Siapa sih yang nggak mau jadi calon menantu kesayangan? Kalau orang tua pacar bisa akrab denganmu, itu tandanya mereka sudah mau menerima keberadaanmu di tengah-tengah keluarganya. Sudah pasti pacarmu juga akan senang melihatnya. Artinya, hubungan kalian bermasa depan dan memang layak dipertahankan.

Tapi menciptakan kedekatan dan keakraban dengan ortu pacar memang perlu sedikit trik alias “jampi-jampi”. Apa aja sih jampi-jampinya supaya kamu bisa akrab dengan ortu pacarmu? Simak yuk!

1. Tak cukup hanya memantaskan diri demi mendapatkan lelaki/gadis yang kamu cintai, cakapkan juga dirimu agar orangtuanya ikut menaruh hati.

Jadilah versi tebaik dari dirimu, dan bersikap soan dan santun via www.glamour.com

“Kalau aku sih berusaha jadi diri sendiri aja. Kalo ada kepribadian yang kurang baik ya diperbaiki. Intinya orangtua manapun pasti akan suka anak yang sopan dan santun.”

Nurul, 20, Surabaya

Kamu wajib untuk berlaku sopan dan santun di hadapan orang tua pacarmu. Meski mereka bukan orangtuamu, perlakukan mereka seperti layaknya orangtuamu sendiri. Nggak ada hal lain yang bisa membuat orangtua terkesan selain sikap yang sopan dan perilaku yang santun.

Advertisement

Meski begitu, kamu juga tetap harus jadi apa adanya dirimu. Eits, apa adanya bukan berarti kamu jadi seadanya! Kamu tetap harus memantaskan diri di hadapan orangtua pacarmu. Jika ada darimu yang tak disukai oleh mereka — mungkin nada bicaramu yang terlalu tinggi atau gaya bajumu yang kurang rapi — perbaikilah agar mereka semakin terkesan denganmu.

2. Penampilan rapi adalah kunci. Tak peduli sudah seberapa dekatpun kamu dengan mereka, kamu tetap tak bisa berpenampilan seenaknya.

Selalu jaga penampilanmu di depan orangtua pacar via www.hipwee.com

“Yang utama agar kita dekat dengan orang tua pacar adalah penampilan, gak harus rapih yang penting gak urakan dan pada tempatnya, kesan pertama yang di lihat adalah nilai paling awal yang di jatuhkan sang calon mertua.”

Rizky Andri, 23, Semarang

Saat pertama kali bertemu dengan orangtua pacar, kamu tentu berpenampilan lebih rapi dari biasanya. Saat mereka sudah terkesan dengan penampilan pertamamu di hadaan mereka, pertahankan itu baik-baik. Kamu nggak harus repot-repot pakai kemeja melulu kok saat ‘apel’ ke rumah pacar, pakai kaus juga nggak masalah, asalkan nggak urakan. Sesuaikan juga dengan acaranya.

Orangtua pacarmu juga bisa saja tiba-tiba ilfil padamu ketika melihat penampakanmu yang berantakan dan urakan. Penampilanmu yang kacau juga mempengaruhi penilaiannya padamu. Tentu kamu nggak mau ‘kan orangtuamu jadi males ngobrol sama kamu cuma gara-gara kamu berkunjung pakai kaus belel, rambut awut-awutan, dan celana yang sobek-sobek?

3. Pahami dan kenali dulu karakter orangtua pacarmu. Jangan sampai mereka menganggapmu orang yang sok akrab…

Jangan sok akrab dengan via www.laughfactory.com

“Kenali dulu pribadi orang tua pacar, biar enggak salah bersikap.”

Putu Ayu Larashati , 21, Denpasar

Sebelum kamu melakukan aksi pendekatan ke orangtua pacar, kamu wajib untuk mempelajari mereka terlebih dulu. Kenali dulu pribadi orangtua pacarmu baik-baik. Semenjak perkenalan pertama dengan orangtua pacarmu, kamu pasti sudah bisa menilai sedikit bagaimana mereka. Agar lebih pasti, banyak-banyak tanya pada pacarmu tentang orangtuanya.

Kamu perlu tahu dulu seluk beluk dan kebiasaan mereka. Jangan kepedean melakukan pendekatan kepada mereka, salah-salah mereka jadi males sama kamu karena kamu sok kenal dan sok dekat pada mereka. Bisa jadi orangtua pacarmu memang tipe orang yang tak terlalu suka diajak ngobrol dengan orang baru ‘kan? Karena itu penting buatmu untuk tahu bagaimana kepribadian mereka.

