Setiap orang akan galau pada waktunya. Semua dari kita pernah merasakannya, entah itu kita simpan diam-diam atau koar-koarkan. Galau di sini nggak hanya soal cinta, lho, tapi juga keuangan, pendidikan, dan hal-hal yang lainnya.

Masing-masing dari kamu akan mengekspresikan kegalauan itu dengan caramu sendiri. Ada yang nangis, nyanyi, makan, nulis, curhat ke media sosial, dan masih banyak lagi. Nah, Hipwee sudah merangkum beberapa tipe galau di artikel ini! Dari sekian banyak jawaban, inilah tipe galau yang paling banyak dirasakan orang-orang. Cek yuk, tipe galau yang sepeti apa sih yang kamu derita? Ehehehehehehe…

1. Mungkin kamu galau motivator. Buat bangkit dari kegalauan, quote motivasi dan kata mutiara jadi andalan.

Motivasi adalah penyemagat hidupnya via www.solopos.com

“[Kalau aku galau, aku bakal] Baca buku, terutama buku motivasi. Biasanya habis baca buku motivasi, semangat jadi kembali.”

Tantri DP , 22, Tegal

Tipe galau ini biasanya adalah orang-orang yang selalu berusaha untuk menguatkan dirinya ketika dalam keadaan terpuruk. Ketika dirinya sedang galau dan kehilangan semangat hidup, mereka langsung rajin cari-cari sumber kekuatan dari hal-hal yang berbau motivasi, seperti buku-buku motivasi, nonton acara motivasi, dan artikel motivasi (Hipwee punya banyak artikel motivasi, lho! Hehehehe).

Advertisement

Dengan mencari hal-hal yang berbau motivasi itu, mereka merasa seperti sedang mendapat pencerahan. Nah, biasanya setelah kembali semangat, mereka jadi orang yang bijak. Kalau teman dekat lagi sedih, mereka tak akan ragu untuk mengucapkan kata-kata motivasi. Di medsos, dia rajin nge-share quotes-quotes motivasi biar dapat like atau love banyak. Hehehehe..

2. Ada juga dari kamu yang galau hura-hura, setiap galau langsung karaoke dan makan enak~

Galau waktunya hura-hura via www.kaskus.co.id

“Kalo lagi galau mending ngajakin temen buat ngumpul bareng, makan bareng ,gila-gilaan, seru-seruan, terus jalan-jalan sama temen sampe sore, lupa deh sama yang namanya GALAU.”

Inggrid Rosmalia , 17, Indramayu

Kalau tipe galau yang ini, orang-orang pertama yang bakal dia hubungi adalah sohib-sohibnya. Dia nggak tahan sama yang namanya drama dan melow-melowan. Daripada pusing mikirin galau, langsung aja cabut bareng geng hura-huranya. Malah kadang, dia mau bayarin temen-temennya buat ‘gila-gilaan’ — yang penting galaunya kelar!

Kamu: Jalan yuk, gue lagi galau nih…

Teman: Wah galau mulu lo kayak ababil. Jalan ke mana?

Kamu: Ke warung! Ya kemana aja kek, makan kek, karaoke kek, kemana aja dah! Yang penting kita hura-hura.. Gue bayarin!

Teman: Wahhh… horang kayah! Sering-sering aja deh lo galau…

3. Sementara jika kamu berjiwa seni, galau justru adalah bahan bakar untuk menghasilkan karya. Kalau gitu galau aja terus ya, hehehe…

Saat galau waktunya bikin karya seni via hot.ulah.biz

“Curhat lewat gitar, karena cuma dia dan dawai-dawainya yang mengerti perasaaanku…”

Indra, 18, Medan

“Nulis. Bikin cerpen tentang hal yang bikin galau tersebut (biasanya masalah cinta-cintaan). Kadang dikirim ke majalah bisa dimuat. Lumayan, galaunya berkurang dan dapat duit.”

Ryrin, 21, Jakarta

Galau yang ini sering melanda orang-orang yang punya bakat seni. Setiap kali kegalauan dan kesedihan melanda, dia bakalan mencari media buat menyalurkan hasrat seninya. Entah itu menyanyi, bermain gitar, bikin puisi, melukis, atau nulis cerpen.

Orang-orang yang kayak gini nih, yang tahu gimana cara menyalurkan kegalauannya ke arah yang positif. Semakin galau, semakin produktif dia untuk menghasilkan karya seni. Galau kayak gini yang patut dicontoh! Kemana-mana juga lebih enak dengerin lagunya Adele ‘kan daripada ngebaca status Facebook yang nyalah-nyalahin mantan?

