Kamu pasti pernah jomblo, kan? Atau mungkin sekarang kamu lagi jomblo? Nggak masalah, jomblo itu nggak hina kok! Justru itu kesempatan kita untuk memantaskan diri supaya dipertemukan dengan jodoh! Hehehe…

Jadi seorang jomblo itu memang ada enak dan nggak enaknya. Yang bikin nggak enak itu salah satunya adalah sering banget dibilang orang yang galau, kesepian, dan merana — ngenes deh pokoknya!

Tapi jadi jomblo gak perlu sesedih itu kok! Nah, berikut ini adalah pendapat-pendapat dari kamu tentang bagaimana caranya supaya nggak jadi jomblo merana. Simak aja langsung yuk pendapat-pendapat dari kamu!

Meningkatkan dan Memperbaiki Kualitas Diri

Saatnya memperbaiki diri via media.showbiz.vn

“Tingkatkan kualitas diri. Justru karena kamu sedang sendiri, kamu punya banyak waktu yang bisa kamu habiskan untuk dirimu sendiri. Melakukan hal-hal yang bisa buat kamu bahagia tak mesti dengan berpasangan, kan?”

Mei, 21 th, Palu

” Nikmati bebasmu sekarang, sebelum kamu nikmati ikatan bernama pernikahan atau pacaran. Jangan tenggelam dalam kesedihan sebagai jomblo ngenes. Habiskan waktumu untuk mengejar mimpi, menambah teman, jalan-jalan, dan memperbaiki diri.”

Mamoru, 20 th, Solo

“Lebih banyak diam, merenung, refleksi agar kita lebih paham diri kita. Paham hal-hal yang disukai dan tidak disukai, sehingga kita dapat menghabiskan waktu dengan kegiatan produktif yang kita sukai. sehingga kita terhindar dari rasa merana dan galau.”

Deni, 23 th, Banyuwangi

“Mungkin coba cari kegiatan yang menghasilkan. Saat kamu sudah berpenghasilan, cewek mulai lirik kamu karena kamu itu berkualitas di mata mereka. Jadi terus aja deh melangkah.”

Maphy, 2o th, Berastagi

Tekuni Hobi. Lakukan Aktivitas dan Hal-hal Baru, Biar Lupa Kalau Jomblo!

Advertisement

Tekuni hobimu. Menulis mugkin? via www.styleabaad.com

“Jalani hobi semaksimalnya, fokus membenahi sikap untuk jadi diri yang lebih baik. Saat diintimidasi? Katakan: “aku lagi fokus mendalami Conceptual Self Portrait, ngebahagiain anak orang bukan jalanku, jalanku ya ngebahagiain diri sendiri dan orang tuaku”.”

Yogi Yuanda, 22 th, Tebing Tinggi

“Menekuni hobi, siapa tau bisa jadi penghasil uang. Kan keren tuh, jomblo yang mapan, ntar cowok juga datang dengan sendirinya hehe..”

Hanny, 26 th, Medan

“Intinya sibukkan diri dengan ikut acara yang bermanfaat. Jadi sukarelawan, mencoba hal baru mumpung masih bebas.”

Lisa, 23 th, Bekasi

“Banyak hal yang bisa dilakukan. Saat malming, manfaatkan waktu buat pergi fitness, sekalian luapin emosi dengan lari. Di waktu luang bisa manfaatin baca buku atau baca artikel kayak Hipwee.”

Jaja Jaenudin, 22 th, Cirebon

“Perbanyak kegiatan positif dan berusaha memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya bagi orang lain. Harus punya rasa ‘masa bodo’ ketika ada yang nge-bully kejombloan kita.”

Veec, 23 th, Surabaya

“Waktu luang bisa dipakai buat menggeluti hobi daripada meratapi handphone yang tak kunjung berdering. Manjakan diri buat menikmati indahnya sunset atau perawatan kecantikan lainnya, bisa mengujungi tempat dan bertemu orang-orang baru.”

Golda Marlesa Elgavia, 26 th, Kupang

“Kembangkan seluruh bakat dan talenta yang kita punya. Tidak ada waktu lagi untuk jadi galau, sedih, gusar karena gak ada pacar. So, pakai kesempatan ini mengembangkan apa yang kita miliki saat ini.”

Freddy Andreas, 20 th, Pangkal Pinang

“Jomblo yang aktif justru lebih bisa produktif menghasilkan karya-karya yang hebat. Jomblo yang memiliki jiwa optimis lebih memikirkan untuk memantaskan diri agar mendapatkan seseorang yang dipantaskan Tuhan untuk mendampingi hidupnya.”

Anwar, 20 th, Medan

Quality Time Bareng Keluarga dan Teman-teman (Sesama Jomblo)

Main bareng teman-teman sesama jomblo via vk.com

“Jangan merasa bahwa jomblo itu kasihan, motivasi diri sendiri aja kalau jomblo itu bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk melakukan hal hal yang lebih penting, contohnya karir, keluarga dan teman teman.”

