Saat ini, semakin banyak perempuan Indonesia yang terang-terangan menunjukkan bahwa mereka merokok. Lingkungan mereka pun sudah lebih bisa menerima. Tapi tetap saja, masih ada mereka yang menentang keras. Memang, gambaran cewek sebagai makhluk yang lembut, halus, dan anggun tidak klop dengan citra rokok yang maskulin. Akibatnya, cewek merokok seringkali dianggap menjijikkan, nakal, serta tak bermoral.

Tapi apakah rokok memang mencerminkan kepribadian seorang perempuan? Ataukah itu hanya opini kita yang dipengaruhi tradisi lama? Nah, berikut ini adalah opini-opini pembaca Hipwee tentang cewek merokok. Banyak yang menantang, ada yang menerima, ada juga yang membela dirinya. Simak yuk!

Mereka yang Punya Pandangan Negatif Terhadap Cewek Perokok

Kristen Stewart seorang perokok. Apakah dia terlihat liar dan nakal? via celebritiessmoking.tumblr.com

“Cewek nakal. Bisa ‘dipake’, atau paling nggak pernah dipake.”

Adam, 23 th, Banjarmasin

“Cewek ngerokok itu nakal, istilahnya “cabe-cabean”. Bayangin deh, kita baru lihat aja udah jijik.”

Hatta, 15 th, Bojonegoro

“Cewek gak bener, gak dididik orang tua dengan benar.”

Dylan, 21 th, Malang

“Nakal, pergaulannya gak bener, gak sayang sama diri sendiri. Ngerusak kesehatannya sendiri itu hal paling bodoh. Cewek ngerokok itu pokoknya nggak banget.”

Laras, 23 th, Yogyakarta

“Bandel, liar, ga enak dipandang! Cewek baik itu harus bisa menjaga kesopanan, harga diri, dan martabatnya supaya dilihat oleh semua orang baik! Caranya bukan dengan merokok.”

Selfy Mulyanita, 15 th, Pandeglang

“Gak sedap aja dipandang mata. Walaupun aku cewek, tetep aneh liat cewek merokok. Kayak gak tau etika.”

F. Ana. S, 20 th, Kediri

“Pasti hidupnya bebas, biasanya gitu sih yang gue pikirin. Apalagi kalau liat cewek-cewek ngerokok yang masih muda.”

Ully, 19 th, Tangerang

“Cewek itu kurang perhatian dari orang tuanya.”

Nuni Deawini, 19 th, Garut

“Cewek merokok itu nakal, nggak baik, dan preman pokoknya. Kalau cewek ngerokok itu NGGAK BANGET DEH!!”

Reza, 22 th, Yogyakarta

“Cewek yang merokok itu gak banget! Dia gak sayang sama tubuh dan juga isi dompetnya, hahaha! Apa gunanya para cewek melakukan perawatan ini-itu kalau tetap merokok? Jelas sekali merokok itu tidak memberikan manfaat sama sekali bagi tubuh. Jadi, untuk apa gunanya merokok kalau hanya sebagai pelampiasan dan kenikmatan semata? Apalagi bagi masyarakat yang menjunjung adat Timur, liat cewek yang merokok itu sesuatu yang sangat tabu dalam masyarakat.”

Fina, 23 th, Aceh

Beberapa Juga Prihatin Terhadap Kesehatan Cewek Perokok

Apakah mereka tidak memperhatikan kesehatannya? via sexandthestate.com

Advertisement

“Duh, tolong dong sisihkan waktu sejenak buat mikirin efek samping. Udah jelas-jelas tertera bahwa merokok dapat mengganggu janin. Kasian suami sama anak kamu nanti.”

Farid Arrasyid, 17 th, Bogor

“Agak prihatin dan ingin memberitahu bahwa cowok merokok itu gak baik untuk kesehatan. Apalagi cewek? saya cowok aja gak merokok, kenapa bisa cewek malah merokok?

Tio Setiawan, 19 th, Brebes

“Gak pantas…Lagipula kasihan badanya, bahaya..”