4. Ada juga yang galaunya kumat kalau dengar lagu-lagu tertentu. Inilah yang dinamakan Galau Soundtrack Hidup… 😀

Gila men… ini lagu gue banget! via gigsplay.com

“Biasanya kalau lagi galau, aku dengerin musik favorit yang bisa buat aku nyanyi-nyanyi dan nari. Rasanya sedikit lega kalau uda dengerin lagu yg musik dan liriknya penuh semangat. Tapi kalau yg diputar lagunya melow jadi nangis dan galau lagi deh, hehehehe.”

Shana Lubis , 21, Medan

“Aku biasanya galau kalau lagi nunggu kabar pacar atau ga lagi ada problem di keluarga. Biasanya cara buat ngilanginnya aku dengerin musik yang melow sekenceng-kencengnya.”

Ratna, 20, Bekasi

Orang-orang yang punya kegalauan tipe ini adalah orang yang perasa banget! Kenapa? Karena setiap kali dia mendengar lagu yang melow, dia bakal ngerasa kalau lagu itu sesuai dengan kisah hidup yang dia jalani.

*( Setel lagunya Raisa): “Sekarang aku tersadar, cinta yang ku tunggu tak kunjung datang. Apalah arti aku menunggu…”

Kamu: Beuh… dalem banget liriknya! Ini nih.. lagu ini gue banget deh pokoknya!

*(Denger lagunya Tulus): “Kita sadar ingin bersama… tapi tak bisa apa-apa…”

Kamu: Ahhhh… Ini lagu gue banget sumpah! Persis sama yang gue alami!

*( Dengerin lagunya Cita Citata): “Sakitnya tuh di sini di dalam hatiku.. sakit… sakit… sakitnya tuh di sini…”

Kamu: Gila.. gila… ini lagu pas banget sama yang gue alami sekarang. Sakit mennn!!

Semua lagu aja bro, jadiin soundtrack hidup lo! :p

5. Ada juga yang suka curhat di sosmed tentang kegalauannya… Tapi terus jejak galaunya dihapus

Aku galaaaauuuuu dan setiap orang harus tahu via www.glamour.com

“Pas galau pasti kacau. Curhat di sosmed, biar seluruh dunia tahu kalo aku lagi galau. Padahal setelah galau mulai mereda, baru nyadar kalo hal itu sangat memalukan. Hihii..”

Alfyya , 20, Malang

Nah, tipe yang ini nih biasanya dialami oleh orang-orang yang punya kesulitan untuk mengontrol emosi sesaat. Karena kegalauaannya udah nggak bisa terbendung lagi, dia bakal merasa bahwa apa yang dia rasain itu perlu diketahui oleh banyak orang, makanya dia gak pikir panjang buat curhat semua isi hatinya ke media sosial miliknya.

Motivasi curhat kegalauan dan emosinya ke media sosial:

  • Supaya hati bisa plong
  • Supaya teman-teman nanya dan perhatian ke dia
  • Tebar kode buat orang yang digalauin

Tetapi setelah emosinya sudah mereda, dia bakalan sadar kalau kelakuannya itu memalukan dan ganggu banget. Setelah sadar, baru deh tweet atau statusnya pada dihapusin. Hayo siapa yang sering kayak gini?

6. Mungkin juga kamu Galau Bobo-Bobo Cantik. Kalau galau, dibawa tidur aja cooooy… Walaupun nggak bakal jadi cantik sih

Bawa tidur aja… via kimoochi.wordpress.com

“Kalau aku galau aku bakal tidur, karena kalo udah tidur semua kegundahan, kekecewaan, kesedihan gak terpikirkan lagi. Dan kalau udah bangun dari tidur semuanya sedikit plong.”

May, 24, Pekanbaru

Kalau galau tipe ini, kamu percaya banget bahwa obat yang paling mujarab untuk menetralisir kegalauaannya adalah tidur. Dengan membawa semua emosi negatifnya ke dalam alam bawah sadar, kamu yakin saat terbangun nanti kamu bisa kembali ke keadaan yang normal.

