Ingin lepas dari rutinitas harian dan hiruk-pikuk perkotaan adalah alasan kuat mengapa banyak orang jatuh cinta pada traveling. Mereka sadar, hidup terlalu membosankan jika hanya dihabiskan pada rutinitas yang itu-itu saja.

Dengan traveling, tak hanya kesenangan saja yang bisa kita dapat. Lembaran cerita hidup kita juga bisa jadi lebih kaya. Dan karena menyempatkan pergi berkelana itu tak mudah, kamu harus bisa membuat agenda traveling jadi seru dan tak terlupakan sumur hidupmu. Nah, inilah tips salah satu pembaca Hipwee tentang cara agar perjalananmu jadi lebih seru dan tak terlupakan. Simak yuk!

1. Ingin perjalanan yang dijamin dipenuhi tawa riang? Pergilah traveling bersama teman-teman, dan jadikan itu agenda tahunan

Traveling bersama sahabat tebaikmu (dok. pribadi) via Hipwee.com

Kalau kamu menyukai perjalanan yang ramai dan penuh dengan canda tawa, maka sahabat-sahabat dekatmu adalah partner terbaikmu dalam melakukan perjalanan. Pergi bersama-sama dengan orang-orang yang mengenal baik, buruk, dan juga sifat-sifat usil dan tingkah lakumu yang unik tentu akan membuatmu semakin merasa bebas sepanjang perjalanan. Meski destinasi wisata yang dituju biasa-biasa saja, tetapi cerita di baliknyalah yang membuat momen travelingmu menjadi sangat istimewa.

Jadikan agenda traveling bersama sahabat sebagai agenda rutin tahunan, dan buatlah resolusi setiap tahunnya kalian akan menjelajahi tempat yang baru dan lebih jauh lagi. Agar agenda trvaeling bareng sahabatmu ini nggak cuma sekadar mitos, pastikan kalian sepakat bersama untuk menentukan rencana perjalananmu.

Advertisement

Bagi-bagilah tugas dengan teman-temanmu agar kamu dan teman-temanmu semakin semangat dan membuat agenda traveling bersama itu menjadi hari yang paling kalian tunggu-tunggu.

2. Buatlah dokumentasi perjalanan yang lebih bermanfaat. Daripada hanya sekadar berfoto-foto narsis, buatlah reportase video tentang destinasi wisata yang kamu kunjungi

Buat video reportase mengenai tempat wisata yang kamu kunjungi (dok. pribadi) via Hipwee.com

Ingin perjalananmu terdokumentasi dengan cara yang lebih hidup dan seru? Buatlah video reportase mengenai perjalananmu atau semacam citizen journalism. Kalau kamu biasanya cuma bisa berfoto-foto selfie bareng teman-teman, kenapa sekarang nggak mencoba untuk membuat video perjalanan keren yang bisa menangkap setiap suasana dan pemandangan indah dari perjalananmu?

Beraktinglah seperti seorang reporter atau pemandu wisata profesional. Sampaikan semua informasi penting yang bermanfaat bagi orang-orang, seperti bagaimana cara menuju tempat itu, lamanya perjalanan, hal apa saja yang terjadi selama perjalanan, cerita atau sejarah, dan ciri khas daerah tersebut.

Ini bisa jadi cara barumu untuk menikmati setiap perjalananmu. Selain untuk jadi dokumentasi pribadimu, kalau kamu pede dengan aksimu, kamu bisa mengirimkan video dokumentasi amatirmu itu ke stasiun-stasiun televisi yang bersedia menayangkan citizen journalism. Dengan begitu, dokumentasimu itu jadi lebih bernilai dan bermanfaat untuk orang lain, ‘kan?

3. Kunjungi temanmu yang berdomisili di daerah wisata. Dia bisa jadi juru yang kamu andalkan untuk membawamu ke cuilan-cuilan surga di tempat tinggalnya

Kunjungi teman yang berdomisili di daerah wisata (dok. pribadi) via Hipwee.com

Apakah kamu punya kenalan atau teman baik yang tinggal di daerah wisata? Tunggu apa lagi? Jangan cuma bertukar kabar lewat media sosial saja, luangkan waktu untuk berkunjung ke tempatnya. Selain bisa menghemat ongkos penginapan, makan, akomodasi dan lainnya, dia bisa dengan sukarela menjadi pemandu wisata pribadimu. Dia pasti tahu tempat-tempat tersembunyi yang indah tapi belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Dengan berbekal pengetahuannya akan destinasi-destinasi wisata di tempatnya, kamu jadi punya banyak alternatif pilihan wisata. Pernah suatu ketika kami pergi ke Yogyakarta, dalam waktu seminggu kami bisa menjelajahi banyak tempat wisata, mulai dari gunung, pantai, desa wisata, hingga kota.

