Ada yang bikin film superhero Marvel kali ini digadang-gadang lebih seru daripada sebelumnya. Ide plot ceritanya nggak cuma membuat kita menonton superhero-superhero jagoan untuk mengalahkan para musuh bebuyutan. Akan tetapi, nanti kita akan menyimak masing-masing jagoan kita untuk bertempur satu sama lain. Dan kita diberi pilihan untuk mendukung salah satunya.

Jadi, ceritanya nih, pemerintah dunia mengeluarkan kebijakan baru untuk dapat lebih mengendalikan gerak-gerik superhero di dunia. Masing-masing orang yang berkekuatan super diminta mendaftarkan dan mengungkap identitas asli mereka ke pihak pemerintah Amerika Serikat. Nah, merespons kebijakan itu, kubu The Avengers terbelah menjadi dua. Iron Man mendukung, sementara Captain America menolak. Perselisihan itu lantas menciptakan benih-benih konflik yang akhirnya berujung pertempuran antara keduanya.

Nah, lalu kamu pilih dukung yang mana? Captain America atau Iron Man? Keduanya juga membawa banyak superhero lain untuk jadi anggota tim masing-masing. Ibarat pertandingan sepakbola, kayaknya seru nih kalau kita bedah dulu formasi dan peta kekuatan kedua tim. Sebelum kamu bisa mulai nonton pada Rabu (27/4) besok, cek dulu siapa yang menurutmu lebih punya kans untuk menang!

Tim Captain America, terdiri dari pahlawan perang dan jebolan militer.

Dari sudut penantang eng ing eng.. via screenrant.com

Yang mengejutkan dari tim ini adalah bahwa Black Widow ternyata tidak bergabung dengan Steve Rogers (Captain America). Padahal, Black Widow sudah melalui banyak aral melintang bersama Captain America di film The Winter Soldier.  Latar belakangnya juga membuatnya punya banyak alasan untuk membenci Tony Stark (Iron Man) dan pemerintah. Makanya ada isu kalau Black Widow mungkin akan berkhianat dari tim Iron Man.

Advertisement

Lalu siapa aja isinya Tim Captain America? Ada Falcon yang punya visi yang sama dengan Captain America. Karakter The Winter Soldier yang dikonfirmasi untuk kembali ke Civil War juga hampir dipastikan akan memperkuat tim Captain America, lantaran mereka punya ikatan masa lalu yang kuat. Dan pertempuran dengan Captain America di akhir film Captain America: The Winter Soldier juga berakhir dengan kembalinya sedikit demi sedikit ingatannya tentang Rogers.

Berikut ini lho daftar personil tim Captain America:

1. Captain America

Hormat sama kapten! via vergecampus.com

Captain America adalah alasan pertama dari inisiatif membentuk The Avengers. Otomatis, ia merupakan Avenger pertama. Sukses diciptakan sebagai sampel kesempurnaan fisik seorang manusia, ia jago dalam pertarungan jarak dekat hingga direkrut sebagai prajurit super untuk membela Amerika Serikat di Perang Dunia.

2. Winter Soldier

Dari lawan jadi kawan via collider.com

Winter Soldier adalah Bucky Barnes, sahabat masa kecil dan mantan rekan tentara Captain America di Perang Dunia. Kemampuan spesialnya dalam bertempur pun kurang lebih sama dengan Captain America, handal dalam pertarungan jarak dekat dengan naluri pembunuh berdarah dingin.

3. War Falcon

Bawa aku terbang kaak via disneyinfinity.wikia.com

War Falcon unjuk tampil pertama kali di Captain America: Winter Soldier. Kelebihan dari superhero satu ini adalah kemampuannya untuk melakukan perkelahian di udara lewat sayap robotik berteknologi tinggi. Selain bertarung, kemampuannya itu juga dapat dimanfaatkan dalam tugas-tugas drone.

4. Hawk Eye

Ahli jarak jauh via comicvine.gamespot.com

Sebagai salah satu anggota kawakan di The Avengers, Hawk Eye sudah banyak makan asam garam di percaturan superhero. Ia juga berperan dalam merekrut Black Widow. Keberadaan Hawk Eye sebagai pemanah kelas dunia jelas dapat menutupi kelemahan Tim Captain America dalam hal pertarungan jarak jauh.

5. Scarlet Witch

Sihir-sihir sadis via moviepilot.com

Scarlet Witch, atau Wanda Maximoff dapat mempergunakan kemampuan hipnotis dan telekinetis. Mulanya dilatih oleh HYDRA, Wanda akan menunjukan aksinya yang pertama sebagai protagonis di film Captain America: Winter Soldier.

