Mantan adalah sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kehadirannya adalah sebuah masa lalu yang meninggalkan kenangan manis maupun pahit. Semua orang yang pernah mengalami putus cinta, sudah pasti punya yang namanya mantan pacar.

Pada saat kamu sudah memiliki kekasih baru, terkadang timbul rasa penasaran dengan masa lalu kekasih barumu — termasuk mantannya. Entah mengapa terkadang kamu merasa sangat penasaran dengan kisah cintanya bersama kekasihnya sebelum kamu.

Padahal kamu tahu betul apa konsekuensi ketika kamu mencari tahu tentang masalalunya. Kamu bisa saja cemburu bahkan minder ketika melihat jika mantannya menurutmu lebih baik dari pada dirimu. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar kamu tak lagi dibayangi oleh barisan para mantan kekasihmu saat ini.

1. Jangan mudah terpancing rasa penasaran tentang cerita cinta masa lalu pacarmu. Rasa penasaran itu tak akan memperkaya ilmumu, tapi hanya malah membuatmu minder dan cemburu

Nggak ush penasaran dan cari tahu tentang mantannya via mashable.com

rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat kamu getol untuk mencari tahu tentang masa lalu dia dengan kekasihnya sebelum kamu. Kamu pun banyak mencari tahu asal-usul mantan-mantan pacarmu. Mulai dari stalking hingga bertanya secara terang-terangan ke pacar kamu. 

Advertisement

Setelah kamu tahu ternyata dulu ada banyak hal yang terjadi antara pacarmu dan mantannya, kamu pun mulai terbakar api cemburu. Rasa cemburu ini bisa muncul karena timbul rasa takut dan tidak rela. Kamu takut adanya kemungkinan pacarmu kembali ke pelukan mantannya. Atau bisa juga kamu jadi merasa minder, karena menurutmu mantan pacarnya lebih cantik, tampan, pintar, atau mapan dari pada kamu.

Ketakutan-ketakutan yang tiba-tiba mucul itu nantinya bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dalam hubunganmu. Rasa minder yang timbul pun bisa membuatmu merasa rendah diri hingga membuat pacarmu jadi merasa terganggu, padahal pacarmu saja tidak pernah membandingkan dirimu dengan mantannya. Dengan berhenti kepo dan mencari tahu tentang  mantannya, berarti kamu juga sudah mengantisipasi untuk tidak dibayangi oleh masalalunya yang sebenarnya tidak penting bagi hubungan kalian.

2. Mungkin kamu tak secantik atau setampan mantannya, tapi percayalah dia memilihmu karena kamu punya kelebihan lain yang membuatmu terlihat lebih dari sekadar cantik atau tampan

Kamu punya hal lain yang membuatmu lebih dari sekadar cantik via blogcongai.com

Yang tahu persis bagaimana dirimu adalah kamu seorang, dan kamu pasti lebih tahu bagaimana kemampuan dirimu. Maka dari itu mulailah percaya diri dengan kemampuanmu, jangan terkecoh ketika kamu melihat bahwa mantan kekasihnya lebih cantik atau tampan parasnya di bandingkan kamu.

Percaya saja bahwa kamu memiliki kelebihan lain yang membuatmu terlihat lebih dari sekadar cantik atau tampan, sehingga bisa membuat kekasihmu sekarang berlabuh di pangkuanmu. Jika secara kemapanan mantan kekasihnya lebih mapan darimu, tunjukan saja pada kekasihmu, bahwa yang terpenting adalah kamu selalu mau berusaha dan mandiri untuk mencari rezeki.

3. Dia memilihmu pasti sudah mempertimbangakan segala hal yang ada pada dirimu. Dan ini adalah bukti bahwa saat ini kamulah satu-satunya orang yang bisa memenangkan hatinya

Kamulah yang memenangkan hatinya via www.yan.vn

Sebuah hubungan pasti di dasari dengan adanya kecocokan. Sebelum kita memulai suatu hubungan, pasti kita telah selektif memilah dan memilih pasangan seperti apa yang akan kamu pilih untuk menjadi kekasih hatimu.

