Entah waktu liburan sekolah, liburan hari besar, atau bahkan libur HARPITNAS ( HARi terjePIT NASional) sekalipun, Kota Batu selalu ramai di kunjungi wisatawan. Bagaimana tidak, hampir di setiap sudut kota ini kita bisa menemui tempat wisata yang seru dan disertai pemandangan yang indah.

Jika kamu pernah berkunjung ke Kota Batu, pasti kamu ingin kembali lagi untuk menikmati keindahan dan kesejukan Kota Batu ini. Tapi kalau kamu belum pernah ke Kota Batu, ada baiknya jika kamu menjadikan Kota Batu ini sebagai target wisatamu selanjutnya.

Dijamin kamu tak akan rugi jika bertandang ke kota ini, karena Kota Batu tak akan pernah gagal membuatmu tersnyum bahagia. Tapi kalau kamu masih ragu-ragu, mungkin beberapa alasan di bawah ini bisa membuatmu berubah pikiran. Berikut adalah alasan kenapa kamu patut mengunjungi (lagi) Kota Batu di Jawa Timur ini!

1. Kota Batu letaknya sangat strategis dan mudah sekali dijangkau. Mau naik mobil, kereta, atau pesawat, semuanya bisa!

Kota Batu mudah sekali dijangkau via shining-batu.com

Letaknya yang bersebelahan dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang, sehingga Kota Batu mudah di akses dengan berbagai moda transportasi.

Advertisement

Kalau naik pesawat, tinggal turun di Bandara Abdulrahman Saleh Malang, di lanjutkan dengan naik taksi atau menyewa mobil menuju Kota Batu. Bila menggunakan kereta,turun di Stasiun Kota Baru Malang, lanjutkan dengan taksi atau sewa mobil. Oh iya, perlu diingat, Kota Batu bukan Malang itu sudah beda kota ya 😀

2. Suasananya yang sejuk, udaranya yang segar, dan pemandanannya yang indah bikin kamu betah seharian jalan-jalan sampai lupa waktu!

Hawa sejuk dan segar Kota Batu via indonesia.travel

Letaknya yang di dataran tinggi membuat suasana Kota Batu sangat nyaman untuk berwisata baik itu di siang hari atau malam hari. Udaranya yang sejuk dan segar tidak akan membuatmu kebanjiran keringat saat sedang asyik jalan-jalan. Di malam hari, udaranya pun semakin dingin sehingga menambah suasana romantis saat sedang menyusuri Kota Batu.

Waktu yang paling direkomendasikan untuk berwisata di Kota batu adalah pada saat musim kemarau, agar kamu bisa puas berwisata dan menikmati Kota Batu dari pagi hingga malam. Bila di musim penghujan, curah hujannya cukup tinggi, sehingga bisa menghambat aktivitas berwisata. Karena dingin dan hujan, yang ada kamu malah mendekam seharian di balik selimut penginapan.

3. Kamu nggak perlu tidur di stasiun kereta api atau emperan toko. Di Kota Batu ada banyak banget penginapan bagi segala kalangan wisatawan.

Banyak penginapan! via www.panoramio.com

Soal penginapan adalah hal yan paling penting saat traveling ke suatu tempat. Dan kota batu ini sangat ramah bagi semu jenis wisatawan, mulai dari turis, flashpacker, hingga backpacker. Bagi kamu yang suka traveling dengan budget mepet, gak usah khawatir.

Mulai penginapan level motel sampai bintang lima tersedia di Kota Batu. Dari penginapan standar dengan fasilitas biasa sampai tidur bersama hewan buas, atau tidur di pohon juga ada di kota ini. Tinggal pilih dan sesuaikan saja dengan budgetnya. Untuk mencari informasi penginapannnya pun mudah, karena sudah banyak tersedia informasi penginapan Kota Batu di Internet.

4. Nggak kalah dengan Dufan di Jakarta, di Batu ada banyak wisata wahana permainan pemacu adrenalin di Jatim Park I & II, dan Batu Night Spectacular!

Ada banyak wahana wisata pemacu adrenalin via www.n-journal.com

Tertarik dengan wahana permainan yang menguji adrenalin? Di sii kamu bisa dengan mudah menemukannya. Wahana permainan adrenalin ini tidak hanya tersedia di satu tempat rekreasi saja, sebut saja ada di Jatim Park, Jatim Park 2, dan juga Batu Night Spectacular (BNS).

Persiapkan fisik, tenaga, dan nyalimu untuk menjajal semua wahana permainan itu. Untuk mencoba semua wahana itu, kamu butuh waktu lebih dari satu hari, karena memang sangat banyak sekali yang patut untuk kamu jajal. Bahkan di BNS, wahana adrenalin beroperasi hingga pukul 11 malam.

