Normalnya, semua orang pasti punya mimpi. Tak heran, sejak masa TK pun, anak-anak mulai disuguhkan dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai cita-cita. Mimpi dan cita-cita pada dasarnya sama. Mimpilah yang akan mengantarkan seseorang pada cita-citanya. Jadi, jika seseorang tidak mempunyai mimpi, kemungkinan besar hidupnya bagaikan tanpa arah dan tujuan.

Namun banyak dari kita yang hanya menikmati mimpi itu — tertidur pulas dan enggan terbangun untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Kadang kita sendiri mudah menyerah dengan mimpi-mimpi yang sudah kita gantungkan setinggi langit, tanpa lebih keras lagi berusaha untuk membuat pesawat ulang alik untuk mencapainya.

Bermimpi adalah salah satu cara agar kita bisa memotivasi diri kita sendiri, tapi itu saja tidak cukup. Kita juga perlu bukti bahwa mimpi yang sudah kita ciptakan itu nyata adanya. Karena itulah kita tak cukup hanya menjadi seorang pemimpi ulung, tapi juga harus mau untuk menjadi seorang pengejar mimpi yang tangguh. Tapi, sebelum kita berlari terlalu kencang, ada hal-hal yang perlu kita tahu tentang proses dalam mengejar mimpi, dan berjanjilah untuk selalu percaya dengan hal ini.

1. Jangan menghalangi dirimu sendiri untuk berimajinasi, melukis mimpi, dan bereksplorasi. Tanpa itu semua, impianmu hanya akan menjadi mimpi di siang bolong.

Jangan takut berimajinasi dan mengeksplor diri. via weheartit.com

Bersyukurlah kamu yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Bukan berarti kepo selalu mempunyai makna negatif yang biasa diartikan orang banyak, tapi sebetulnya kepo juga punya sisi positif. Semakin besar kita mempunyai rasa penasaran terhadap sesuatu, maka semakin banyak pula hal yang bisa kita dapatkan dan pelajari darinya. Kamu jadi semakin punya keinginan yang kuat untuk bereksplorasi terhadap segala hal yang menarik perhatianmu.

Advertisement

Kamu pun tak perlu malu menjadi orang yang penuh dengan imajinasi. Seseorang yang sering berimajinasi, bukan berarti dia gila atau rada kurang waras. Tapi, seseorang yang pandai berimajinasi biasanya memiliki kadar kreatif yang cukup tinggi. Karena, Ia terbiasa bermain dengan dunia yang ia kendalikan sendiri berdasarkan apa yang muncul di dalam pemikirannya, tak hanya itu, dia juga adalah orang yang inovatif dan selalu berinisiatif untuk mewujudkan semua imajinasinya.

Mimpi juga wajib untuk dilukiskan. Karena, mimpi jika hanya diikrarkan atau dipikirkan saja, bisa hilang ditengah jalan jika ada sesuatu yang menghalangi berkembangnya mimpi tersebut. Jika kita melukis dan menggambarkan mimpi di pikiran kita dengan sungguh-sungguh, maka ini akan membuat kita semakin mencintai mimpi tersebut dan segera bertekad untuk memiliki mimpi tersebut. Jadi, hal ini bisa membantu kita bersemangat demi mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

2. Fokus dan yakin pada setiap mimpi-mimpi yang telah kamu ukir indah di dalam otakmu. Hal semustahil apapun bisa menjadi kenyataan jika kamu meyakininya!

Yakin pada mimpi dan cita-citamu via weheartit.com

Pada dasarnya, tidak mudah mewujudkan mimpi, apalagi kita memimpikan sesuatu yang sangat tidak biasa dan bisa dibilang tidak masuk akal. Dalam artian, kita memimpikan sesuatu yang bahkan tidak pernah terbayangkan akan terjadi dalam kehidupan kita. Tapi yakinlah, Tuhan tidak pernah memandang sebelah mata atas kerja keras atau perjuangan makhlukNya.

