Nganjuk itu apa ya? Nganjuk itu dimana sih? Nganjuk itu artinya ngutang ya? Kalau kamu berasal dari Nganjuk, sekilas pertanyaan pertanyaan tadi pasti sering kamu dengar jika sedang bepergian atau merantau ke kota orang. Teman-teman kamu di kota rantauan ini kebanyakan masih buta peta dengan Nganjuk itu.

Ya, sedih sih kadang-kadang. Memang, Nganjuk cuma kota kecil di Jawa Timur, hingga wajar sekali jika banyak orang belum tahu kota angin ini. Tapi jangan bekecil hati dulu dong, masih ada kok yang ngerti Nganjuk itu apa, sejenis apa, dimana tempatnya. Kadang sesuatu yang tersebunyi itu menyimpan sesuatu yang menakjubkan.

Sebenarnya lokasi Nganjuk sangat strategis. karena di lewati Jalan Raya Solo Surabaya. Tapi apa daya, karena tampaknya kota ini hanya jadi jalur lalu lalang kendaraan antar provinsi saja. Bisa juga karena promosi pariwisata yang kurang atau memang masih kurang menarik bagi wisatawan.

Tapi buat para pemuda-pemudi Nganjuk, bagaimanapun kamu harus tetap bangga dong. Jangan berkecil hati dulu. Nganjuk itu keren kok, ada banyak hal di Nganjuk yang tidak bisa ditemukan di daerah lain, dan ini beberapa hal yang membuat Nganjuk itu keren!

1. Setiap kota di Indonesia pasti punya yang namanya Alun-Alun. Tapi cuma Alun-Alun Nganjuk yang punya original soundtrack-nya!

Alun-alun kota Nganjuk via corlena.wordpress.com

Advertisement

Yap. Inilah hal pertama yang diketahui oleh teman-teman saya tentang Kota Nganjuk. Mereka sering bertanya:

Nganjuk itu apa sih kayak pernah dengar? Alun alun Nganjuk ya? .

Berawal dari sebuah lagu yang berjudul Alun-Alun Nganjuk yang dipopulerkan oleh Vita jebolan ajang kompetisi dangdut ini memang begitu fenomenal.

Kurang tau juga sih apa yang bikin lagu ini begitu terkenal. Yang jelas lagu ini kayaknya sering dibawain sama pengamen sama orkes dangdut atau artis lainnya. Top dah pokoknya, monggo disimak. Searching aja di google paling atas sendiri! 😀

2. Beritahu pada temanmu kalau orang Nganjuk punya biduan dangdut yang bisa menjuarai ajang kompetisi dangdut tingkat nasional!

gadis asli Nganjuk yang punya prestasi di dunia dangdut. via www.tempo.co

Nah ini nih orang yang mempopulerkan lagu alun alun Nganjuk, Novita Anggraeni, atau yang sering dipanggil Vita KDI. Dia merupakan aset kebangaan masyarakat Nganjuk. Vita memang mencolok dalam acara kompetisi musik mulai dari audisi.

Gaya bahasa Jawa yang begitu medok dan image gadis desa yang begitu polos membuat dia begitu mencolok dalam sebuah ajang pencarian bakat menyanyi di sebuah stasiun televisi swasta, mulai dari audisi hingga akhirnya juara. Bahkan Pemkab Nganjuk juga sering mengadakan nobar lho di pendopo kabupaten, dan masyarakat yang nonton betah walaupun selesainya sampai tengah malam.

3. Siapkan jaket dan minyak kayu putih, karena Nganjuk itu terkenal dengan sebutan Kota Angin, dimana anginnya yang kencang dan terus berhembus!

Senja berangin di kota Nganjuk via plus.google.com

Ini nih yang bikin kota Nganjuk beda. Ya, anginnya yang khas maka Nganjuk sering disebut kota angin. Anginnya yang kencang dan lama terutama waktu musim kemarau. Mungkin bagi orang yang baru pertama kali datang ke Nganjuk takut dengan angin ini.