Meila, 21 th, Magelang

“Prihatin. Di indonesia sendiri udah tercatat banyak banget cewek yang ngerokok. Sedih rasanya.. Teman kerjaku cewek juga ada yang ngerokok, akhirnya sakit-sakitan terus. Sadar girls. kalian tetap cantik kok walau tanpa ngerokok. Daripada kalian sakit-sakitan, tanggung sendiri.”

Ariyanti, 19 th, Jatinom

“Kasihan dan miris. Soalnya, berdasarkan pengalaman teman, dia milih ngerokok tuh karena dia ngelampiasin gejolak yang ada di hatinya dengan tidak tepat padahal merokok sangat tidak baik bagi tubuh cewek itu sendiri. Gimana nasib janinnya kelak disaat dia udah berumah tangga?”

Intan Yuan Anindita, 16 th, Cepu

“Mereka kelihatan kurang menjaga dan merawat diri. Kesannya cuek gitu, padahal rokok kan bahaya buat kesehatan terutama organ rahim.”

Uty, 21 th, Tangerang

Illfeel. Kenapa kok dia gak kasian dengan dirinya sendiri? Padahal cewek itu calon ibu yang harus menjaga kesehatannya untuk calon bayinya nanti.”

Darma, 24 th, Singaraja

“Alay, sok-sokan, liar, lagi banyak masalah, dan nggak banget.”

Nando, 21th, Palembang

Mereka yang Nggak Mempermasalahkan Keberadaan Cewek Perokok

Sudah banyak yang bisa menerimanya via courtneysmangochutney.blogspot.com

“Itu pilihan kok, gak masalah. Tapi, aku sendiri gak suka asap rokok. Cowok atau cewek, aku akan jauhin asap rokok mereka.”

Denti, 21 th, Bogor

“Biasa aja. Yang penting jangan ngajak kawan-kawan ikutan ngerokok. Kalau rusak sendiri aja, jangan ngajak-ngajak yang lain.”

Kiting, 18 th, Singkil

“Cewek ngerokok tuh biasa aja sih. Hari gini cewek ngerokok tuh udah nyebar dimana-mana. Rokok kan nggak ngejamin kepribadian perokok kayak apa. Jadi selama dia nggak ngerokok di non-smoking area sih suka-suka dia lah.

Afrillia, 25 th, Jakarta

“Aneh banget kalau kita terganggu sama perilaku orang lain yang sebenarnya gak merugikan kita. Lebih aneh lagi kalau kita terganggu CUMA KARENA JENIS KELAMIN orang itu. Jadi kalau cowok yang ngerokok, gak apa-apa gitu? Konsisten, dong! Kalau kamu nggak suka lihat orang merokok, seranglah rokoknya, bukan ceweknya!

PS: saya gak ngerokok.”

Aulia, 22, Yogyakarta

“Gakpapa. Selama asapnya gak dihembusin ke muka orang lain dan gak di dekat anak kecil.”

Fadil, 23 th, Jambi

“Cewek ngerokok bukan bad girl…bisa jadi alasan mereka sama dengan cowok yang merokok.”

Lia, 17 th, Semarang

“Merokok merupakan hak setiap manusia, mereka yang merokok sudah tahu akibatnya. Mereka hanya mencoba bahagia dengan pilihan mereka. Selama tahu sopan santun dalam tempat merokok, silahkan saja.”

Jody Baharizki, 19 th, Jakarta

“Sebenarnya itu hak mereka untuk merokok, dan cewek merokok bukan berarti punya sifat dan kelakukan yang buruk. Tapi memang untuk kebanyakan orang, melihat cewek ngerokok adalah hal yang mengganggu. Pasti ada anggapan jelek bagi mereka yang ngerokok. Dan lebih terlihat gak anggun aja. Tapi balik lagi ke pribadi masing-masing, karena itu hak mereka juga.

Deby Christi, 23 th, Jakarta

“Nakal, berani, dan wow…Tapi dibalik itu semua kita gak tau apa yang ada dalam pikiran dia. Kita nggak bisa menasbihkan cewek ngerokok itu selalu “nakal”, ada kalanya itu pelampiasan dia terhadap masalah terhadap hidupnya yang belum bisa diselesaikan secara dewasa, sehingga pelariannya adalah dengan menjadi seorang perokok.