Jadi, percayalah, tidak ada seuatu yang tidak mungkin di dunia ini. Kamu pasti kenal Justin Bieber kan? Siapa yang menyangka, seseorang yang awalnya hanya bocah kecil yang suka mengamen, justru sekarang bisa menjadi popstar wideworld.

Janganlah berkecil hati jika kamu memimpikan suatu mimpi yang mana kamu tidak ahli dalam bidangnya! Pada dasarnya, semua orang mampu melakukan apapun, asalkan dia mampu berusaha dan terus berlatih utnuk mewujudkannya — itulah namanya perjuangan. Mimpi yang jadi kenyataan akan sebanding harganya dengan usaha yang harus kita keluarkan. Semakin tinggi kita bermimpi, maka semakin besar pula perjuangan yang harus kita lewati, dan semakin banyak pula rintangan yang harus kita lalui.

3. Tak usah ambil pusing dengan ocehan orang sekitar tentang kekuranganmu dan mimpimu. Satu-satunya cara membungkam mulut mereka hanyalah dengan membuktikannya.

Tak usah pusing mendengarkan ocehan orang lain. via elmeme.me

Mereka bukanlah siapa-siapa, dan bahkan mereka tak mempunyai hak untuk memutuskan bahwa kamu harus berhenti bermimpi. Jika mereka berbicara tentang kejelekan yang ada pada dirimu, maka percayalah, yakinkanlah hatimu jika memang semua manusia adalah tempatnya kesalahan dan tidak ada manusia yang perfect. Jika kamu merasa pernah melihat orang disekitarmu ada yang perfect, ya mungkin kamu belum tahu saja bagaimana kehidupan sesungguhnya yang dia alami.

Mimpi juga tidak mudah di raih seperti kita mengambil buah mangga langsung dari pohonnya dengan alat bantu kayu panjang. Tapi, mimpi ibarat kita mengambil buah mangga tanpa menggunakan alat bantu apapun melainkan harus memanjat. Semakin tinggi letak buah mangga tersebut, maka semakin sulit pula kita mengambilnya.

Tak ada gunanya kita mendengarkan kata orang lain yang pada akhirya hanya bisa mengubur mimpi-mimpimu. Jadikan saja kata-kata pedas mereka sebagai peicumu untuk membuktikan kepada mereka bahwa kamu bisa mewujudkan sesuatu hal yang menurut mereka itu mustahil. Percayalah, ini bukan tentang apa kata orang, tapi ini adalah tentang mimpi besarmu yang harus kamu wujudkan.

4. Kadang kita sering lupa bahwa kekuatan terbesar dalam diri kita adalah pikiran yang positif. Dalam kondisi dan situasi apapun, berusahalah untuk terus berpikir positif.

Jangan lupa untuk terus berpikir positif via blog.ideales.gr

Dipikiran seseorang biasanya akan muncul pikiran-pikiran negatif yang hanya akan menghambat diri kita untuk mewujudkan sesuatu. Sesungguhnya, Tuhan menentukan takdir sesorang berdasarkan prasangka makhluknya. Jadi percayalah, jika kamu saja tidak mempercayai dirimu sendiri, bagaimana kamu bisa mempercayai mimpi-mimpi tersebut? Janganlah kamu memangkas dirimu sendiri untuk berhenti di tempat dan membatalkan semua mimpi yang telah kamu lukiskan.

Go ahead! Dunia ini terlalu indah bagi kamu pemimpi-pemimpi sejati yang bukan sekadar bermimpi, tapi juga bekerja keras demi mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Teruslah positive thinking apapun yang terjadi padamu. Tak mudah memang, tapi berusaha untuk berpikir positif adalah salah satu bagian dari proses berjuang.

5. Jangan hanya diam membisu dan berpangku tangan, karena sebaik-baiknya manusia adalah dia yang mau menyuarakan pendapat dan mau mengambil keputusan.

