Mantan pacar memang bagian dari masa lalu. Sebagai bagian masa lalu, mungkin kamu merasa tak ada yang perlu diungkit-ungkit kembali darinya. Tapi, mungkin saja dulu kamu dan dia putus karena kesalahpahaman, emosi sesaat, atau keadaan yang tak mendukung — sementara dia masih menyimpan perasaan kepadamu.

Karena rasa cintanya padamu masih ada, wajar jika dia punya niatan untuk mengajakmu rujuk kembali. Dengan berbagai cara, dia ingin membuatmu jatuh lagi ke pelukannya. Nah, gelagat seperti apa saja sih yang menandakan jika mantan pacarmu punya niatan untuk kembali bersamamu? Simak jawaban-jawaban dari para pembaca ini yuk!

1. Kamu tiba-tiba deja vu. Lagaknya ke kamu mengingatkan pada masa ketika kalian masih PDKT dulu.

Dia ngedeketin kamu lagi via www.douglaserice.com

“Pertama SMS nanyain kabar dulu, sambil iseng-iseng nanya do’i udah punya pacar lagi belom. Kalau belum, baru deh melakukan pendekatan kayak dulu masih jaman PDKT — sampe akhirnya bilang kalau gue mau balikan lagi sama doi.”

Asti, 22, Bogor

Kamu sudah cukup lama tak berhubungan dengan mantan kekasihmu. Dia juga sudah sekian lama tak menghubungimu. Baik lewat telepon, SMS, atau media sosial, kalian sama-sama saling diam. Kalaupun kalian saling berbicara, itu ala kadarnya. Seperti teman — teman biasa, bukan teman dekat.

Advertisement

Tapi tiba-tiba dia menghubungimu kembali. Tak hanya sekadar basa-basi: dia berani menanyakan statusmu, apakah masih sendiri atau sudah punya pacar baru. Lalu dia juga diam-diam mulai memberimu perhatian lebih padamu seperti saat masa-masa PDKT dulu. Ketika gelagatnya sudah seperti ini, kamu patut curiga, nggak menutup kemungkinan, dia mulai menaruh hati lagi padamu.

2. Dia pun menyatakan masih ingin jadi temanmu. Dengan ‘berteman’, dia bisa terus menjaga kedekatan denganmu.

Dia masih ingin jadi teman baikmu via www.fanpop.com

“Kalau aku mau balikan lagi, pertama aku bakal ngajak dia temenan. Gimana bisa balikan kalo ga temenan ‘kan? Nanti selanjutnya, biar waktu yang melanjutkan. Seenggaknya, udah ada satu pintu yang kebuka untuk mulai balikan sama dia.”

Lyta, 18, Banyuwangi

Walau sudah putus, dia selalu berusaha menjaga pertemanan baik denganmu. Tapi di balik keinginannya untuk menjadi temanmu, bisa jadi dia punya keinginan yang lebih dari sekadar teman. Dengan menjadikanmu teman lagi, dia bisa dengan pelan-pelan membuatmu nyaman kembali dengannya.

Mungkin dia juga masih terlalu takut atau tak ingin memaksamu untuk kembali dengannya. Karena itulah, cara terbaik agar dia bisa dekat denganmu lagi adalah dengan mengajakmu berteman.

3. Ia mengungkapkan bahwa ia rindu. Bisa langsung lewat lisan, atau cara yang lebih aman seperti SMS atau bahkan kode di media sosial.

Dia nggak ragu bilang rindu padamu via szjgmine.blogspot.com

“Kalau aku mau balikan, yang pasti aku bakal ngangenin dia. Kalo dia masih sayang pasti bakal ngubungin balik dan balikan deh hehe. Ini seperti ilmu koneksi batin hehehe.”

Rini Husein, 20 Samarinda

Saat dia menghubungimu lagi, dan tanpa malu-malu mengakui bahwa dirinya rindu padamu. Kemungkinan besar dia sedang bermain ‘kode-kode’, dia ingin menunjukkan bahwa dirimu masih ada di hatinya. Dia ingin memancingmu agar kamu juga mau untuk menghubunginya kembali.

4. Bahkan, bisa jadi dia meminta maaf untuk hubungan kalian yang seharusnya nggak perlu diungkit-ungkit lagi.

dia datang untuk meminta maaf padamu via www.fanpop.com

“Saya akan katakan kalau keadaan saya buruk, saya kacau, saya sakit jika tidak bersama dia. Setelah itu saya katakan kalau saya menyesal atas keputusan bodoh yang sudah saya ambil untuk meninggalkannya.”

Irwan van Aldo, 19, Medan

Dulu kamu dan dia sudah sepakat dan mantap untuk menyudahi kisah cinta kalian, entah itu dengan cara yang baik-baik atau tidak baik. Kamu dan dia pun sudah cukup lama mencoba untuk tak saling peduli. Tapi, tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba dia menghubungimu untuk mengajakmu bertemu lagi.

Tujuannya untuk mengajakmu bertemu adalah untuk meminta maaf padamu atas kisah cinta lama dia denganmu. Walau hubunganmu dan dia sudah lama selesai dan tak perlu diungkit-ungkit lagi, tapi dia masih saja mencoba untuk meminta maaf dan menyesali perbuatannya dulu. Jika dia memang melakukan hal itu, bisa karena dia memang ingin kembali padamu.