Kami hanya menghabiskan sekitar lima ratus ribu saja, dan itu sudah termasuk ongkos transport, makan, oleh-oleh, dan penginapan. Karena memiliki kenalan disana, ada banyak hal yang bisa kami dapatkan di luar dari rencana awal perjalanan kami. Seperti sebuah kejutan, perjalanan kami pun jadi lebih seru dari yang kita bayangkan. Ya, itu semua karena kami punya kenalan. 🙂

4. Setiap menit dalam perjalananmu adalah momen yang berharga, jangan biarkan berlalu sepi begitu saja. Pecahkan kesunyian di waktu kosongmu dengan memainkan permainan seru bersama teman-teman

Ajak teman-temanmu bermain Uno via neverendstory.wordpress.com

Selama perjalaan traveling, terkadang kita akan menemukan waktu kosong di mana kamu dan teman-temanmu saling terdiam tidak melakukan apapun. Mungkin karena cuaca yang tidak bersahabat sehingga perjalanan tertunda, tubuh sudah terlalu lelah untuk berkelana, menunggu waktu yang tepat untuk pergi dan lain sebagainya.

Daripada hanya bengong, tidur-tiduran, atau malah sibuk dengan ponsel masing-masing, manfaatkan waktu kosong ini untuk mempererat kebersamaanmu dengan teman-temanmu dengan melakukan permainan yang bisa dimainkan bersama-sama. Bawalah kartu remi, Uno, gaple, atau apapun yang bisa membuat momen kebersamaanmu bersama teman jadi semakin seru!

Bisa juga membuat tantangan bagi yang kalah untuk melakukan sesuatu yang unik dan menghibur. Permainan ini juga sebagai cara kita untuk melepas penat dan menghilangkan stress yang dialami selama perjalanan jauh yang kita lalui. Meskipun sedang tidang menikmati pemandangan, jangan lupa untuk mencari cara untuk menikmati setiap momen yang ada saat ttaveling.

5. Saat traveling, jangan hanya mata saja yang kamu manjakan. Kamu juga harus berlaku adil dengan lidahmu!

Jangan lupa manjakan lidahmu dengan mencicipi kuliner tradisional via Hipwee.com

Mencoba wisata kuliner khas daerah adalah hal wajib yang harus kamu lakukan pada saat traveling! Buatlah daftar terlebih dahulu sebelum berangkat, cari informasi mengenai kuliner-kuliner khas daerah yang akan kamu tuju melalui internet.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu alamatnya, selain untuk memudahkanmu saat bertanya pada orang lokal, kamu juga tak akan menghabiskan kuota internetmu hanya untuk mencari alamat.

Mencari kuliner khas merupakan tantangan tersendiri yang akan semakin membuat kamu bersemangat dalam melakukan perjalanan. Dengan mencicipi kuliner khas, inilah saatnya untuk memanjakan lidahmu. Jangan lupa juga untuk abadikan momen ketika kamu telah berhasil menemukan makanan khas daerah travelingmu.

6. Karena belum tentu kamu bisa kembali menikmati pemandangan di tempat yang sama, sayang rasanya jika kamu tak mengabadikan keindahannya dengan kamera berkualitas tinggi

Gunakan kamera berkualitas tinggi untuk mengabadikan momenmu (dok. pribadi) via Hipwee.com

Bagi sebagian orang, mengabadikan setiap momen perjalanan merupakan salah satu tujuan utama dalam traveling. Terlebih jika kamu pergi ke tempat yang memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan, kurang lengkap rasanya jika perjalanan serumu tidak dilengkapi dengan adanya dokumentasi yang bagus. Karena itulah menggunakan kamera berkualitas tinggi sangat dianjurkan agar kualitas foto yang dihasilkan memuaskan.