Utarakan pendapat dan keinginannmu. via weheartit.com

Jika kita selalu diam dan takut untuk menyuarakan pendapat kita. Kalau kita diam saja, bagaimana orang lain bisa tahu apa yang sedang kita pikirkan, Apa yang sedang kita inginkan, dan apa yang sedang kita usahakan. Orang tidak akan pernah tahu mimpi-mimpi kita, padahal untuk mencapai mimpi kita membutuhkan bantuan dari orang lain juga.

Dan janganlah takut untuk terjerat suatu masalah. Dengan terjerat suatu masalah, kita dapat memperkaya pengalaman dan melatih diri untuk bersikap bijak dalam menyelesaikan masalah. Jika kita selalu dihantui oleh perasaan takut, maka semakin kecil nyali kita untuk meraih cita-cita. Belajarlah untuk menjadi orang bijak itu, dimana kita akan selalu berani mengambil keputusan dan menanggung setiap konsekuensinya.

Jadi, jangan takut apapun ya kawan! Selama kita berada di jalan yang benar, suarakan hati dan keinginan kalian! Karena suara hati tidak bisa didengar oleh yang lain.

6. Lebih terbukalah terhadap lingkungan sekitarmu. Siapa tahu kamu bisa mendapat informasi dan peluang yang bisa mengantarkanmu selangkah lebih dekat dengan mimpi-mimpi kita.

Terbukalah dengan keadaan sekitar via ieshua.org

Janganlah menjadi seseorang yang pasif, karena sudah pasti kita tidak akan pernah sampai pada mimpi-mimpi kita jika kita hanya bersikap pasif dengan segala kemungkinan dan kesempatan. Perkaya wawasan dengan selalu menggali informasi terhangat di sekitar lingkungan juga merupakan faktor yang mampu mengantarkan kita selangkah lebih dekat dengan mimpi-mimpi kita.

Terkadang bersikap agresif sangat dibutuhkan demi mewujudkan cita-cita. Bukan berarti kamu egois kok, karena sikap agresif di sini adalah bentuk dari keaktifanmu dalam berusaha mencari celah di setiap peluang. Tapi, tetap harus diingat, jangan keluar dari batas ya! Sewajarnya saja. Selalu perhatikan situasi dan kondisi, dan hanya kamulah sendiri yang bisa melihat sebatas mana kamu harus agresif.

7. Jangan terlalu mengumbar mimpi-mimpi yang ingin kamu wujudkan. Bekerjalah dalam diam, cukup orang-orang yang kamu percaya dan yakin padamulah yang tahu perjuanganmu!

Ceritakan ambisimu pada orang terdekatmu saja. via www.collective-evolution.com

Sah-sah saja, jika kamu ingin sharing tentang mimpi apa yang ingin kamu miliki. Tapi, jangan terlalu mudah percaya dengan orang lain. Ada, orang yang memang benar-benar mendukungmu, tetapi ada juga orang yang tidak benar-benar mendukungmu.

Jadi, lebih baik kamu bercerita pada orang yang benar-benar kamu percaya — orangtua misalnya. Jika kamu malu bercerita pada mereka, berceritalah pada adik atau kakak tertuamu. Mungkin merekalah yang bisa membantumu dengan tulus ikhlas untuk mewujudkan mimpi-mimpimu.

Jika suatu saat kamu harus mendengar komentar pedas yang terlontar dari bibir-bibir orang di sekitarmu, sudahlah. Let it all go! Tutup telingamu rapat-rapat. Jangan pedulikan apa kata orang, karena kita tidak bisa menutup mata bahwa ada orang-orang di sekitar kita yang berperan antagonis. Inilah kehidupanmu, terkadang hanya diri kita sendiri yang mampu menyemangati.

Itulah tips-tips menjadikan mimpi selangkah lebih dekat dan menjadikan mimpi-mimpi menjadi suatu hal yang nyata. Bukan lagi suatu fiktif atau khayalan belaka. Semua itu didasarkan atas beberapa faktor, yaitu kemauan, keyakinan, kerja keras, selalu berpikir positif, lalu berdoa. Semoa bermanfaat, dan tetap semangat menwujudkan impian kita! 🙂