Cara kamu menghadapi kegalauan:

Galau gak punya duit: tidur sampai ada yang mau ngirimin duit

Galau putus cinta: tidur sampai ada pangeran yang ngebangunin terus ngajak nikah

Galau skripsi: tidur sampai skripsinya tiba-tiba beres

7. Mungkin juga galau adalah hal yang sebenarnya positif bagimu. Begitu kamu galau, kamu langsung bersih-bersih rumah.. 😐

emosinya tersalurkan lewat cuci baju via www.silvianapple.com

“Beresin kamar semua-muanya. Daripada menyalurkan energi ke arah yang negatif?”

Ganz, 25, Solok

Tipe galau yang ini bermanfaat banget buat kehidupannya sendiri. Ketika galau, dia malah semangat buat beberes kamar atau rumah. Sebenarnya orang yang kayak gini emosinya meledak-ledak, tapi karena dia tahu bahwa energi negatifnya itu bisa berakibat buruk, dia menyalurkannya dengan melakukan pekerjaan rumah. Apa saja yang kelihatan berantakan di depan matanya, langsung dengan sigapnya dia beresin.

Cucian numpuk? Langsung nyuci baju, injek-injek baju sambil mewek.

Setrikaan numpuk? Nyetrika dari pagi sampai sore sambil ngomel-ngomel sendiri.

Lantai kotor? Dia langsung nyapu + ngepel sambil teriak-teriak nyanyi lagu favoritnya.

Kalau lihat dia lagi beberes rumah begini, jangan coba-coba berani ngotorin lagi deh. Nggak mau kan kamu ditimpuk setrika? :p

8. Bisa juga lho kamu Galau Pelahap Maut. Dia nggak akan membiarkan kegalauan membuatnya kelaparan.

Perut kenyang, galau lenyap! via zarafirsty.wordpress.com

“Kalo aku sedang galau mending dibuat makan aja yang banyak, daripada galau menyiksa diri larikan hal positif seperti makan makanan yang enak. haha.”

Sary, 21, Samarinda

“Banyakin makan!!! Udah mainstream banget orang galau malah gak mau makan… ”

Purwa , 19, Banyumas

Galau tipe ini termasuk galau anomali, dia bertentangan dengan efek-efek galau pada umumnya. Kalau biasanya orang galau jadi nggak nafsu makan, yang ini malah nafsu makannya makin menggilla. Setiap kali kegalauan menghampirinya, dia langsung mengalihkan pikirannya pada makanan-makanan kesukaan. Kalau udah nemu makanan enak, udah pasti dia lupa sama yang namanya galau.

Tapi sebenarnya ini hanyalah penunda kegalauan yang lebih akut lagi. Galau apaan tuh? GALAU BERAT BADAAAAAAAAAAAAAN~~~

9. Kamu mungkin Galau Kebugaran. Orang yang menyalurkan emosinya dengan membiarkan tubuh bergerak, akrobat, dan jumpalitan.

Loncat-loncat bikin hati plong via www.herworld.co.id

“Aku biasanya pilates, karena dengan pilates galau jadi hilang. Saking konsentrasi sama gerakan pilates yang butuh konsentrasi tinggi.”

Sa, 27

“Olahraga. Paling seneng sama aerobik atau zumba. Soalnya sejam loncat-loncat bisa bikin fresh lagi.”

Emmy, 21, Bandung

Kalau tipe galau yang ini juga termasuk galau yang positif. Dia butuh untuk meluapkan emosi kegalauannya dengan sesuatu yang berbentuk olah tubuh. Baginya, jika tubuhnya sehat dan bugar, badan dan pikiran bakal jadi fresh. Kalau udah fresh, pasti mood-nya bakal kembali membaik. Kalau yang ini patut banget ditiru. Motto hidup orang-orang yang sering galau tipe ini adalah:

MEN SANA EN CORPORE SANO = DI DALAM TUBUH YANG KUAT TERDAPAT JIWA YANG (KONON) SEHAT

10. Salah satu tipe yang populer adalah Galau Penyendiri. Saat galau, dia yang biasanya ceria tiba-tiba mau sendiri dulu aja… 🙁

Kasih waktu buat sendiri dulu deh.. via www.narcity.com

“Kalau lagi galau biasanya aku bakal me time. Asik aja gitu, daripada harus ngurung diri di kamar mending lakuin hal hal yang bisa bikin lupa sama kegalauan kita. Haha.”

Rere, 19, Solo

Me time.. Karena kalau benar-benar sendiri tu bisa meluangkan waktu untuk diri kita. Terus menenangkan diri sekalian lakukan hal-hal positif.”