Dengan menemukan tempat-tempat yang unik untuk berfoto, dengan lanskap yang indah, dan teknik kamera yang baik, maka akan tercipta hasil yang menakjubkan. Selain itu carilah gaya-gaya yang unik dalam berfoto, jangan kaku dan jadilah diri sendiri, karena belum tentu kamu akan memiliki kesempatan untuk berfoto kembali di tempat yang akan kamu kunjungi itu. Dengan memiliki dokumentasi foto yang bagus dan menarik, kamu juga bisa membuat orang-orang jadi tertarik mengunjungi tempat tersebut.

7. Pastikan tiap perjalananmu punya misi yang menantang. Ini akan membuatmu sadar bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang indah, dibutuhkan perjuangan ekstra

Salah satu hal yang sayang sekali untuk dilewatkan ketika traveling ke tempat yang menawarkan panorama alam yang indah adalah mengejar matahari . Buatlah sebuah misi bersama teman perjalananmu untuk menjadi saksi hidup indahnya fenomena terbit atau terbenamnya sang mentari.

Hal tersebut akan menjadi sebuah misi perjalanan yang sangat menantang. Mulai dari membuat jadwal agar sampai di tempat tujuan dengan waktu yang tepat, mencoba melawan kantuk dan bangun lebih pagi, membangunkan dan saling menjaga teman-teman selama perjalanan agar tidak melewatkan indahnya sunrise di pelupuk mata. Saat misimu tercapai, kamu akan mendapatkan rasa puas yang tidak bisa dibayar dengan uang sekalipun.

8. Jangan biarkan ceritamu berhenti di kepalamu saja. Bagikan pada orang lain agar mereka juga bisa menikmati indahnya momen yang kamu rasakan

Share your moments via www.threadsuk.com

Di era dimana media sosial telah menjadi gaya hidup, dan kemudahan untuk berbagi informasi melalui berbagai akun sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path, tidak ada salahnya untuk berbagi keceriaan dalam momen travelingmu ke teman-teman di media sosial.

Jangan hanya foto-foto selfie narsis yang kamu unggah. Kamu juga bisa berbagi foto yang bagus beserta cerita di balik tempat-tempat yang kamu kunjungi, entah mengenai kearifan lokal, keramahan penduduk setempat, hingga kondisi wilayah tempat travelingmu itu.

Siapa tahu dengan demikian ada orang yang jadi terinspirasi dan tergerak untuk datang ke tempat itu juga. Ya, hitung-hitung ini juga sebagai bentuk kontribusimu untuk mempromosikan tempat-tempat wisata di Indonesia.

9. Jadikan perjalananmu sebagai ajang untuk menantang dirimu sendiri. Setiap perjalanan yang kamu tempuh adalah tantangan baru buatmu!

Tantang dirimu sendiri via Hipwee.com

Jangan lupakan untuk membuat sesuatu yang menantang selama perjalananmu. Momen traveling ini juga bisa jadi ajang bagi dirimu sendiri untuk menguji adrenalin dan keberanianmu.

Misalkan: kamu bisa melompat dari ketinggian ke sungai atau laut, makan makanan yang tidak kamu suka, berbicara dengan turis asing meski kamu pemalu, ikut berpartisipasi dalam kegiatan adat tertentu, dan banyak hal lainnya. Hal ini tentu akan membuat perjalananmu jadi makin seru, unik, dan berkesan. Saat kamu tua nanti, pengalamanmu ini bisa menjadi cerita tersendiri bagi anak cucumu nanti.

Saat agenda traveling adalah kegiatan seru yang selalu kamu tunggu-tunggu kedatangannya, jangan biarkan momen itu berlalu begitu saja tanpa adanya cerita manis di dalamnya. Setiap kali ada kesempatan untuk menjelajah tempat wisata baru, buatlah perjalananmu menjadi sebuah perjalanan cerita yang tak akan pernah bisa kamu lupakan. Selamat menikmati perjalananmu! 🙂

Artikel ini ditulis oleh, seorang . Kamu bisa menyapanya langsung melalui blog pribadinya

Ingin menulis seperti Abdul? Yuk, kirimkan karya tulisanmu ke redaksi Hipwee! Untuk informasi lengkapnya, silakan mampir ke sini!