Putri Rizky Wulandary, 17 th, Sidoarjo

“Terlepas dari alasan kenapa dia merokok, menurutku sah-sah aja. Berarti dia memang sudah benar-benar mantap mengambil keputusan untuk merokok. Asal, dia harus tahu keadaan, dan bisa menghargai perokok pasif dengan baik.”

Octaviani, 23 th, Madiun

“Melihat cewek merokok pasti kita berpikir dan men-judge negatif. Dia pribadi cewek yang gak benar, punya masalah hidup berat seperti broken home / heart . Namun pemikiran-pemikiran itu tidak semua benar, dan tidak semua salah. pasti dia punya sisi positif. She’s still ordinary girl, not perfect and not bad too.”

Mei, 21 th, Palu

“Aneh sih, tapi merokok kan hak semua orang, bukan cuma cowok aja yang boleh merokok, cewek juga boleh kok. Cuman kurang pantas aja kalo di negeri kita ini.”

Bilal, 20 th, Bandung

Para Perempuan yang Merokok pun Bersuara…

Sudah biasa dengan cap negatif yang melekat pada dirinya via you-and-cigarettes.blogspot.com

“Aku sih ngeliat biasa aja. Toh itu pilihan si cewek itu kok! Mau merokok atau nggak, itu pilihan. Saya cewek 24 tahun merokok, nilai di kampus bagus-bagus aja, skripsi dapat A, masih mau ngecap saya cewek nggak bener? HAHA!”

Dwi, 24 th, Yogyakarta

“Cewek ngerokok itu gak masalah, yang masalah itu kalau dia nyembur-nyemburin asepnya ke muka orang. Nilai cewek cuma dari rokoknya itu picik banget! Gue ngerokok karena gue emang mau, bukan karena lagi stres atau cari perhatian. Gue tau gimana negatifnya pandangan orang lain ke gue, dan gue udah terima risiko itu. Tapi, sedih aja kalo ternyata orang-orang pikirannya secetek itu. Kalau emang belum bisa berhenti nge-judge orang sembarangan, seenggaknya bisa lebih pinter dan bijak lagi deh kalau mau nge-judge orang.”

Dian, 25 th, Bandung

“Kalau liat cewek ngerokok biasa aja kali. Gue sebagai cewek yang ngerokok juga udah bisa nerima anggapan negatif ke gue, kok. Kenapa mereka rempong banget ngomentarin kita yang ngerokok? Orang-orang tahu darimana emang kalau gue nakal? Selama gue ngerokok gak ganggu orang lain, nggak masalah kan? Kalau mereka nganggep gue nggak beretika, kayaknya mereka jauh lebih nggak beretika deh daripada gue. Mereka nuduh orang seenak udel mereka sendiri tanpa tahu gimana sebenarnya orang itu. Urusin diri masing-masing aja deh sekarang.”

Shella, 27th, Jakarta

“Nakal, liar, urakan, pergaulannya bebas… Saya sering dianggap kayak gitu. Tapi setelah orang kenal saya, mereka respect kok sama saya. Yang bahaya itu bukan rokoknya, tapi berprasangka buruk pada seseorang hanya dari luarnya saja. Ngerokok atau nggak itu pilihan seseorang. Belajar untuk bertoleransi aja sih.”

Nia, 25 th, Bandung

Bagaimana pendapatmu mengenai pendapat-pendapat di atas? Semua orang berhak mengeluarkan pendapat dan opininya masing-masing. Tetapi, semoga asumsi dan opinimu tidak menjadi sebuah harga mati untuk menilai seseorang. Bagaimanapun juga, kita juga punya kewajiban untuk menjaga pikiran untuk tidak berprasangka buruk terhadap orang lain.

Kalau kamu masih punya pendapat bagus mengenai hal ini, tuliskan langsung di kolom komentar ya! 🙂