Ifa Hayatun Nafiah, 19 th, Batang

“Main bareng sama teman-temankelas, komunitas, juga keluarga. Yang jelas gak nyinyirin temen atau orang yang udah punya pacar, takut kena karma. Hahahaha.”

Laras, 23 th, Yogyakarta

“Ya bersenang-senang dengan teman yang sama-sama jomblo, biar semakin mempererat silaturahmi.”

Rizka NH, 19 th, Kediri

“Temenan sama “jomblo bahagia”, temenan sama mereka yang pikirannya lebih terbuka. Jangan ngomongin lawan jenis terus, ngomongin ide, film atau apapun yang lebih keren.”

Rizki, 23 th, Bandung

“Kumpul bareng temen-temen, sukur sukur yang sama jomblonya.”

Edita, 19 th, Kebumen

“Buatlah proyek besar dengan para jomblo, dan bentuk aja komunitas jomblo jomblo happy haha..”

Firmansyah, 24 th, Jakarta

“Isi waktu bersma teman dan keluarga yang bisa membuat kita merasa bahagia dan bermanfaat. Gak mikirin mantan terus, dan ada keinginan buat move on.”

Nidar, 19 th, Palembang

“Nonton film sendiri atau bareng teman-teman akrab. Datang main ke rumah teman yang sama-sama jomblo seperti kita.”

Christin, 24 th, Bekasi

Santai Aja, Jomblo Itu Asik-asik Aja Kok!

Jomblo itu asik.. Salam mblo!! via www.youtube.com

“Udah jomblo 25 tahun tapi gak pernah merana tuh. #udahkebal #asikasikaja *tidak menjawab pertanyaan*”

Adisti, 25 th, Jakarta

“Berkumpul dengan orang-orang yang lagi galau karena lagi berantem sama pacarnya, maka kamu pun akan bersyukur betapa nikmatnya jomblo :D”

Verenna, 22 th, Bandung

“Tidur lebih cepat pas malam minggu. Toh lama kelamaan bakalan lupa sensasinya jalan bareng dan lupa udah berapa tahun nge-jomblo.”

Asep Hilman Hidayat, 21 th, Kuningan

“Nikmati hidup. Saat jadi jomblo nikmati jadi jomblo, saat pacaran nikmati pacaran, saat LDR-an nikmati LDR-an. Semua ada enaknya dan ga enaknya, yang penting nikmati aja dan bersyukur.”

David Silaen, 20 th, Solo

“Ya gampang… Pacaran aja, meski yang dipacari itu adalah diri sendiri. ‘Kan enak tuh, bisa sayang-sayang diri sendiri, hehe…”

Februl Defila, 23 th, Padang

“Jomblo masa-masa indah yang menandakan kebebasan anak muda. Anak muda dengan semangat jomblonya pasti produktif. mari nikmati masa masa jomblo. Ada kredo menarik JOSH (Jomblo sampai Halal). Jangan sia-siakan masa muda kamu hanya karena budak cinta #Prinsip.”

Husain, 23 th, Malang

Pikirin aja hal-hal yg sering bikin kesel sewaktu pacaran. Intinya sih lo ngerasa BEBAS BANGET. Ga bakalan stres lagi mikirin mantra-mantra seperti: “terserah” “kamu ga peka”, “kamu tuh ga pernah ngertiin aku” Hahaha..”

Iqbal 19 th, Sidimpuan

Jomblo Itu Nggak Merana, Yang Merana Itu Kalau Lagi Nggak Punya Duit!

Mending jomblo daripada gak punya duit via lolsheaven.com

“Waduh… Kalau gue ya yang bikin merana bukannya gak punya pasangan, tapi gak punya kerjaan dan gak ada pemasukan alias duit!”

Rizal, 28 th, Palembang

“Walaupun aku udah jomblo 2 tahun, tapi aku nggak merasa merana kok karena gak ada pacar. Justru yang bikin merana itu kalo lagi bokek…hehe. aku biasanya habisin waktu aku dengan lakuin hobiku — enjoy deh.”

Siti Rohbiyah, 23 th, Bandung

“Ngapain merana jadi jomblo? Ya sedih sih kadang kalau temen-temen udah pada jalan ama pacarnya masing-masing. Tapi jauh lebih sedih lagi kalau gue gak punya duit. Percuma juga pacaran tapi sama-sama kere, sama-sama merana!”

Abe, 25 th, Bogor

Bagaimana pendapatmu? apakah kamu setuju dengan cara-cara di atas? Sedang jomblo itu bukan berarti kita sedang kesepian dan merana, kan? Banyak hal bermanfaat yang bisa bebas kita lakukan untuk diri kita sendiri dan orang lain. Kata siapa orang jomblo nggak bisa bahagia? Orang jomblo juga bisa pamer kebahagiaannya ke orang-orang yang udah punya pasangan. Setuju nggak?

Kalau kamu masih punya cara lain dan lebih ampuh supaya nggak jadi jomblo ngenes, kasih tahu caranya di kolom komentar dong! Hipwee mau mendengarnya! 🙂