Selain tersohor sebagai kota pariwisata yang cantik di tanah air kita ini, Jogja juga terkenal sebagai kota pelajar. Terhitung terdapat beberapa perguruan tinggi negeri ternama yang bermukim di kota istimewa ini. Nggak salah memang, kuliah di Jogja itu benar-benar enak, dan surga duniawi bagi para mahasiswa untuk merantau menuntut ilmu.

Kalau kamu sedang bimbang untuk memutuskan melanjutkan kuliah di mana, kamu wajib mempertimbangkan Jogja sebagai kota tempatmu menimba ilmu. Berikut ini adalah alasan masuk akal kenapa kuliah di Jogja itu asyik!

1. Jogja adalah kota pelajar, dan ada banyak sekali perguruan tinggi terbaik bermukim di sini. Dari dulu, Jogja juga selalu menjadi pusat perkembangan pendidikan.

Jogja kota pelajar dan banyak perguruan tinggi. via ugm.ac.id

Jogja merupakan kota sejarah yang memiliki peran penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Di kota inilah juga bapak pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, mendirikan perguruan tamansiswa. Beliau juga mencetuskan TUT WURI HANDAYANI, yang sangat poluler di masyarakat dengan slogannya Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang pada intinya bahwa seorang pemimpin harus memiliki ketiga sifat tersebut agar dapat menjadi panutan bagi orang lain.

Selain menjadi pusat perkembangan pendidikan di Indonesia, Jogja juga merupakan saksi bisu sejarah Indonesia. Ada banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu datangi dan pelajari. Belajar sambil napak tilas tentang sejarah Indonesia mulai dari zaman pra sejarah hingga kemerdekaan, semua ada di Jogja. Di Jogja juga terdapat perguruan tinggi-perguruan tinggi yang tak diragukan lagi kualitasnya. Kamu punya banyak pilihan alternatif kampus dengan masing-masing keunggulannya.

2. Perkara biaya hidup, Jogjalah yang paling nyaman dan mengerti mahasiswa. Meski murah meriah, Jogja selalu memberikanmu beragam keistimewaan selama menjadi mahasiswa.

Advertisement

Jogja itu murah meriah tapi tetap istimewa! via wisata.kompasiana.com

Udah bukan mitos lagi kalau di Jogja itu murah meriah. Biaya hidupnya yang ramah bagi semua orang membuat Jogja makin nyaman untuk ditinggali — apalagi mahasiswa.

Makan nasi gule kambing seharga Rp 5000 ada di mana kalo gak ada di jogja? Nasi kucing masih kok harganya Rp 1.500. Warung burjo murah meriah yang selalu senantiasa buka 24 jam untuk jadi penyelamat perutmu di akhir bulan juga bertebaran di setiap sudut kota. Rata-rata kos-kosan mahasiswa pun masih ada yang Rp.200.000/bulan (kalo pinter nyari). Di mana lagi kamu bisa hidup sederhana tapi masih merasakan beragam kenikmatan selain di Jogja?

3. Ada banyak sekali tempat wisata seru yang bisa kamu eksplor. Apalagi kalau lagi galau, kamu bisa menenangkan diri dengan mudah di sana!

Ada banyak wisata di Jogja via rentalwisatajogja.com

Kamu termasuk orang yang gampang banget galau? Atau pengen bunuh diri karena mantan kamu nikah sama orang lain ? JANGAN GALAU! Kalo kamu kuliah di jogja, kamu gak perlu bingung buat ngilangin galau dan stres kamu. Karena Jogja punya 1001 cara yang unik buat menghibur para penghuninya.

Kamu nggak akan kehabisan tempat buat menghibur diri sendiri. Caranya mudah banget. Kamu mau menenangkan diri dengan cara menyatu dengan alam? Hiking aja ke Gunung Merapi. Atau mau menyepi sambil berpuisi kayak rangga AADC? Langsung aja ke Pantai Parangtritis atau pantai-pantai indah lain di Gunung Kidul! Atau kamu mau nongkrong sampe ‘gila’? Nongkrong-nongkrong ke Malioboro atau di Prawirotaman aja.

4. Sesuai dengan namanya, Jogja itu istimewa! Walaupun sekarang sudah lebih modern, tapi Jogja masih bertahan dengan ciri khas dan budayanya.