Begitu pun dengan kekasihmu, sebelum memutuskan untuk mengutarakan cintanya padamu, atau memutuskan untuk menerima cintamu, dia pasti telah mengamati sifat dan karaktermu. Tidak sekadar penampilan fisik yang dilihatnya, tapi perilaku dan cara berpikirmu juga menjadi hal -hal yang ia pertimbangkan. Fokuslah pada semua kelebihan yang kamu miliki.

Dengan dia memilihmu sekarang, tentu saja karena dia yakin bahwa kamulah pelabuhan hatinya. Hal itu bisa saja di karenakan ada keistimewaan dari sifatmu yang belum ia temukan di wanita manapun. Bagaimanapun kamulah sekarang yang bisa memenangkan hatinya. Tidak usah takut kalau kamu akan kalah dengan masalalunya, percayalah sekarang hanya kamu yang terbaik yang bisa mengisi hatinya.

4. Carilah cara agar kamu bisa akrab dengan keluarga dan teman-temannya, karena itu akan membuatmu menjadi lebih yakin bahwa kamu memang pantas dan diterima

akrab dengan keluarga dan teman-temannya via howibecametexan.com

Menjalin sebuah hubungan yang serius tentunya tidak hanya ada aku dan kamu, tetapi akan banyak kita dan mereka. Dimana kamu tidak bisa hanya mengenal kekasihmu saja, melainkan kamu harus bisa mengenal pula keluarga dan teman- temannya agar kamu bisa di terima keberadaannya.

Keluarga juga menjadi suatu hal yang penting dalam sebuah hubungan. Jangan sampai keluarga dan teman-temannya lebih mengenal dan akrab dengan mantan kekasihnya di banding dengan kamu sendiri. Oleh karena itu kamu pun perlu mencari cara agar bisa lebih akrab dengan keluarga dan teman kekasihmu.

Untuk membuat kamu dikenal hingga akrab dengan mereka pun bukan hal yang mudah. Tentunya banyak hal yang harus kamu lakukan. Kamu harus bisa bersikap baik dan supel, mencari tahu apa kegemaran mereka agar kamu tidak salah kaprah ketika mencoba mendapatkan perhatian dari mereka.

5. Terima dengan dewasa bahwa sebelum kehadiranmu dalam hidupnya, dia pernah punya seseorang yang membuatnya bahagia dan mendewasakannya hingga menjadi sosok yang seperti sekarang

Terimalah dia dan masa lalunya dengan dewasa via weheartit.com

Sebelum kamu memutuskan untuk menjalin hubungan dengannya, tentu kamu juga pernah merasakan cinta dari kekasihmu yang sebelumnya. Sebelum kamu mendapatkan pelukan hangat darinya tentu kamu pernah mendapatkan pelukan hangat dari yang lain. Begitu pula dengan kekasihmu, kamu harus bisa menerima dengan dewasa dimana sebelum adanya kamu dia pun pernah dicintai oleh yang lain.

Sebelum adanya kamu dia pernah merasakan pelukan hangat dari yang lain. Daripada sibuk cemburu dan minder gak jelas, alangkah lebih baiknya jika kamu menganggap itu sebagai proses terjalinnya hubungan kalian saat ini. Karena dari pengalaman sebelumnyalah yang membutnya banyak belajar bagaimana caranya menjalin hubungan agar tak kandas lagi. Dia akan belajar bagaimana mencintai lebih baik dengn cara mempraktikannya padamu.

Masa lalu adalah pelajaran, walaupun terkadang jejaknya dapat menggoreskan luka, tapi ialah yang menjadi guru utamamu. Percayalah dengan komitmen yang sudah kamu buat dan sepakati brsama kekasihmu saat ini. Komitmen akan menjadi benteng utama pada hubunganmu dengannya, dengan begitu kamu tak akan lagi peduli dengan barisan para mantan kekasihmu.

Yakinlah, selama kalian berdua benar-benar saling menjaga komitmen, dia tidak akan membandingkanmu dengan siapapun, dan dia akan tetap mecintaimu sesuai dengan apa adanya dirimu.