Selama ini saya banyak melihat di situs-situs jejaring sosial orang-orang yang menulis status atau memposting foto, video, tulisan, dan lagu mengenai cinta di Facebook ataupun Path. Yup, lagu adalah salah satu media yang bisa mewakili berjuta-juta perasaan umat manusia yang sedang dimabuk asmara. Dari melodi hingga syairnya, seolah-olah bisa mewakili perasaan kita yang sedang berbunga-bunga karena cinta. 

Lagu-lagu bertemakan cinta memang memiliki efek maha dasyat memainkan perasaan pendengarnya (saya salah satu korbannya). Lagu-lagu tersebut membuat imajinasi kita mengenai pacar, suasana pertunangan, pernikahan impian, dan semua yang berhubungan dengan JODOH semuanya meluap!

Nah, kalau sudah menyangkut soal pernikahan nih, tentu kamu nggak boleh salah pilih lagu buat dinyanyiin ‘kan? Jangan sampai kamu nyanyiin lagu yang galau-galau. Mungkin daftar lagu-lagu ini bisa menjadi salah satu pilihan theme song di acara resepsi pernikahanmu nanti! 😀

1. “1,2,3,4 (I Love You)” – Plain White’s (2008). Walau nada dan lirik lagunya sangat sederhana, tapi makna di dalamnya bisa bikin hati pacar kamu meleleh!


Peringkat pertama adalah lagu dari grup band Plain White’s. Plain White’s adalah grup band beraliran pop punk dari Chicago, Illinois. Lagu 1,2,3,4 (I Love You) yang mampu membuat saya meleleh ini termasuk dalam salah satu hitsnya dari album Big Bad World. Lagu ini juga termasuk dalam America Top 40 peringkat pertama pada masa itu. Berikut sepenggal liriknya yang menurut saya ‘ngena’ bgt:

You make it easy, It’s as easy as 1-2-1-2-3-4. 

There’s only ONE thing, TWO do, THREE words, FOUR you

(I love you) I love you

There’s only ONE way,  TWO say, Those THREE words

And that’s what I’ll do

(I love you) I love you

Advertisement

Musiknya sangat easy listening, liriknya mudah dipahami dan terngiang-ngiang di kepala. Walaupun syairnya begitu sederhana, justru itulah yang membuat makna lagu ini terasa sweet dan ngena banget di hati. Lagu ini bikin semua cewek ngarep dinyanyiin sama prince charmingnya!

Buat para cowok-cowok — cewek juga boleh– kalau mau ngajak pacarnya nikah, coba deh dikode-kodein pakai lagunya Plain White’s ini! Lihat aja gimana efek sampingnya!

2. “A Thousand Years” – Christina Perri (2011). Lagu super romantis ini bisa bikin kamu dan pacarmu berasa kayak Edward Cullen dan Bella Swan!

Peringkat kedua adalah lagunya Christina Judith Perri atau biasa kita kenal Christina Perri. Lagunya yang berjudul “A Thousand Years” sukses memberi kita atmosfir syahdu romantis saat melihat Edward dan Bella di Serial Film Twilight.

Lagu ini pun sukses di pasaran terbukti dengan penghargaan 4x platinum dan masuk dalam top 31 Billboard Hot 100. Saya sendiri yakin, nggak mungkin kamu nggak tahu dengan lagu romantis miliknya itu. Berikut lirik reff nya yang sangat terkenal itu:

I have died everyday waiting for you

Darling dont be afraid I have loved you

For a thousand years…  Ill love you for a thousand more

And all along I believed I would find you

Time has brought your heart to me

I have loved you for a thousand years… Ill love you for a thousand more

Keromantisan lagu ini juga banyak dibuktikan dengan kepopulerannya di pesta-pesta pernikahan. Nah, buat para cowok-cowok yang ingin memberikan keromantisan kepada pasangannya di hari pernikahan, you should (must) try to sing this song dude!

3. “Just The Way You Are” – Bruno Mars (2010). Bat cowok yang ingin ngelamar ceweknya, coba deh nyanyiin lagu ini, dijamin dia susah nolak kamu!

Pada tahun 2010 kita digemparkan oleh penyanyi cowok berparas manis, Bruno Mars. Kala itu dia hadir dengan album perdana spektakulernya yaitu Doo-Woops & Hooligans. Album ini sukses di pasaran dan menyabet 7 nominasi Grammy Award, lho!