Jogja budayanya masih kental via www.kaskus.co.id

Pada tahun 1946-1950 jogja adalah ibukota Negara Republik Indonesia! Jasa Jogja buat Indonesia pun banyak guys, salah satunya kota jogja lah yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Jogja sangat istimewa karena masih kental dan teguh dengan adat budaya jawanya. Terbukti dengan Keraton Jogja hingga saat ini masih berdiri dengan kokoh, dan Sultannya masih mampu mengayomi warganya dengan baik.

Meskipun Jogja juga sudah banyak mengalami modernisasi, tapi Jogja tak pernah sedikitpun meninggalkan ciri khasnya dan masih melestarikan budayanya secara turun menurun. Inilah yang menjadi keistimewaaan dan keunikan dari Kota Pelajar ini. Kebayang kan serunya tinggal di kota sejarah dan budaya ini?

5. Kamu nggak akan ngerasa asing di kota ini, karena masyarakat jogja sopan, ramah, baik, dan santun. Kamu pasti diterima dengan tangan terbuka kok!

Orangnya ramah-ramah. via print.kompas.com

Yap,kalo kamu tinggal di jogja,kamu akan bertemu dengan masyarakat Jogja yang santun dan sopan. Kesantunan masyarakat Jogja merupakan turun temurun dari jaman dulu dan masih diakui hingga saat ini. Karena pusat keraton terletak di Jogja, oleh sebab itu kesantunan dan kesopanan merupakan ciri khas akhlak yang baik bagi masyarakat Jogja.

Kalau kamu kuliah di Jogja jangan coba-coba rusuh deh ,gak asik kalo kamu suka rusuh di kota orang yang adem ayem kayak Jogja ini. Kalau mau rusuh, rusuhin mantan kamu aja ya, hehehe.

6. Kalau kamu pecinta musik, Jogja punya banyak musisi-musisi keren yang sewaktu-waktu bisa kamu saksikan di gigs-gigs kampus.

Ada banyak band keren yang manggung di gigs kampus via jogja.solopos.com

Nggak cuma Bandung aja yang terkenal dengan band-band musiknya yang terkenal. Jogja juga telah berhasil mencetak banyak seniman musik hebat Indonesia. Ya! Sebut saja yang pasti kamu kenal, yaitu Sheila on 7, Shaggy dog, Endank Soekamti, Jikustik, The Rain, Hip Hop Foundation dan masih banyak lagi!

Kalau kamu kuliah di Jogja, kamu bakal ngerasain tinggal sekota sama band-band keren namun masih bersahaja dan mau berbaur dengan fans-fansnya. Musikalitas musisi Jogja itu keren banget, dan beda dari yang lainnya. Kamu bakal bisa sering ngelihat musisi-musisi keren ini manggung di gigs-gigs keren yang sering diadakan di kampus-kampus. Malam minggumu sebagai mahasiswa pun bakal jadi makin seru, karena kamu bisa nonton band-band keren itu!

7. Jogja juga surga bagi para seniman. Ada banyak wadah buatmu untuk menyalurkan kecintaanmu terhadap seni!

Ada museum Affandi di Jogja. via www.affandi.org

Selain banyak tempat wisatanya, Jogja juga dikenal sebagai gudangnya para seniman-seniman kreatif di Indonesia. Sebut saja pelukis Affandi, Sutradara muda Hanung Bramantyo, budayawan Butet Kertaradjasa, Bagong Kussudiardja (ayahnya om Butet Kertaradjasa) dan masih banyak lagi seniman jogja kreatif dan innovatif.

Bagi kamu yang memang memiliki darah seni, Jogja adalah tempat yang tepat bagimu untuk mengembangkan jiwa seni dan kreativitasmu. Ada banyak tempat-tempat dan sanggar-sanggar budaya yang bisa menjadi wadah bagimu untuk menuangkan bakat ide-ide kreatifmu yang liar. Kalau kamu benar-benar berminat untuk menuntut ilmu di bidang kesenian, di Jogja juga ada institus kesenian yang ternama juga. So, kalo kamu mau jadi seniman sejati, Jogja akan menyambutmu dengan tangan terbuka!