Flight Attendant atau dalam bahasa kita disebut sebagai pramugari adalah salah satu pekerjaan yang sangat diidamkan oleh banyak remaja putri saat ini. Banyak faktor yang membuat pekerjaan sebagai pramugari begitu digilai, mulai dari prestise, salary yang bisa dihasilkan, kesempatan berkeliling Indonesia bahkan dunia, dan masih sederet alasan lain yang bisa berbeda satu sama lain.

Menjadi pramugari, mau tidak mau akan menjadi pusat perhatian. Menjadi seorang pramugari mau gak mau harus pintar dan menarik. Namun di luar itu semua, tidak sedikit orang memandang negatif pekerjaan yang satu ini. Lalu apa sajakah pandangan negatif terhadap pramugari yang selama ini sudah salah kaprah? Berikut hasil rangkumannya:

1. Gaji pramugari itu udah lebih dari cukup untuk mencukupi semua kebutuhannya sehari-hari. Buat apa lagi mereka repot-repot jadi cewek matre?

Gajinya aja udah banyak… via www.pinterest.com

Selama melakukan ‘penilitian’, gue gak nemuin kaitan antara profesi sebagai pramugari dan tingkat kematrean. Setiap bulannya aja, rekening mereka bisa terisi dengan rupiah dalam jumlah yang ‘wow’! Lalu untuk apa mereka matre?

Jika memang seorang pramugari hanya mau dekat dengan cowok tajir, itu bisa saja karena mereka menyesuaikan standar dengan dirinya — dan itu wajar kok. Jadi salah besar jika kita menganggap pramugari itu matre. Tapi lebih tepatnya, kalau mau macarin mugari, lebih baik berkaca lebih dulu. Udah pantas apa belum? Sudah sanggupkah mengimbangi wawasannya dan hal-hal lainnya?

2. Pramugari itu bukannya sombong dan angkuh. Hanya saja mereka tahu bagaimana harus bersikap secara profesional demi menjaga nama baik pekerjaan dan perusahaannya

Advertisement

Mereka harus menjaga citra perusahaan via www.flickr.com

Jika kamu pernah atau sedang berasumsi demikian, maka jawabanya salah. Lalu mengapa saat berpapasan denganya mereka terkesan angkuh, bahkan kadang menoleh pun enggan, apa lagi membalas senyummu? Padahal kamu ngajak untuk selfie berdua. Sikap mereka yang terkesan dingin itu bukan berarti mereka sombong, tetapi itu untuk menjaga integritas profesi mereka dan menjaga citra perusahaan.

Tapi sikap mereka akan berubah 180º saat di dalam pesawat. Kamu akan mendapatkan senyuman termanisnya. Selama on board, mereka akan mencurahkan perhatian hanya untuk para penumpang yang terhormat. Saking perhatianya sama penumpang, sampai-sampai mereka lupa merhatiin pacar sendiri. Itu semua demi keselamatan dan kenyamanan semua penumpang.

Malah terkadang ada lho para penumpang cowok yang ngerasa di-PHP-in sama pramugari, karena baru dikasih perhatian sejam penerbangan aja udah timbul perasaan yang lebih. Padahal pramugarinya ngasih perhatian cuma sebatas profesionalisme pekerjaan. Hhhmm.. memang dasar penumpangnya aja yang kegeeran! :p

3. Karena sering check-in ke hotel-hotel mewah, pramugari sering disangka tukang selingkuh. Padahal pramugari itu pasangan yang setia, lho!

Pramugari juga setia via www.jpnn.com

Selingkuh itu bisa aja dilakuin sama semua orang. Gak jamin kok seorang ibu rumah tangga yang setiap hari di rumah gak selingkuh. Itu semua tergantung gimana kita mampu menjaga iman dan libido, ehh. Jadi gak perlu membangun opini publik bahwa pramugari itu doyan selingkuh hanya karena sering check-in dari satu hotel mewah ke hotel mewah lainnya.

Dari 10 pramugari yang lagi jauh dari pasanganya, 7 orang selalu terpikirkan pasanganya, apalagi yang sudah punya anak, dan 3 orang memilih berdiam diri di kamar hanya untuk tetap terhubung ke wifi hotel agar tetap bisa komunikasi dengan sang kekasih. Jika ada pramugari yang selingkuh, berarti dia hanya oknum!

4. Standar cowok pramugari itu minimal harus seorang pilot? Banyak juga lho pramugari yang menjalin hubungan dengan orang-orang di luar dunia penerbangan!

