kamu untuk berprestasi dalam kompetisi. Maka habis UN adalah saat yang tepat untuk mereka yang hobi menulis untuk kembali menulis, mereka yang hobi bermusik untuk kembali bermusik, mereka yang hobi fotografi untuk kembali hunting foto, dan hobi-hobi lainnya.

Apalagi jika hobi itu bisa kamu salurkan dalam kompetisi dan kemudian menuai prestasi, sangat produktif tentunya. Bonus hadiah pula jika menang. Lagipula ini bisa kamu kembangkan lagi saat kuliah nanti, karena saat kuliah nani kamu bisa gabung dengan UKM di kampus yang bisa menjadi sarana mengembangkan hobi dan bakat-bakatmu.

Sebenarnya masih banyak lagi hal produktif yang bisa kamu lakukan habis UN, tetapi jika kelima hal tadi saja sudah kamu lakukan, kamu sudah cukup produktif sebenarnya. Masalahnya tinggal apakah kamu mau melakukannya atau bertahan dengan aktivitas yang itu-itu saja. Satu hal yang pasti, 4 bulan itu waktu liburan yang cukup lama, jangan sampai nanti kamu justru menyesal ketika kesibukan sebagai maba mulai mengisi hari-harimu dan liburan kuliah yang tidak akan pernah selama itu.