Traveling memang jadi cara yang paling tepat buatmu untuk melihat dunia lebih luas lagi. Traveling pulalah yang akan membawamu ke tempat-tempat baru yang belu pernah kamu singgahi sebelumnya, termasuk ke luar negeri.

Traveling ke luar negeri itu memang butuh persiapan yang lebih dibandingkan traveling di negeri sendiri. Segala keperluan untuk menjelajah negara orang harus kamu siapkan maang-matang agar perjalananmu aman dan menyenangkan. Bagi kamu yang mau coba untuk jalan-jalan ke luar negeri, berikut ini adalah hal-hal penting yang harus kamu siapkan baik-baik sebelum berangkat!

1. Paspor adalah nyawamu selama berpelesir di negeri orang. Jangan lalai meneliti masa berlaku paspormu

Sebelum berangkat ke luar negeri, cek masa berlakunya paspormu via listabuzz.com

Udah pasti barang yang satu ini harus kamu siapin baik-baik sebelum melancong ke luar negeri. Tapi awas, jangan sampai lalai. Jauh-jauh hari sebelum keberangkatanmu, kamu harus memeriksa baik-baik semua data yang ada di paspormu, terutama tanggal expired paspor kamu.

Cari juga informasi tentang persyaratan memasuki negara yang akan kamu kunjungi. Ada beberapa negara yang memberlakukan kebijakan bagi para pendatang untuk membawa paspor yang berlaku minimum 6 bulan sebelum expired. Kalau kamu tak hati-hati dan teliti, urusannya bisa berabe saat kamu baru saja tiba di sana.

2. Urus visamu dari jauh-jauh hari demi memastikan apakah kamu bisa diterima dengan baik di negara tujuan wisatamu

Advertisement

Urus visamu jauh-jauh hari via skift.com

Nah, setelah urusan paspor beres, jangan lupa juga untuk mengurus visa. Biasanya kita harus meng-apply visa paling lambat 3 bulan sebelum keberangkatan. Tapi ada juga kok yang bisa membayar visa di bandaranya langsung, atau biasa disebut Visa on Arrival (VoA).

Tapi kalau kamu mau liburan ke negara-negara yang sudah masuk daftar negara bebas visa, kamu tak perlu repot-repot lagi untuk mengurus dan membayar biaya administrasi untuk memasuki negara tersebut. Agar kamu tak salah informasi, sangat disarankan untuk rajin-rajin cek website kedutaan negaranya.

3. Agar perjalanan lintas negaramu semakin aman dan nyaman, jangan ragu untuk mengikuti travel insurance!

Jangan ragu ikut travel insurance kalau liburan ke luar negeri via truerizm.ru

Takut kamu sakit atau kehilangan barang saat sedang berpelesiran? Nah, dengan ada travel insurance, pengeluaran terhadap hal-hal yang tidak terduga seperti itu bisa ditutupi dengan asuransi perjalanan. Bagi orang Indonesia, asuransi perjalanan memang belum dianggap sebagai hal yang penting dan diperlukan, jadi wajar jika belum banyak yang tahu tentang ini.

Tapi jika kamu memang berniat ingin traveling ke luar negeri, ada baiknya jika kamu memiliki travel insurance demi keamanan dan kenyamananmu. Beberapa negara maju di Eropa mewajibkan para turis asing yang masuk ke negaranya memiliki travel insurance.

Travel insurance menawarkan bermacam-macam jenis asuransi, mulai dari penggantian kerugian karena kecelakaan, sakit, kehilangan barang dan dokumen, keterlambatan jadwal penerbangan dan bagasi, dll. Lebih lengkapnya coba cari informasi di internet atau telepon ke perusahaan penyedia jasa travel insurance.

4. Untuk meminimalisir terinfeksi dan menyebarkan virus atau penyakit berbahaya di negeri orang, kamu wajib untuk menjalani vaksinasi!

Suntik vaksin supaya gak terinfeksi virus penyakit via truerizm.ru

Ingat, kemanapaun kamu pergi, jangan pernah sepelekan soal kesehatanmu. Apalagi kalau kamu mau ke luar negeri, ke tempat yang punya cuaca dan kondisi yang berbeda jauh dengan tempatmu. Penting buatmu untuk vaksin terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri.

Vaksinasi itu bertujuan untuk mencegah dirimu terinfeksi dari penyakit dan virus berbahaya yang ada di negara tersebut. Selain itu, kamu juga telah terimunisasi sehingga kemungkinan kecil dapat menularkan penyakit ke penduduk lokal. Contohnya, saya akan berlibur ke Jakarta selama satu bulan, jad saya harus vaksinasi buat hepatitis A dan B, tetanus, dan malaria.

Lalu jenis vaksin apa yang harus kamu daatkan? Untuk mengetahuinya kamu perlu bertanya pada dokter dan cari informasinya di internet. Apakah kamu sudah divaksinasi?

