Banyak calon mahasiswa baru yang enggan melirik Fakultas Bahasa sebagai tempat menimba ilmunya kelak, lebih banyak yang memilih Fakultas Teknik, Kedokteran, atau Ilmu Sosial. Walaupun nggak sepopuler fakultas-fakultas tersebut, tahukan kamu jika menjadi mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia itu ternyata sangat mengasyikkan, lho!

Buat kamu yang sebentar lagi lulus SMA dan sedang menimang-nimang hendak masuk ke jurusan apa saat kuliah nanti, atau mungkin kamu sudah mulai tertarik dengan jurusan ini, berikut ini ada beberapa alasan logis mengapa kuliah di jurusan Bahasa Indonesia itu mengasyikkan!

1. Sebagai warga negara Indonesia, kamu akan lebih melek tentang pentingnya bahasa Indonesia bagi persatuan bangsa Indonesia

Pentingnya bahasa Indonesia bagi kita via traitorlike8.rssing.com

Agar tetap bisa bersatu sebagai sebuah negara kesatuan, maka bahasa adalah senjata pamungkasnya. Orang Jawa dengan orang Sulawesi akan kesulitan berkomunikasi apabila tidak menggunakan bahasa Indonesia, itulah mengapa bahasa Indonesia menjadi sangat penting dalam persatuan bangsa kita.

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu sebagai mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia akan sadar bahwa kelestarian bahasa Indonesia ada ditanganmu, dan kamu pun akan sadar bahwa bahasa yang baik dan benar itu penting dan tidak boleh kalah dengan bahasa gaul kekiniaan atau bahasa Inggris yang sudah semakin banyak dipergunakan para remaja dewasa ini.

2. Di jurusan Bahasa Indonesia, kamu diberi kebebasan untuk menyalurkan bakat dan pendapat melalui tulisan dan kamu tahu bagaimana cara menyalurkannya!

Advertisement

Kamu bebas menyalurkan pendapat melalui tulisanmu via salamvauziya.blogspot.com

Banyak hal yang bisa dijadikan media menyampaikan pendapat, entah mengenai negeri ini, mantan, kehidupan sosialmu, dan lain-lain. Kebanyakan remaja mengalami kesulitan untuk menyalurkan pendapatnya, di jurusan ini kamu akan diajarkan bagaimana menyampaikan pendapat tanpa harus berdemo secara anarkis.

Dengan melalui media tulis, kamu akan tahu bagaimana sebuah tulisan seperti puisi, cerpen, atau artikel bisa menjadi media penyalur pesan yang lebih dari hanya sekadar hiburan semata. Himpunan mahasiswa biasanya akan lebih intens untuk mewadahi minat menulis kamu, mulai dari kegiatan mingguan maupun bulanan.

Biasanya akan banyak informasi mengenai lomba-lomba atau acara tentang kepenulisan dan sastra. Kamu pun akan lebih banyak belajar dan berlatih menulis. Mintalah pendapat pada kakak tingkatmu atau teman sekelas tentang tulisanmu. Selain itu biasanya ada semacam buletin yang memuat info-info seputar kampus yang isinya ditulis dan diorganisir oleh mahasiswa sendiri.

3. Sejak awal perkuliahan kamu diajari dan dituntut untuk menulis dengan baik dan benar oleh para dosen, sehingga kamu akan lebih mudah dalam membuat makalah atau karya tulis

Kamu belajar mengenai teknik penulisan yang baik dan benar via palimpsest.lss.wisc.edu

Saat mahasiswa jurusan lain kelimpungan dalam menyusun tugas makalah dan karya tulis, kamu akan lebih merasa tenang. Biasanya dosen jurusan Bahasa Indonesia menuntut mahasiswanya harus bisa membuat makalah secara baik dan tepat semenjak semester dini.

Dosen akan lebih bertindak tegas dalam masalah teknik penulisan maupun isi.  Ini yang membuat mahasiswanya mau tidak mau harus membuat makalah dengan baik dan tidak asal-asalan, karena ada beberapa dosen yang tidak akan memberikan nilai apabila makalahnya masih ecek-ecek dalam hal penulisan dan isi.

Meski awalnya terdengar mudah, tetapi pada kenyataannya itu tak semudah menulis buku harian. Beruntunglah jika kuliah di jurusan ini karena dari awal perkuliahan sudah belajar menerapkan teknik pengetikan yang baik dan benar dalam setiap tugas. Nah, ini juga bisa jadi peluang buat mahasiswa Bahasa Indonesia yang mau menambah uang jajan, yaitu membuka usaha jasa pengeditan makalah bagi teman-teman yang lain.

4. Jika kamu dulu sering menganggap bahasa Indonesia itu sepele, di jurusan inilah kamu akan sadar betapa pentingnya bahasa Indonesia dalam berbagai bidang pekerjaan

Tambah uang saku dengan jadi penulis via www.hongkiat.com

Pekerjaan mana sih yang tidak membutuhkan bahasa? Ketika masuk ke jurusan ini kamu akan menyadari bahwa bahasa akan mempermudah kita dalam banyak bidang pekerjaan. Misalkan kamu ingin pekerjaan sampingan menjadi penyiar radio, public speaking akan di pelajari di jurusan ini.

