Ngantuk itu manusiawi, tapi gak sampe tidur di kelas juga kalik!

– Teman

Ya, keseringan tidur pas lagi di kelas itu bisa membuatmu jadi mahasiswa yang merugi. Masa kamu bayar kuliah mahal-mahal cuma buat tidur di kursi? Keseringan tidur di kelas bikin kamu melewatkan sesi-sesi penting dan krusial selama kegiatan belajar-mengajar. Belum lagi kalau nanti dosenmu bete, yang ada kamu masuk daftar hitam beliau dan semua urusan jadi makin ribet!

Kalau kamu merasa rasa kantukmu saat kuliah udah kelewat batas dan meresahkanmu, maka dukun kamu perlu bertindak lebih konkret! Lakukan hal ini untuk mencoba menghilangkan rasa ngantuk akutmu. kamu bisa lakukan hal sederhana supaya ngantukmu gak buat tidur dikelas.

1. Sediakan air putih selama mengikuti perkuliahan. Bukan untuk mengguyurmu jika tak sengaja tertidur, tapi untuk diminum secukupnya!

Air putih mencegah kantuk saat kuliah via olhosdenuvens.com.br

Senjata pertama yang harus kamu siapkan saat masuk kelas adalah air putih. Selalu bawalah bekal air puth setiap kali berangkat ngampus. Ya, kelihatannya klise banget kalau kita ngomongin manfaat air putih, karena kamu pasti udah tahu banyak apa manfaat air putih bagi kesehatanmu. Tapi karena itulah kadang kamu jadi nyepelein fungsinya air putih.

Advertisement

Air putih terbukti sedikit banyak bisa membantu menahan rasa kantuk. Apalagi jika kamu semalaman habis begadang. Saat mengikuti kelas pagi dan kamu dilanda rasa kantuk yang hebat, minumlah air putih secukupnya. Air putih berfungsi untuk menambah paskan oksigen ke dalam otak, sehingga bisa rasa kantuk bisa hilang dan kamu bisa terus terjaga.

Atau jika ini tidak cukup mempan, kamu boleh minta tolong temamu untuk mengguyur air putihmu ke kepalamu, dijamin deh langsung bisa segar kembali. Hehehe…

2. Mengantuk itu bisa karena kamu sudah mulai bosan. Buatlah mulutmu sibuk mengunyah permen supaya rasa kantukmu kabur.

Kunyah permen karet bikin melek via www.huffingtonpost.com

Jika air putih tak mampu menghilangkan rasa ngantukmu dan membuat fokusmu balik lagi, maka siapkan senjata cadangan yaitu permen! Dengan memakan permen, mulutmu akan banyak bergerak, dan rasa kantukmu bisa teralihkan dengan adanya aktivitas mengunyah permen.

Bawalah permen karet atau permen yang memiliki rasa yang kuat seperti asam dan mint. Rasa permen yang kuat ini bisa memberikan rangsangan yang kuat pada otakmu sehingga bisa kembali terjaga. Tapi ingat, makanlah permen dengan hati-hati tanpa membuat si dosen curiga padamu karena mengunyah di kelas. :p

3. Saat kelopak matamu sudah terlalu berat, beri sedikit sensasi panas dengan mengusapkan minyak kayu putih — dijamin langsung melek!

Usa[kan minyak kayu [utih di kelopak mata via www.partycipa.com

Dengan sedikit usapan minyak kayu putih di kelopak matamu, akan membuat sensasi panas disekitar matamu dan bikin kamu melek sepanjang sesi perkuliahan. Mau seakut dan sekronis apapun rasa kantukmu saat kuliah, selama minyak kayu putih ada di genggamanmu, permasalahanmu akan terselesaikan. Kalau itu belum mempan juga, mungkin matamu memang sedang lelah!

4. Bermain-main dengan lidah juga bisa jadi obat pengusir kantuk. Mainkan ujung lidahmu ke langit-langit mulut hingga kamu terasa geli sendiri!

Goyangkan ujung lidah ke langit-langit mulut via slikezadesktop.com

Jika sensasi panas dari minyak kayu putih belum bisa banyak membantu, coba deh goyangkan lidahmu ke arah langit-langit mulutmu. Menggoyangkan ujung lidah kelangit-langit itu akan memberimu efek geli dan juga bisa meningkatkan konsentrasimu, lho!

Kedengarannya memang konyol dan seperti kurang kerjaan, tapi silakan saja buktikan sendiri. Sama halnya dengan mengunyah permen, menggoyangkan ujung lidah selain memberikanmu efek geli, mulutmu juga sedang melakukan aktivitas sehingga rasa kantukmu tersamarkan dan lama-lama akan menghilang, dan kamu bisa kembali fokus pada perkuliahan.

Eits, tapi ingat! Jangan sampai kamu ketawa-ketiwi sendiri gara-gara keasyikan menggelitiki langit-langit mulutmu sendiri. Malu ‘kan kalau dikira sableng gara-gara gelitikin diri sendiri? :p

5. Tak usah menunggu ulang tahun untuk dapat kejutan. Saat kantuk tak lagi terbendung, mintalah temanmu untuk mengejutkanmu!

Minta tolong teman buat ngagetin! via pixshark.com

Cara terahir dan mungkin terbilang manjur untuk menghilangkan kantuk adalah dengan kejutan. Minta tolonglah pada temanmu untuk diam-diam mengejutkanmu. Suruh temanmu untuk mengagetkanmu jika dia melihatmu sedang terkantuk-kantuk.

Minta tolonglah pada teman untuk menepuk bahu atau membohongimu kalau dosenmu sedang datang menghampirimu. Kalau kamu sudah kaget, maka detak jantungmu akan berdetak lebih kencang, sehingga kemungkinan besar selera tidurmu pun akan hilang dengan sendirinya. Tapi jangan lupa berpesan pada temanmu, jangan mengagetkan secara berlebihan, karena salah-salah kamu bisa jantungan beneran! 🙂