4. Pancing mereka dengan pertanyaan. Mu’bah hukumnya untuk terlalu pendiam.

Aktiflah mengobrol dengan orangtua pacarmu via wictoria.ru

“Banyak ngobrol aja sama ortunya, jangan pelit ngomong. Cari tau ortunya suka apa, nanti pas ngapel langsung bawain tuh sesaji haha. Tau apa hobi ortu cewek kita juga bisa jadi bahan obrolan yang efeknya dapat nambah deket dengan camer haha.”

Noerjihad Revolusianto, 22, Salatiga

Beranikan dirimu untuk memulai pembicaraan dengan orangtua pacar. Kunci utamanya adalah percaya diri. Kamu tetap harus sopan, tapi juga jangan jadi terlalu pemalu. Kalau kamu terlalu pemalu dan pendiam, bagaimana orangtua pacarmu bisa terkesan padamu?

Saat kamu sudah mengantongi info-info tentang orangtua pacarmu, ajaklah mereka ngobrol tentang hal-hal yang mereka suka. Kalau perlu kamu browsing atau tanya-tanya ke pacarmu tentang hal-hal yang jadi favorit orangtuanya, supaya kamu bisa terus punya bahan obrolan seru bareng ortunya.

Hindari pedebatan sengit dengan orangtua pacarmu. Kalaupun kamu berbeda pendapat dengan mereka, utarakan pendapatmu dengan cara yang sopan dan tidak menyinggung perasaannya. Kamu tak perlu menyanggah pendapatnya jika menurutmu salah, karena itu hanya akan membuatnya emosi, dan akhirnya dia malah tak menyukaimu — rencanamu gagal berantakan!

5. Ingat, merekalah “penjaga kandang” rumah pacar. Jika mengapel, jangan pernah ketemu pacar saja tanpa niat untuk menyapa orangtuanya.

Sering dan sempatkan berkunjung menemui orangtua pacar via www.europe1.fr

“Sering datang ke rumah pacar, kalau ketemu orang tuanya si pacar, beri salam: “Selamat Sore Om/Tante, gimana kabarnya?” Kalau bisa cium tangan mereka juga.”

Yuanda, 20, Samarinda

Sering-seringlah untuk menyempatkan diri berkunjung ke rumah pacar. Nggak cuma buat jemput pacar, tapi juga sengajakan untuk menengok orangtua pacarmu. Bagaimana kamu bisa karab jika kamu tak pernah mau menyempatkan diri untuk mereka? Orangtua pacarmu juga pasti akan semakin terbuka padamu ketika kamu sering hadir untuk mengajak mereka ngobrol.

Tapi tetap ingat, meskipun kamu sudah mulai akrab dan dekat dengan orangtua pacarmu, jangan pernah lupa untuk menjaga sopan santunmu. Jangan karena sudah merasa dekat, kamu jadi sok akrab dan lupa bagaimana seharusnya bersikap.

6. Keterampilan apa sih yang kamu punya? Jangan ragu-ragu menunjukkannya pada mereka!

tunjukin kemampuan memasakmu via southerncourier.co.za

“Jadilah jagoan memasak seperti saya. Cinta itu dari masakan turun ke perut. Apalagi kalo anak gadisnya tuh gak tahu masak. Bakal speechless tuh camer kalo kita yang handsome ini ternyata jago masak. Badan tatoan tapi jago masak… #chef juna”

Daniel, 27, Medan

Pendapat dari pembaca di atas sangat masuk akal sekali. Supaya kamu bisa cepat membuat oratu pacar terkesan dan akrab denganmu, tunjukkan keterampilanmu. Kalau kamu pandai memasak, jangan ragu-ragu untuk mendemokannya di hadapan ibu dan ayahnya. Atau kalau kamu jago bermain gitar, dan kebetulan ayahnya suka bermusik, tunjukkan kemampuanmu bermain gitar di hadapan ayahnya.

Skill yang kamu punya juga bisa jadi daya tarik tersendiri bagi orangtua pacarmu juga. Jika mereka sudah terkesan, kamu gak perlu bersusah payah mendekati mereka, malahan mereka bisa sangat terkesan dan dengan sangat senang menjadikanmu calon menantu kesayangan mereka.

7. Sebagaimana para dewa, kamu perlu memberi sesaji pada mereka. Berikan perhatian kecil dengan membawakan makanan atau oleh-oleh favoritnya.

Bawa makanan atau oleh-oleh untuk mereka via www.kathyhyatt.com

“Sering bawa oleh-oleh entah itu makanan atau barang untuk calon mertua, memberikan perhatian lebih selayaknya orang tua sendiri, membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan membelikan kado saat mereka ultah.”