Tapi gak usah khawatir, angin di Nganjuk walaupun kencang tetap aman terkendali, paling banter kamu bakal kena masuk angin doang. Selama ini sih belum pernah terjadi angin tornado kayak di film-fil, dan semoga aja nggak pernah terjadi. Katanya sih, yang bikin angin kencang karena posisi Nganjuk yang berada di dataran randah dan diapit dua gunung.

4. Walau Kota Nganjuk belum banyak orang yang tahu, ternyata Nganjuk adalah tanah kelahiran bagi pahlawan pergerakan bangsa Indonesia, yaitu Dr. Soetomo!

Dr. Soetomo juga orang Nganjuk! via menelusuringanjuk.blogspot.com

Siapa sih yang gak tau orang ini, dialah pendiri Budi Utomo yang merupakan organisasi pergerakan pertama di Indonesia. Beliau lahir di Nganjuk lho! Tepatnya di desa Ngepeh ( 7 km dari pusat kota Kabupaten Nganjuk). Di sini juga terdapat ruangan yang terdiri dari alat-alat bedah yang dimiliki beliau.

Di tempat ini beliau dipatungkan dalam posisi duduk di kursi, tangannya diletakkan diatas dengan buku terbuka yang menggambarkan bahwa beliau seorang cendikiawan yang memberi pengaruh besar bagi bangsa Indonesia. Tuh ‘kan, kecil-kecil begini Kota Nganjuk adalah tanah kelahitan dari tokoh sejarah Indonesia.

5. Nganjuk juga jadi tempat bermukimnya salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, lho. Ssstt.. konon katanya airnya bisa bikin awet muda!

Air terjun Sedudo, salah satu air terjun tertinggi di Indonesia terletak di Nganjuk via alfim-artur.blogspot.com

Ini nih untuk para travelers sejati, coba deh air terjun yang satu ini. Objek wisata air terjun Sedudo ini berada pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut, terletak di Desa Ngliman, yang merupakan dataran tertinggi di Nganjuk. Dengan ketinggian sekitar 100 meter, kamu yang berani mandi di bawah air terjunnya akan merasakan sensasi seperti sedang dipijit atau bahkan dihantam air yang jatuh.

Setiap malam satu suro penanggalan Jawa, ada ritual khusus yang diselenggarakan di sini lho! Di mana banyak orang dari berbagai daerah mandi pada tengah malam, konon katanya tujuannya adalah supaya bisa awet muda. Dan biasanya suhu terendah bisa mencapai sekitar 2 derajat celsius. Buat kamu yang ngaku traveler sejati, harus nyoba yang satu ini air terjun yang satu ini!

6. Jika kamu orang yang cuma kebetulan melewati Nganjuk dan gak ada waktu buat jalan-jalan, coba deh mampir dulu ke warung Bu Prapti buat nyobain Sego Becek.

Kuliner khas Nganjuk Sego Becek via www.tempo.co

Salah satu kuliner yang umumnya dicari para pendatang adalah Nasi Becek, atau orang Nganjuk sering bilang Sego Becek. Diberi nama sego becek karena hidangan ini terdiri dari nasi yang dicampur gulai dan sate kambing dalam satu wadah, dan satenya sendiri sudah dicopot dari tusuknya sehingga kamu tinggal menikmati saja dengan suapan sendok.

Lokasinya warung ini yang berada di jantung kota Nganjuk tak pernah kehabisan pembeli yang umumnya berasal dari luar kota Nganjuk. Tapi hati-hati ya buat kamu menderita darah tinggi, karena daging kambing dan gulainya mengandung kolestrol yang cukup tinggi. Yang penting janga makan terlalu banyaklah, secukupnya saja. Kan yang terlalu banyak juga tidak baik, hehehehe.

Gimana, keren ‘kan? Sebenarnya masih banyak ‘kok yang menarik di Nganjuk, dan akhir-akhir ini banyak tempat wisata baru di Nganjuk yang baru ditemukan, terutama di Nganjuk bagian utara. Cocok buat para traveler sejati untuk mengeksplornya, karena tempatnya yang masih alami dan jarang terjamah manusia! Udah ya, itu saja cukup kok, jika kamu ada teman kamu yang masih penasaran Nganjuk, suruh mampir aja deh Banggalah dengan daerahmu sendiri! 🙂