Bicara soal musik memang tak akan ada habisnya. Selama hidup, kita tidak pernah terlepas dari yang namanya musik. Dari bangun tidur sampai malam menjelang, di manapun, dan kapanpun musik selalu hadir menemani setiap momen penting hidup kita. Ya, musik memang tercipta untuk mengiringi dan meramaikan cerita hidup kita di dunia ini.

Musik tak hanya sekadar alat musik yang dimainkan secara berirama, namun juga melibatkan banyak hal, seperti suara, genre, hingga lirik dan cerita di baliknya. Setiap lirik dalam sebuah lagu menyimpan sejuta makna dan pendapat yang berbeda dan bisa menjadi sebuah energi positif dalam diri setiap orang yang mendengarkannya.

Untuk menikmati musik tak melulu hanya mendengarkan musik lewat mp3 player atau radio saja, tapi juga bisa dinikmati melalui film! Dipadukan dengan drama dan konflik yang ada, film-film musik ini bisa bikin kamu makin jatuh cinta dengan musik. Nah, sebagai manusia yang tak bisa lepas dari musik, berikut ini adalah 8 film tentang musik yang wajib untuk kamu tonton!

1. Pertunjukan musik tak selalu diiringi oleh alat musik. Pitch Perfect akan membuatmu jatuh cinta dengan musik akapela!

Musik akapela juga asyik! via www.youtube.com

Film yang di produksi di Amerika ini bercerita tentang Universitas Barden yang mempunyai grup wanita akapela yang bernama The Barden Bellas. The Barden Bellas ini memiliki musuh bebuyutan yag berasal dari universitas yang sama bernama Trebelmakers, namun lawannya ini merupakan sebuah grup akapela laki-laki.

Advertisement

Tokoh utama dalam film ini adalah Beca, mahasiswi baru yang tanpa sengaja masuk ke grup The Barden Bellas yang mulai runtuh kepopulerannya karena insiden memalukan pada kompetisi akapela antar unversitas tahun lalu. Kedatangan Beca dalam grup musik akapela ini membawa banyak perubahan baru sehingga membuat The Barden Bellas perlahan-lahan mendapat perhatian kembali.

Musik tak selalu menggunakan alat musik. Jika kamu penasaran gimana musik akapela bisa jadi sebuah pertunjukan musik yang luar biasa, kamu harus meononton film yang satu ini. Just stay and watch this movie, this is acapella and this is beat! Oh iya, Pitch Perfect 2 bakal dirilis pada bulan Mei tahun ini.

2. A Heartbeat Away, cerita tentang seorang gitaris rock yang mendadak harus banting setir jadi seorang direktur marching band.

A heartbeat away via www.officialtrailers.org

A Heartbeat Away ini merupakan film produksi Australia. Bercerita tentang Kevin Flick seorang gitaris rock yang harus berpindah aliran musik dan menahan egonya demi menggantikan ayahnya yang sakit karena kecelakaan. Meskipun sebenarnya ia tak suka, terpaksa dia harus menjadi direktur musik dari marching band tertua dikotanya, yaitu Montague.

Montague terdiri dari banyak orang-orang yang sudah tua yang mempunyai ego tersendiri. Kevin harus kerja ekstra keras memandu Montague hanya empat minggu sebelum kompetisi demi membuat ayahnya bangga akan dirinya. Film ini menunjukkan kepada kita semua bahwa untuk membuat bangga orang tua itu mahal harganya.

3. Suka banget nge-band di jaman SMA? Suckseed bisa membawamu bernostalgia kembali ke masa-masa itu!

Antara musik, cinta dan komedi via anakfilm.com

Film yang dirilis tahun 2011 ini sudah gak asing ditelinga para remaja se-antero tanah air Indonesia ini. Yup, film ini merupakan buatan negara sebelah bukan Malaysia atau Filipina, namun Thailand.

Suckseed bercerita tentang tiga orang remaja tampan namun pecundang yang ingin mengesankan hati teman wanitanya yang mereka kenal waktu mereka di SD dulu. Setelah beranjak dewasa mereka mulai mengenal cinta dan akhirnya Ped, Koong, dan Ex mencoba untuk ikut dalam kompetisi yang diadakan di Thailand yang pada akhirnya mereka gagal.

Kenapa ini menjadi film ramai di kalangan para remaja di indonesia ? Mungkin jawabannya karena film ini nggak cuman bercerita tentang apa itu musik, tapi juga  cerita cinta masa SMA, ditikung dari belakang, tapi usaha mereka untuk mencapai satu tujuan. Ya, pastinya juga dengan sedikit nilai tambahan dari pemainnya tampan, cantik dan menawan. Film ini mampu membawa penontonnya untuk kembali bernostalgia ke masa-masa SMA.