5. Siapkan rencanamu matang-matang menegenai akomodasi. Jangan sampai kamu luntang-lantung tak punya arah dan tujuan

siapkan akomodasimu dengan baik via www.hostelz.com

Pastikan selama berada di negara orang kamu tidak luntang-lantung. Yup, kamu harus mempersiapkan baik-baik akomodasi yang sesuai dengan keinginan dan budget pastinya. Ada bermacam-macam akomodasi di setiap negara, mulai dari hotel, guest house, hostel, hingga apartment.

Kalau kamu mau akomodasi yang lebih terjangkau, kamu bisa menginap dirumah orang. Kamu bisa cari informasinya di couchsurfing. Atau jika ingin bertemu dan berbaur dengan turis lain, kamu bisa cari beberapa website penyedia jasa informasi hostel.

6. Pahami bagaiman transportasi di negara tersebut agar kamu bisa menghemat banyak biaya selama bepergian

Pahami transportasi di negara tujuanmu via svenskkollektivtrafik.se

Transportasi adalah salah satu hal terpenting selama liburan. Mahal ‘kan kalau kamu harus naik taxi terus-terusan? Karena itulah kamu juga harus tahu tentang trasportasi di negara tujuanmu nanti. Jangan sampai dompetmu jebol cuma karena salah naik transportasi.

Nah, setiap negara memiliki transportasi yang berbeda-beda. Dari kereta api, subway, bus, dll. At least, kamu tahu bagaimana cara menuju ke tempat penginapanmu dari bandara. Cari informasi sebaik-baiknya ya, itu juga salah satu antisipasi supaya kamu nggak mudah kena tipu.

7. Pastikan juga alat komunikasimu bisa berfungsi dengan baik selama kamu di sana

Pastikan ponselmu berfungsi dengan baik via youqueen.com

Untuk urusan komunikasi juga jangan lupa. Selama kamu melancong, kamu harus punya alat komunikasi yang bisa berfungsi dengan baik. Cari tahu bagaimana sistem komunikasi di negara tujuan wisatamu itu. Riset dulu di internet, apakah nomor ponselmu bisa dipakai di negara tersebut, ataukah kamu harus beli nomor baru yang berlaku di sana.

8. Bawalah barang sesuai dengan kebutuhanmu dan juga jangan sampai salah kostum

Bwa barang sesuai dengan tujuanmu berwisata via www.travelcarry.com

Bawalah barang seperlunya saja. Jangan terlalu bawa banyak barang yang nantinya malah cuma bikin berat tas atau kopermu. Gak cuma berat dan bikin repot bawanya, tapi juga kamu harus memperhitungkan bagasi pesawat.

Ap yang harus dibawa itu tergantung ttujuanmu. Kalau emang rencananya mau main di pantai, ya bawa baju pantai atau baju berenang. Kalau kamu datangnya ke negara tropis, kamu nggak perlu bawa jaket-jaket yang tebal. Tapi kalau negara tujuanmu ada banyak pergantian musim, cek dulu kamu datangnya pas lagi musim apa. Dengan begini kamu tidak akan salah kostum.

9. Kamu tak selalu bisa mendapatkan sinyal internet, karena itu kamu perlu membawa travel guide yang bisa kamu baca di mana saja

Selalu bawa travel book/ travel guide via www.despegar.com.ar

Berdasar pengalaman saya, setiap kali melakukan perjalanan saya selalu membawa travel book atau travel guide sebagai panduan wisata saya. Travelbook berfungsi supaya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kita punya bayangan kira-kira mau mengunjungi tempat wisata apa saja.

Travel guide punya informasi lengkap dan bisa diandalkan. Kamu juga bisa cari-cari informasi lewat internet, tapi kelebihannya travel guide itu bisa kita bawa kemana saja. Di saat kita tak punya pulsa internet atau tak ada wifi, kamu masih bisa punya panduan kemana harus pergi.

10. Selama traveling di negeri orang kamu harus bisa berhemat. Membawa uang tunai yang cukup adalah salah satu cara supaya kamu tidak boros

Biar lebih hemat, bawa uang tunai saat traveling ke luar negeri via www.travelandescape.ca

Memang lebih enak sih kalau pakai kartu kredit, tapi kita juga harus ingat kalau setiap kali mengambil uang di ATM di negara lain, saldo ATM kita selalu kena potongan untuk biaya kurs.

Contohnya, setiap kali saya ambil uang di ATM saat di Indonesia, saldo ATM saya kena charge 30 kr (Danish Krone) atau sekitar Rp 57.000, dan kalau saya mengunakan kartu kredit saya di toko-toko perbelanjaan, saya akan kena charge sekitar 5 kr atau Rp 9.500.

Nah, lebih murah bawa uang tunai ‘kan? Jadi, selalu sediakan uang tunai yang secukupnya, dan pastinya kamu harus berhati-hati saat membawanya.