5. Jalan-jalan tapi juga ingin menambah wawasan dan ilmu pengetahuan? Tenang aja, Kota Batu nggak kekurangan tempat untuk belajar sambil bersenang-senang.

Wisata sejarah dan ilmu pengetahuan pun banyak! via www.beautinesia.com

Kalau ingin menambah pengetahuan atau ada tugas sekolah terkait beberapa pelajaran, kota Batu menyediakan banyak wahana wisata edukasi. Seperti contohnya di Jatim Park I terdapat banyak wahana edukasi seperti museum anatomi tubuh, galeri belajar & science stadium, dll.

Ada juga wisata sejarah transportasi di Museum Angkut, Batu Secret Zoo yang jadi memiliki banyak koleksi satwa dari berbagai penjuru dunia, Museum Satwa yang memamerkan berbagai fosil hewan purba, dan ada Eco Green Park yang akan memberimu banyak wawasan tentang bumi dan isinya.

6. Sudah bosan jadi pegawai? Kamu bisa banting setir jadi petani buah di sini, karena ada banyak sekali agrowisata!

Petik apel sendiri sampai pertu kenyang. via wisatapetikapelmalang.blogspot.com

Makan buah hasil dari beli di supermarket atau toko buah sih biasa aja. Di Kota Batu, kamu bisa berpura-pura menjadi petani buah yang sedang panen buah, dan kamu bisa langsung memakannya hingga perut kenyang.

Mengingat wilayahnya yang terletak di pegunungan dan dataean tinggi, Kota Batu sudah pasti jadi rumah yang nyaman bagi berbagai jenis buah-buahan segar. Kamu bisa berwisata memeitk buah sendiri di sana, seperti buah apel, stroberi, anggur, jeruk, dll.

7. Mau menikmati romantisnya Batu tanpa harus mengeluarkan banyak uang? Monggo mampir ke Alun-alun Kota Batu saja.

Alun-alun Kota Batu! via intansaribulan.wordpress.com

Kalau ingin menikmati wisata gretongan alias gratisan, tinggal datang saja ke Alun alun Kota Batu. Di sana terdapat wahana pancuran air yang bisa membuatmu berbasah-basah ria! (hati-hati, air di Kota Batu dingin kayak es batu!) :p

Ada juga area bermain untuk anak-anak, atau berfoto dengan bermacam-macam hewan atau buah apel dan strawberry yang segede rumah dua tingkat. Atau kalau kamu ingin melihat keramaian kota Batu dari ketinggian, tinggal sediakan uang Rp 3.000,- maka kamu bisa naik bianglala untuk satu putaran.

Kalau butuh internet gratis, tinggal lari-lari kecil ke rumah ibadah sebelah alun-alun. Di sana disediakan wifi gratis! Nah, mana lagi kenikmatan seperti ini selain di Kota Batu?

8. Jalan-jalan belum greget tanpa isi perut dengan kuliner khasnya. Mulai dari harga yang murah meriah hingga luar biasa, semua bisa kamu temukan dengan mudah.

Wisata kuliner Kota Batu murah meriah via lirikmalang.com

Akan atau setelah berwisata perutmu pasti masih kosong dan lapar. Sebelum teerlalu bersemangat mengitari Kota Batu, isi dulu perutmu supaya nggak loyo saat asyik liburan. Soal makanannya? Jangan tanya lagi!

Kota Batu sangat memanjakan lidah para pengunjungnya. Harganya? Udah pasti nyaman dan bersahabat dengan dompetmu. Mau pecel lengkap dengan harga Rp 5 ribu? Ada bayak! Mau makanan harga sepiring ratusan ribu? Ada banget!

9. Namanya juga kota wisata, sudah pasti Kota Batu punya banyak cenderamata dan oleh-oleh khas yang bisa kamu bungkus pulang ke kota asal!

Wisata belanja ada di setiap sudut kota via krepektempe.blogspot.com

Lelah berwisata dan menikmati segalanya di Kota Batu, sudah waktunya kamu kembali ke kota asal dan kembali menghadapi realita kehidupan. Tapi biasanya kamu pasti ingin membeli cenderamata atau oleh-oleh sebagai kenang-kenangan ‘kan? Nggak perlu bingung-bingung mau beli apa, karena ada tersedia berbagai macam produk buah, buah-buahan olahan, atau souvenir dengan harga-harga yang terjangkau. Ada satu kunci rahasia, jangan lupa di tawar! 😀

Kredit gambar andalan: www.intansaribulan.wordpress.com