Ira Loisa , 20, Palangka Raya

Kalau tipe yang ini, adalah orang-orang yang sangat peduli dengan ketenangan hati mereka. Setiap kali merasa sedih atau galau, mereka akan menenenangkan diri dengan cara meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Bukan berarti menyendiri di kamar atau pojokan kamar mandi sambil meratapi nasib, tapi dia cuma butuh waktu buat melakukan apapun yang dia mau sendirian.

Dia akan menarik diri dari segala aktivitas sehari-hari yang bisa membuatnya merasa terganggu. Pergi makan, ke toko buku, nonton, semua-muanya dia lakukan seorang diri. Udah puas dengan diri sendiri, baru deh dia kembali ke kehidupan normalnya.

11. Kalau setiap kenggerusan hati adalah inspirasi untuk kamu tuangkan ke blog pribadi… Kamu adalah Galau Blogger!

“Pergi ke toko buku untuk baca-baca disana, atau ke coffee shop yang ada di toko buku buat cari inspirasi update blog.”

Trisna A, Jakarta

“Kalau galau sih ya paling buka blog dan nulis semua kegalauan! Hahaha! Aku selalu percaya kalo writing is healing. Seenggaknya udah numpahin perasaan dan sedikit lebih lega. Makin seru kalo sambil dengerin lagu galau yang bikin galau makin galau! Hahaha.”

Disti, 23, Depok

Kalau galau tipe ini udah pasti diidap oleh mereka yang doyan banget nge-blog. Menreka adalah orang-orang yang sangat sensitif dengan segala perubahan suasana hati. Hampir sama dengan galau dengan medsos di atas. Cuma bedanya dia curhatnya lebih elegan, nggak mengumbar kegalauannya secara gamblang, apalagi lewat medsos seperti Twitter, Facebook, atau Path.

Dia bakal nulis semua uneg-unegnya ke dalam blog pribadinya. Setiap kegundahan hati adalah inspirasi untuk menulis di blog pribadinya. Kalau udah puas nulis di blog, terus di-share deh tuh link blognya di media sosialnya. Yahhhh sama aja dong kalo di share lag di medsos… :p

12. Tipe selanjutnya adalah Galau Gamer. Sekali main game, dia lupa sama yang namanya pacar galau.

Main game bentar juga udah gak galau lagi via www.narcity.com

“Kalau aku sih paling kalau galau di alihin ke main game karena main game bisa buat lupa waktu dan lupa kalau lagi galau tapi nanti bakalan galau lagi kalau game nya kelar hehehe.”

Rizky Andri , 23, Semarang

Kalau tipe galau yang ini menjangkit para cowok-cowok nih. Kebanyakan cowok kalau lagi galau nggak akan pusing-pusing cari pelarian. Kalau dia hobi main game, ya udah pasti larinya bakal main game. Kalau udah main game, jangankan galau, pacarnya aja bakal dilupain!

13. Yang terakhir? GGS, Galau-Galau Sholeh! Inilah kamu yang sadar bahwa cara terbaik mengatasi kegalauan adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan

Aku galau via www.republika.co.id

“Mendekatkan Diri kepada yang Maha Kuasa karena tidak ada hal yang terjadi di dunia ini tanpa campur tangan rencana-Nya, termasuk untuk urusan perasaan sang Khalik lah yang tau apa yang terbaik buat kita.”

Ecko. irj , 24, Jayapura

“Galau bukan cuma urusan cinta. Pilihan hidup juga sering bikin galau. Kalau aku galau, biasanya aku bawa sholat dan berdoa. Biasanya habis itu jadi lebih tenang dan bawaannya adeeem… Pikiran juga jadi jernih.”

Khoirunnisa, 23, Padang

Nah, ini nih tipe galau paling positif. Orang-orang dengan tipe galau satu ini tahu bahwa satu-satunya tempat terbaik untuk mengadu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Baginya, satu-satunya yang bisa menolong dan bisa dia andalkan adalah pertolongan dari-Nya. Karena itulah, ketika kegalauan sedang melanda, hal pertama yang dia lakukan adalah berdo’a dan memohon petujuk kepada-Nya. Dengan mendekatkan diri pada-Nya, galaunya hilang, hatinya pun tenaaang~

Nah, itulah beberapa tipe kegalauan yang biasa kamu alami. Galau itu wajar, asal kadarnya sewajarnya. Jangan sampai kegalauan bikin kamu jadi makin terpuruk! Jadi, kamu termasuk tipe galau yang mana nih? 🙂