5. Mendekatimu saja mungkin tak akan cukup untuk meyakinkanmu. Karena itu, ia tak akan ragu untuk kembali mengambil hati orangtuamu.

Dia mengambil hati orangtuamu juga via youqueen.com

“Masih suka hubungin dan deketin mamanya. Sampe mamanya gatau kalo ternyata kita udah putus.”

Fila, 23, Jakarta

Mantan kekasihmu dulu cukup akrab dengan ibumu. Meski kamu dan dia sudah putus dan tak intens berkomunikasi, dia masih sering menghubungi atau bahkan menemui ibumu. Dia mencoba untuk mengambil hati ibumu supaya dia bisa meyakinkan ibumu bahwa kamu dia serius dengan anaknya.

Ya, memang sepertinya dia berbuat baik pada ibumu karena ada maunya, tapi jangan berburuk sangka dulu. Mungkin dia memang melakukan ini karena dia benar-benar serius ingin balikan lagi sama kamu.

6. Dia mungkin belum rela hubungannya denganmu berakhir. Tanpa kamu minta, dia bisa sering tiba-tiba hadir.

Dia masih sering datang menemuimu via pose.com.vn

“Temui dia dengan tiba-tiba… just did it and it works for us. :)”

Asri, 28, Depok

Jika hubunganmu dan dia baru saja bubar jalan, tapi dia masih sering tiba-tiba muncul di hadapanmu, kamu perlu curiga! Kemungkinan dia memang nggak rela untuk mengakhiri kisah cintanya denganmu, karena itulah dia berinisiatif untuk menemuimu dengan tiba-tiba.

Sebelum semakin terlambat dan semakin hambar, dia dengan cepat mengambil tindakan untuk segera menemuimu dan berencana untuk memperbaiki hubunganmu dengannya.

7. Tingkahnya padamu tak banyak berubah. Sesekali, ia melempar pertanyaan “Ingat nggak sih dulu kita sering…?” dengan inosen.

perlakuannya padamu masih sama via weheartit.com

“Mencuri kesempatan buat ngobrol dan mengenang masa lalu. Saya juga akan bercanda, menggodanya tentang perdebatan konyol yang pernah terjadi di antara kami.”

Nina, 20, Bandung

Dia masih sering mengingatkanmu tentang kelakuan-kelakuan dan kekonyolan yang dulu sering kalian lakukan. Bahkan dia juga masih sering melakukan kebiasaan yang sering dia lakukan padamu dulu.

Meskipun dengan nada bercanda, tapi jika dia seringkali melakukan hal-hal itu padamu, kamu boleh saja menaruh rasa curiga padanya. Mungkin itu adalah kode darinya yang ingin mengjakmu berpacaran lagi.

8. Walau kandas, hubungan kalian pernah dihinggapi cinta. Ia pun berusaha mengajakmu bernostalgia dengan berbagai cara.

Dia mengajakmu bernostlgia via s1232.photobucket.com

“Kalau mau balikan, aku akan ngajak dia ke tempat wisata yang dulu mau kita datangi untuk ngerayain hari jadi, tempat yang belum sempat kita datangi karena udah putus duluan.”

Elly, 19, Yogyakarta

Mengenang nostalgia bersama adalah salah satu cara yang ampuh untuk menghadirkan kembali suasana romantis di antara kalian berdua. Wajar saja kalau kamu merasa ada gelagat yang aneh padanya, karena bisa saja dia memang sengaja melakukan itu agar kamu luluh kembali padanya.

Bernostalgia bersama tentang hal-hal manis yang pernah kalian lakukan berdua semasa pacaran dulu, mengenang hari-hari penting kalian berdua, adalah kode besar darinya yang bisa berarti bahwa dia ingin mengulang kembali masa-masa itu bersamamu lagi.

9. Dia pun berusaha menunjukkan betapa berbedanya dia yang sekarang. Kini dia sudah pantas mendampingimu di masa depan.

Dia mencoba lebih baik di hadapanmu via pixgood.com

“Lakukan pendekatan, jangan terlalu intens setiap hari. Buat dia penasaran mengapa kamu terlihat lebih baik dan lebih cantik setelah tidak lagi bersama dengan dia.”

Ska, 24, Bekasi

Jika kamu masih berteman dan behubungan baik dengannya, apakah dia selalu mencoba untuk terlihat lebih baik dari yang biasanya di hadapanmu? Kemungkinannya adalah antara dia ingin membuatmu menyesal karena putus dengannya, dan yang kedua adalah karena dia ingin membuatmu terpesona lagi kepadanya.

Jika sikapnya padamu masih sangat manis, bisa jadi karena dia memang benar-benar ingin membuatmu penasaran dan tertarik lagi padanya. Dia ingin menarik kembali perhatianmu, karena dia ingin jadi kekasihmu kembali.

Bagaimana? Apakah mantan-mantanmu sekarang sedang melakukan gelagat-gelagat seperti di atas? Kamu boleh curiga, karena bisa jadi dia memang ingin mengajakmu untuk pacaran lagi! :p