Nggak cuma sama pilot doang kok! via www.whaleoil.co.nz

Ini sungguh kekeliruan yang teramat besar. Meski diakui gak sedikit pramugari yang jadiannya sama pilot, tapi banyak juga kok yang punya pacar atau suami diluar dunia penerbangan. Misalnya Pasha ‘Ungu’ yang pekerjaannya adalah seorang penyanyi, punya isteri mantan pramugari. Atau juga Pak Tarno pesulap kocak yang ngakunya juga punya pasangan seorang mugari.

Bukan kah mereka contoh nyata jika apapun pekerjaan kamu, meski bukan seorang pilot, maka kamu tetap punya kesempatan memiliki pasangan seorang pramugari. Nah, setelah baca ini, bagi para jomblo-jomblo yang ngarep punya pacar pramugari, jangan lagi berhenti berharap!

5. Pramugari itu bukan seorang pembantu bagi para penumpangnya. Tugas utama pramugari adalah memastikan keselamatan para penumpang pesawat!

Bukan pelayan penumpang, tapi menjaga dan memastikan keselamatan penumpang via www.haveeru.com.mv

Istilah penumpang adalah raja itu salah besar. Masih banyak yang menganggap bahwa mugari hanya untuk membagikan makanan di dalam kabin atau mengangkat-angkat koper raksasa penumpang ke tempatnya. Makanan adalah layanan tambahan, tapi bukan yang utama. Meletakan koper pada tempatnya adalah sepenuhnya tanggung jawab pemilik.

Yang utama dan paling utama dari kehadiran seorang pramugari adalah memastikan keselamatan para penumpang pesawat. Jadi selama penerbangan, bersikaplah kooperatif. Karena, jika kita mampu berbuat hal kecil yang tidak merugikan, kita sudah ikut berperan menyelamatkan ratusan nyawa penumpang lainnya. Paling tidak, janganlah berbuat hal-hal aneh yang bisa menghambat operasional penerbangan, sehingga penerbangan menjadi terlambat. Siapa yang rugi? semua penumpang juga ‘kan?

6. Kendaraannya memang pesawat terbang. Tapi bukan berarti pramugari nggak bisa hidup sederhana dan merakyat. Mereka nggak selalu hidup glamor dan hedon kok!

Pramugari juga bisa makan di warung makan sederhana kok via sonofmountmalang.wordpress.com

Kehidupan di luar pekerjaanya pun sering menjadi perhatian banyak orang. Belanja di butik-butik ternama, kosmetik ala artis papan atas, menginap di hotel-hotel bintang lima, aksesoris yang mahal dan tempat nongkron di kafe kalangan atas adalah sedikit dari gaya hidup para pramugari. Padahal gak selalu seperti itu.

Mereka masih mau kok nongkrong dan makan di warung tenda pinggir jalan, menikmati jus ala gerobakan, dan mereka juga bahkan ada yang mau menginap di hotel biasa. Mengenai busana dan kosmetik, mungkin bisa tergolong mahal karena itu termasuk tuntutan dan peenunjang pekerjaan mereka.

7. Kata siapa pramugari cuma modal tampang dan seksi doang? Untuk bisa jadi pramugari, mereka harus isi otak dengan berbagai macam ilmu dan pengetahuan

Mereka nggak uma modal tampang dan badan seksi doang via www.pinterest.com

Tak banyak orang yang tahu sebelum seorang pramugari menjalankan tugasnya, mereka telah diberi pendidikan yang mendukung baik dari sisi layanan maupun keselamatan penerbangan. Pasti kita pernah mendengar pramugari membantu persalinan seorang ibu yang melahirkan di dalam kabin pesawat, itu bukanlah suatu kebetulan semata — mereka memiliki ilmunya.

Selain ilmu kesehatan, pendidikan mengenai kebakaran, penanganan ancaman terorisme, dan berbagai keadaan emergency lainya yang berifat keselamatan. Selain itu, pengetahuan yang bersifat layanan seperti, psikologis, food and beverage, dan yang lainya.

Seorang Pramugari memiliki tanggung jawab masing-masing kepada 50 penumpang. Dalam Keadaan darurat, mereka harus mampu mengevakuasi seluruh pax dalam waktu kurang dari 90 detik. Jadi peran seorang pramugari sangatlah sentral dalam satu penerbangan.

Setelah membaca artikel ini, semoga kita menjadi lebih bisa menghormati profesi pramugari, lebih kooperatif setiap kali bepergian dengan pesawat terbang, dan tidak mudah menyalahkan pramugari dalam setiap hal.