6. Ant Man

Superhero segede semut via marvelcinematicuniverse.wikia.com

Pensiun dari jagat kriminal, Scott Lang yang lantas bertransformasi menjadi Ant Man dikabarkan akan menjadi personil teranyar dari tim Captain America. Kekuatan spesialnya sih jelas seru banget buat yang udah nonton film Ant-Man, ia bisa mengatur ukuran tubuhnya menjadi sekecil serangga dalam sepersekian detik.

Ini dia lawannya. Tim Iron Man, buah kejeniusan dan kemajuan teknologi.

Lalu dari sudut juara bertahan.. via io9.gizmodo.com

Satu yang menarik tatkala mengulas keterlibatan dan kepemimpinan seorang Tony Stark (Iron Man) dalam sebuah tim adalah fakta bahwa ia dikenal sebagai pribadi yang arogan dan kurang acuh dengan rekan-rekannya. Rasanya akan menarik ketika karakter Iron Man yang seperti itu dihadapkan dengan tim pimpinan Captain America yang cenderung justru taktis dan kompak.

Namun, setidaknya Stark juga punya tandem yang setia, yakni War Machine (Iron Man silver). Kendati tak selalu sepemikiran, namun ia selalu ada di belakang Iron Man. Selain itu, The Vision yang lahir dari kesadaran J.A.R.V.I.S juga seharusnya punya kepatuhan tersendiri pada Stark. Yang paling ditunggu-tunggu sih kebenaran akan kabar gonjang ganjing bahwa salah satu superhero paling favorit di dunia, Spiderman juga akan tergabung dalam tim Iron man.

1. Iron Man

rivalnya Captain America neeh via comicvine.gamespot.com

Pewaris tahta milyuner ini sudah berulang kali adu mulut dengan Captain America. Dalam pertempuran nantinya, Captain America wajib berhati-hati dengan kejeniusan dan baju besi Iron Man yang mematikan. Ego Iron Man yang meledak-ledak juga kadang malah bisa jadi penentu dari keberhasilannya menumpas segala musuh.

2. War Machine

Tandemnya Iron Man via www.ironmanwallpaper.com

Jim “Rhodey” Rhodes adalah satu dari sedikit orang yang sanggup bertahan untuk terus mendampingi Stark. Yah, setidaknya ia jadi beruntung mendapatkan salah satu versi dari baju besi Iron Man. Kendati tak secanggih dan setangguh punya Stark, tapi War Machine kadang bisa menghasilkan kombinasi teknik bertempur yang mantap bersama dengan Iron Man.

3. Black Panther

superhero asal Afrikaa via screenrant.com

Black Panther ialah salah satu tokoh superhero yang paling bikin penasaran nantinya di Captain America: Civil War. Konon, ia adalah pangeran dari sebuah negara di kawasan Afrika. Dari trailernya sih, kayaknya Black Panther bakal jadi salah satu karakter yang perkasa sekaligus berbahaya.

4. The Vision

Dulunya J.A.R.V.I.S via www.blastr.com

Kendati sudah muncul di Avengers: Age of Ultron, tapi kekuatan sebenarnya dari The Vision rasanya masih belum benar-benar terungkap. Yang bisa kita tahu adalah ia punya kemampuan untuk menjadikan cahaya panas sebagai sumber energi yang destruktif.

5.  Black Widow

Wuah, ni superhero seksi dan mematikan via www.nerdythingsthatdontsuck.com

Keberpihakan karakter wanita paling favorit di kalangan Avengers ini jadi poin penting dari kemenangan salah satu kubu superhero itu nantinya. Gesit, cerdas, dan berinsting kuat membuat Black Widow sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata.

6. Spiderman

Si laba-laba nyamperin Avengers juga akhirnya via www.youtube.com

Akhirnya manusia laba-laba ini muncul juga di Marvel Universe. Agaknya semua udah tahu sih kemampuan spesial dari Spiderman. Yang bakal menarik justru adalah kemungkinan pertemuan awal dari Peter Parker dengan Tony Stark, serta apakah ia benar-benar akan berpihak pada Tim Iron Man.

Nah, itu tadi tuh nama-nama yang bakal saling bentrok nanti di film Captain America: Civil War. Kalian udah bisa memetakan dan menganalisis dong yang sekiranya lebih jago. Jadi, punya bayangan kan mau dukung siapa??