Risty, 25, Surabaya

Kamu juga harus perhatian pada mereka, selayaknya perhatian kepada orangtuamu sendiri. Meskipun kamu tipikal orang yang cuek, tapi sesekali kamu juga harus bersikap perhatian pada mereka. Saat kamu lagi ada uang lebih, berkunjunglah ke rumah pacar sambil membawakan makanan kesukaan orangtua pacaramu. Atau bawakan mereka  buah tangan ketika kamu sedang pergi keluar kota.

Walaupun sedikit dan sederhana, yang penting adalah niat dan usahamu untuk menjalin hubungan baik dengan mereka. Kalau kamu perhatian kepada mereka, mereka juga akan memberikan perhatian yang setimpal padamu.

8. Sempatkan untuk menelepon atau meng-SMS, terutama jika mereka berulang tahun atau saat hari raya. Kedekatan tanpa komunikasi itu hal mustahil.

Tanyakan kabar mereka meskipun jarang bertemu via www.huffingtonpost.com

“Walaupun jarang berjumpa, minimal harus komunikasi via telepon atau SMS. Selalu kabarkan apapun kondisi baik kita, perlakukan orang tua pacar seperti orangtua sendiri, terutama (calon) ibu mertua.”

Fiki, 23, Bogor

Tetap jalin komunikasi dengan mereka meskipun kamu tinggal berbeda kota dan jarang bertemu dengan mereka. Berkomunikasilah melalui telepon, SMS, atau chatting dengan ibunya. Tanyalah kabar mereka, jangan lupa juga memberikan ucapan ulang tahun saat ayah atau ibunya ulang tahun, dengan begitu mereka akan merasa diperhatikan meskipun kamu bukanlah anak kandung mereka.

Orangtua mana yang tak suka jika ada anak yang selalu memperhatikan keadaan mereka? Menjaga komunikasi itu penting, supaya orangtua pacarmu benar-benar yakin dan percaya untuk menitipkan anaknya padamu nanti.

9.  Jadilah “bintang utama” ketika pacarmu sedang tak di rumahnya. Jangan ragu membantu ibu atau ayahnya, daripada bengong sendiri di teras?

Tawari mereka bantuan via www.phhs.us

“Pengalamanku biar deket ya suka main ke rumah walaupun pacar gak di rumah. Bantu-bantu cuci piring, bikin soal/rapot (camerku guru soalnya), bantuin apa aja yang bisa dikerjain. Sering-sering SMS. Kasih ucapan pas ultah ortunya/Hari Ibu. *pengalaman waktu pacaran sama suamiku sekarang. Haha.*”

Kiki, 24, Tangerang

Berkunjung ke rumah pacar juga jangan hanya saat ada pacarmu saja. Jika pacarmu sedang tak ada di rumah, tak ada salahnya kamu datang berkunjung dan menengok kedua orangtuanya. Tak hanya mengobrol saja, tapi juga tawari mereka bantuan. Bantulah apapun yang bisa kamu bantu. Mereka pasti sangat senang dengan sikapmu yang ringan tangan.

Kamu tak hanya peduli dengan anaknya saja, tapi juga peduli dengan orangtuanya. Tentu pacarmu juga sangat senang jika dia tahu ternyata pacarnya sangat perhatian pada orangtuanya.

10. Acara keluarga adalah panggung utama bagimu. Inilah ajang pembuktian kalau kamu memang serius dengan anaknya!

Ikutlah acara keluarga pacarmu via www.chicagotribune.com

“Sering mengajak pacar dan keluarga untuk melakukan hal-hal bersama, seperti liburan bareng.”

Faiqoh, 21, Malang

Kalau hubunganmu sudah cukup akrab dengan keluarga pacarmu, kamu bisa meminta pacarmu untuk mengajakmu ikut pergi ke acara-acara keluarga. Tawarkan dirimu untuk ikut ke acara-acara keluarga, entah itu acara kumpul keluarga, hajatan, atau acara liburan keluarga.

Ikut gabung di acara-acara keluarga juga bisa jadi ajang buatmu untuk menunjukkan pada orangtuanya bahwa kamu benar-benar serius dengan anaknya. Saat kamu sudah bisa melebur bersama keluarganya, bukan hanya kepercayaan lagi yang kamu dapat dari mereka, mereka bahkan sudah ingin cepat-cepat menjadikanmu sebagai menantu resminya!

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendekati orangtua si pacar. Jangan tunda lagi untuk mendekatkan dirimu pada orangtua pacarmu. Kalau kamu berhasil memenangkan hati mereka, tentu masa depan hubunganmu dengannya juga akan semakin jelas. 🙂