Buat yang suka bikin-bikin film pendek, kemampuan kamu dalam menulis akan sangat dibutuhkan dalam pembuatan sekenario cerita. Selain itu kamu akan dapat dengan mudah membantu rekan yang ingin membuat lamaran pekerjaan, CV dan lain-lain, atau bahkan kamu bisa membantu adik mengerjakan tugas mengarang. Cukup bermanfaat ‘kan?

5. Diam-diam, bahasa Indonesia semakin banyak dilirik oleh dunia, lho! Banyak mahasiswa asing datang ke Indonesia untuk mendalami Bahasa Indonesia

Banyak mahasiswa asing belajar bahasa Indonesia via balimanual.com

Setelah berkuliah beberapa lama, kamu akan menyadari bahwa di sekitar kelasmu berkeliaran bule-bule Australia, Korea, Jepang dan lain-lain. Jangan salah kira mereka itu turis yang nyasar ya! Mereka itu biasanya mahasiswa pertukaran yang didatangkan langsung ke Indonesia untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Hal ini membuktikan bahwa sekarang bahasa Indonesia itu sudah mulai mendunia, banyak orang luar negeri yang ingin belajar bahasa kita. Entah itu untuk kepentingan bisnis maupun karena memang mereka tertarik dengan kebudayaan dan bahasa kita.

Bahasa Indonesia kini sudah mulai dipertimbangkan di kalangan internasional. Kita sebagai orang Indonesia sudah sepatutnya bangga, jangan mau kalah dengan mereka tentunya. Mengingat banyak orang dari negara lain yang tertarik untuk belajar bahasa Indonesia, sebagai orang Indonesia asli bukan tidak mungkin kita punya kesempatan keliling dunia untuk membawa bahasa kita. Mengasyikkan bukan?

6. Hal lain yang menarik saat kuliah di jurusan ini adalah kamu akan diajak napak tilas mengenai perkembangan sastra Indonesia maupun luar negeri

Belajar tentang perkembangan sastra dalam maupun luar negeri via g4d4adventure.wordpress.com

Di jurusan ini kita akan mempelajari sejarah perkembangan sastra baik dari Indonesia maupun luar Indonesia, kita pun akan lebih mengenal siapa saja tokoh berpengaruh di zamannya, hal ini bisa menambah pengetahuan kita tentang aliran-aliran pada setiap karya.

Kita pun akan dengan mudah untuk menentukan kearah aliran mana karya kita akan berlabuh, entah itu romantisme, realisme, naturalisme atau bahkan absurdisme sekalipun.

7. Saat kamu sedang jatuh cinta maupun patah hati, kamu bisa menghasilkan karya-karya puitis yang antimainstream

Kamu bisa jadi orang yang puitis via fbs.uny.ac.id

Anak jurusan Bahasa Indonesia kalau mau PDKT sama gebetan itu gampang, terlebih lagi gebetannya bukan dari jurusan Bahasa Indonesia. Kasih saja sebait puisi dengan pemilihan kata yang indah dan menyentuh, gebetan pasti langsung meleleh dan klepek-klepek nggak karuan. Mereka pasti akan menganggap kamu keren karena bisa merangkai kata-kata yang manis dan menyentuh hati bak pujangga dari kayangan.

Kalau galau, anak jurusan Bahasa Indonesia nggak akan galau dengan cara yang norak dan mengganggu, justru mereka bisa mengekspresikan diri dengan kata-kata anti mainstream dan indah, karena terinspirasi dari banyak puisi yang kalian telaah dan pelajari di kelas.

8. Tak usah khawatir soal lapangan pekerjaan, karena lulusan mahasiswa dari jurusan Bahasa Indonesia itu sangat dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan

Kamu bisa jadi guru bahasa Indonesia di luar negeri via cikalnews.com

Satu hal yang paling penting adalah tujuan akhir dari menimba ilmu di jurusan ini, mungkin jika sekilas dipikir-pikir kamu akan sedikit bingung nantinya melamar pekerjaan dimana. Kamu tak usah khawatir, lulusan dari jurusan Bahasa Indonesia itu sangat dibutuhkan dimanapun.

Kamu bisa menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah formal maupun bimbingan belajar.Tak berhenti sampai di situ, kamu juga bisa menjadi pengajar untuk orang asing diluar atau di dalam negeri. Tentunya akan mengasyikkan bekerja sambil jalan-jalan ke berbagai negera, ‘kan?

Bisa pula menjadi penelaah bahasa yang bergulat dengan linguistik, atau menjadi sastrawan, penulis bahkan jurnalis. Semuanya akan berkutat dengan bahasa dan ilmu yang sudah kamu dapat selama di bangku kuliah. Jadi jangan lagi berpikir kalau kuliah di jurusan bahasa Indonesia itu lapangan kerjanya sempit ya!

Jadi gimana nih, masih ada yang bimbang atau malah tambah bingung? Begitulah sekelumit gambaran mengenai jurusan Bahasa Indonesia. Meskipun banyak yang mengatakan bahasa Indonesia itu sulit, takkan ada yang sulit selama kita mencintai apa yang kita kerjakan. Suatu kebanggan tersendiri bagi kita saat menjadi salah satu agen pelestari bahasa Indonesia, bahasa persatuan negara kita tercinta Indonesia.

Kredit gambar andalan: fbs.uny.ac.id