Lagu ini sukses menempati peringkat pertama Billboard 200 dan memenangkan Best Pop Vocal Performance di penghargaan Grammy Awards. Penasaran liriknya? Ini cuplikan reff-nya yang bikin kita (terutama cewe) mengharu biru:

When I see your face, theres not a thing that I would change

‘Cause youre amazing just the way you are

And when you smile, the whole world stops and stares for a while

‘Cause girl youre amazing just the way you are

Apa lagi yang bisa dikritik dari lagu ini? Siapa sih yang gak berbunga-bunga hatinya dengerin lagu ini. Well, good job Bruno, you make girls fall in love with y’!

Oh iya, kalau kamu pernah nonton film Pitch Perfect, grup akapela The Barden Bellas di film tersebut juga menyanyikan lagu ini dengan versi yang lebih soft and smooth dan gak kalah dari versi Bruno, dijamin kamu pasti suka!

4. Supaya kamu sukses mengantungi restu dari calon mertuamu, coba deh ajak camer kamu karaokean lagu “Marry Your Daughter” dari Brian McKnight!

Lagu ini memang tidak terlalu populer dibandingkan ketiga lagi di atas. Saya kesulitan dalam menemukan sejarah lagu ini, siapa penyanyi pertamanya, kapan diluncurkan maupun penghargaan yang mungkin pernah didapatkan. Saya lebih familiar lagu ini dibawakan oleh Brian McKnight.

Di internet tidak terlalu banyak membahas lagu ini, namun mayoritas lirik lagu Marry your Daughter dinyanyikan versi Brian McKnight. Anyway, terlepas dari latar belakang lagu, liriknya sangat-amat-super-bombastis romantisnya. Perlu bukti?

Can marry your daughter and make her my wife

I want her to be the only girl that I love for the rest of my life

And give her the best of me ’til the day that I die, yeah

Im gonna marry your princess and make her my queen

Shell be the most beautiful bride that Ive ever seen

Cant wait to smile when she walks down the aisle

On the arm of her father on the day that I marry your daughter

Tuh, liriknya bikin merinding disko banget kan? Pertama kali mendengar lagu ini langsung pengen buru-buru nikah *loh. Lirik lagu ini romantis sekali jika dinyanyikan saat cowok sedang melamar dan ngajak nikah ceweknya.

Tidak hanya itu, sepertinya lagu ini juga romantis dinyanyikan ke orang tua calon istri ya. LOL. Nah looo yang cowok, super kode banget ini. Udah siap ngelamar belum nih?

5. “My Valentine” – Martina McBride ft Jim Brickmann (1997). Lagu romantis populer sepanjang masa ini udah pasti nggak akan gagal bikin pesta pernikahanmu berkesan seumur hidup.

Lagu ini telah banyak dinyanyikan oleh artis-artis papan atas dunia. Salah satu yang terkenal adalah versi Martina McBride pada tahun 1997. Lagu ini juga menjadi langganan para pasangan untuk lagu yang dibawakan di pesta pernikahan.

Saya ingat sekali lagu ini menjadi salah satu soal mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA. Kami disuruh melengkapi lirik sambil diperdengarkan lagunya (untuk melatih kemampuan listening). Saya sudah jatuh cinta pada lagu ini sejak saat itu. Berikut penggalan liriknya yang romantis:

And even if the sun refuse to shine

Even if romance ran out of rhyme

You would still have my heart

Until the end of time

Cuz all i need Is you,my valentine

Youre all i need

My love, my valentine

Pasti sudah sering mendengar lagu ini kan di pesta pernikahan? Lagu ini memang tergolong lagu ‘jadoel’ tapi kualitasnya tidak kalah dengan lagu-lagu roman zaman sekarang, karena itulah lagu ini pantas masuk ke dalam list lagu-lagu romantis yang tak akan lekang oleh waktu.

Sebenarnya masih banyak lagu romantis dalam daftar saya, namun dari sekian banyak lagu hanya kelima lagu diatas adalah lagu-lagu romantis yang paling direkomendasikan. Bebebrapa lagu Indonesia juga tidak kalah romantis, sebut saja Sempurna (Andra and The Backbone), Berdua (Calvin Jeremy), Someone Like You (Bunga Citra Lestari), Janji Suci (Yovie Nuno), dll. Well, thats all my top best romantic song. How about you guys? Would you like to sing those song for me? :p