4. Mau tahu gimana jadinya kalau seorang rocker harus jadi guru musik di sebuah SD? School of Rock bikin kamu pengen belajar musik rock!

Jack Black jadi guru musik rock anak SD via www.naitimp3.ru

Masih ingat sejarah musik rock yang diajarin Mr.Schneebly palsu ? Yup, this is Jack Black! Film yang dirilis pada tahun 2003 dan dibintangi oleh Jack Black. Jack Black yang berperan sebagai Dewey Finn seorang gitaris yang terpaksa keluar dari band No Vacancy atas permintaan teman-teman mereka karena Dewey dianggap payah dan pecundang.

He needs job and money to pay rent his apartment, yang dibagi bersama temannya Ned Schneebly. Pada pagi hari dia mendapat telepon untuk menjadi guru pengganti di SD Horace Green yang sebenanya diperuntukkan untuk Ned. Horace Green merupakan SD yang sangat membosankan bagi Dewey. So, dari situlah ia mengajari murid-murid dikelasnya untuk belajar musik rock. Dan apa hasilnya? Amazing!

Meski film ini bukan film baru, jika kamu belum pernah menontonnya, film ini wajib untuk kamu tonton. Lihat bagaimana keseruan seorang guru musik yang sangat atraktif mengjar musik ke anak-anak SD yang lucu-lucu tingkah lakunya. Kalau kamu sudah pernah menonton, tak ada salahnya menontonnya lagi!

5. BECK. Kisah lima pemuda dari Jepang yang membentuk band dan berjuang bersama-sama untuk menjadi band rock yang diakui oleh dunia.

Beck, diadaptasi dari manga via asianwiki.com

Beck merupakan film yang diadaptasi dari serial manga, dan sebelum diangkat menjadi sebuah film beck juga sudah dibuat versi animena. Film yang dibuat oleh negeri Sakura ini memang recomended banget!

Dari Manga karya Harold Sakuishi yang berjudul sama yaitu Beck. Bercerita koyuki seorang pecundang yang tidak sengaja bertemu dengan ryusuke yang akhirnya membuat hidup koyuki mulai berbalut musik. Koyuki dihadiahi gitar oleh Ryusuke sebagai tanda terima kasih telah menyelamatkan Beck, anjing Ryusuke.

Lalu, ia bertemu dengan murid baru disekolahnya Saku yang sama-sama menyukai Dying Breed. Bersama Saku, Koyuki belajar bermain gitar di atap sekolah. Ketenangan mereka terusik dengan kedatangan geng yang paling ditakuti Koyuki yang menghancurkan gitar pemberian Ryusuke. Lalu bagaimana Koyuki mengatakan kepada Ryusuke kalau gitarnya hancur ? Lihat sendiri kisah selengkapnya ya! Flm ini cukup mendapat apresiasi yang bagus bagi para penggemar manga dan animenya lho!

6. Rindu dengan musik-musik rock tahun 80-an? Film drama musikal Rock of Ages bisa jadi obat penawarnya!

Tom Cruise jadi rocker via www.hbo.com

Rock of Ages ini dibintangi oleh aktor kawakan Hollywood, yakni Tom Cruise. Film Amerika yang dirilis tahun 2012 ini berecerita tentang rock! Rock yang satu ini merupakan jaman-jamannya rock yang lama, seperti Anthrax dan lagu-lagunya banyak mengambil lagu rock yang melegenda. Cerita kali ini lebih menonjolkan romantisnya dengan lagu-lagu rock yang melegenda. Alhasil, film ini layak untuk dilihat dengan satu syarat, please don’t watch it with children! 😀

8. Bandslam. Gabungan antara musik, komedi, romantisme remaja, dan juga persahabatan!

Bandslam via www.fanpop.com

Indie is never die! Yup, sekilas mungkin bintang-bintang yang ada di gambar tidak begitu terkenal, namun film ini dibintangi oleh Vanessa Hudgens.

Film yang dirilis tahun 2009 ini bercerita tentang Will Burton seorang yang sangat menyukai musik indie dan selalu mengirim surel kepada David Bowie. Dia mulai bertemu dengan Charlotte, kakak senior sekaligus mantan cheerleader di sekolahnya. Charlotte mengajak Will untuk menjadi manajer di bandnya.

Will juga bertemu dengan SA5M (the five is silent) yang diperankan oleh Vanessa Hudgens yang merupakan teman kelasnya dikelas Human Studies. Di film ini juga ada penampilan dari The Burning Hotels. Memang sudah lama dirilis tapi wajib untuk ditonton!

Film juga bisa dijadikan sebagai motivasi untuk bisa lebih baik pada hari esok dan seterusnya, dan musik adalah energi dari dalam dirimu untuk menyemangatimu walaupun kamu terpuruk atau masih diatas. Happy watching, guys!