Jika sekarang kamu mulai sering melihat iklan syrup wara-wiri di layar televisi, selamat, itu artinya bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Mungkin bagi sebagian kamu bulan Ramadhan menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu di mana kamu bisa dapet cemilan gratis dari masjid setiap hari selama sebulan.

Tapi walaupun masih sebulan lagi, sambil menunggu daftar menu ta’jil diresmikan oleh dewan masjid deket rumah, gak ada salahnya kamu mempersiapkan diri kamu sendiri secara lahir batin terlebih dahulu. Siapa tahu dengan persiapan lebih dini, bulan Ramadhanmu tahun ini akan menjadi lebih berkesan dari tahun-tahun sebelumnya. Yuk, coba kita lihat daftar persiapan apa aja yang bisa kamu lakukan menjelang Ramadhan.

1. Cuci baju koko, sarung, dan mukenamu! Jangan sampai imam masjid pingsan dan sholat tarawih batal gara-gara bau semerbak sarung yang dari ramadhan tahun lalu belum dicuci.

Jangan lupa kasih pewangi ya biar awet kalo disimpen di lemari. via pardisetiawan.wordpress.com

Cuci yang bersih ya, bro! Biar Ramadhan ini kita kembali fitrah..  Amiinnn!

2. Buat kamu anak eksis yang punya genk dimana-mana, siapin anggaran khusus buat buka bersama juga perlu, loh! Bikin juga jadwalnya biar gak saling bentrok!

Bikin jadwal dan anggaran khusus bukber. via www.rpcumy.com

Advertisement

“Minggu 1 bukber kelas

Minggu 2 bukber anak OSIS

Minggu 3 bukber sama bebeb <3

Minggu 4 bukber genk Condet.”

3. Buku Amaliyah Ramadhan udah dibagiin belum sama bu guru?

Jangan lupa dibawa pas sholat tarawih buat catet ceramah. via ernybinsa.blogspot.com

4. Sebelum harga naik, beli bahan makanan kering dari sekarang sebagai persiapan Ramadhan bisa menghindarkan kamu dari resiko serangan jantung!

Sebelum mamah shock baca headline beginian sebaiknya kamu udah mulai nyetok beras. via ugm.ac.id

Ramadhan datang, harga bahan pokok pun naik. Sabar… ‘kan, mau puasa! Hehehe…

5. Buka-buka buku resep masakan sambil latihan bikin takaran kolak pisang buat buka puasa. Kan, kalo puasa ntar gak boleh dicicipin.

Siapa tahu kamu emang jago masak, kue lebaran pun bisa kamu bikin dari sekarang via lintasresep.blogspot.com

6. Bikin daftar menu buka dan sahur selama sebulan sama mama kayaknya seru juga, tuh!

Contoh menu sehat untuk Ramadhan. via messyhomestead.wordpress.com

7. Bikin juga daftar target yang bertujuan untuk meningkatkan semangat ibadahmu di bulan ramadhan nanti.

Melatih jadwal dan pola makan mulai dari sekarang bisa melatih kamu dalam menghadapi kelaparan saat puasa. via www.halloriau.com

“Ramadhan nanti gue harus khatam Al-Quran

Ramadhan nanti gue harus full tarawih

Ramadhan nanti gue mau buka bersama anak yatim

Ramadhan nanti gue mau ikut tadarus di masjid

Ramadhan nanti gue mau jodoh”

 

8. Latih pola makanmu mulai dari sekarang, supaya kamu sudah terbiasa saat puasa di bulan Ramadhan nanti.

Melatih jadwal dan pola makan mulai dari sekarang bisa melatih kamu dalam menghadapi kelaparan saat puasa. via comfortablyhungry.com

9. Mulai sering olahraga dan siapin vitamin khusus bisa bikin kamu tetep fit dan gak gampang lemes selama puasa!

Olah raga ringan seperti jogging atau yoga juga bisa kamu rutinkan saat puasa nanti via saudibeautyblog.com

10. Ubah suasana kamarmu jadi lebih bernuansa islami mungkin bisa bikin Ramadhan-mu tahun ini jadi beda.

biar berasa kayak Ramadhan di Arab. via decoholic.org

11. Jangan lupa, lunasi dulu hutang puasamu tahun lalu kalo gak pengen hutang puasamu makin numpuk!

beserta utang-utang lainnya. via keepcalm-o-matic.co.uk

SEKALIAN HUTANG-HUTANG YANG LAIN JUGA JANGAN LUPA DILUNASI YA!

12. Yang masih marahan, hayo… maafan dulu, ya! Biar skornya kosong-kosong katanya…

Gausah nunggu lebaran. Hati yang damai bikin ibadahmu lebih berkah. via startmarriageright.com

13. Banyakin baca buku agama dan latihan baca Al-Quran buat persiapan tadarus di masjid boleh juga tuh, bro! InsyaAllah Ramadhan-mu akan semakin berkah!

Gak usah gaya-gayaan jadi hafidzh dulu, lah, yang penting tajwidnya dah bener, bro! via teacher88.files

14. Zakat, infaq, dan sedekah-nya kalau mau dianggarin dari sekarang juga gak ada salahnya.

Memberikan sebagian rejekimu tidak akan membuatmu jatuh miskin. via lawrencewilson.com

15. Namun yang lebih penting dari semua persiapan Ramadhan setiap tahunnya adalah bersihkan hati dan sucikan dirimu.

Ikhlaskan dirimu untuk menjadi hamba yang senantiasa memperbaiki diri via weheartit.com

Jadikan dirimu sebagai hamba yang senantiasa memperbaiki diri, menaati segala perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan menjadi yang terbaik bukan hanya di mata sesama, namun juga di hadapan-Nya.

Selamat menjelang bulan puasa, guys! Ingat ya, bulan Ramadhan walaupun menjadi bulan yang paling spesial, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk merayakannya secara berlebihan. Jangan rajin ibadah cuma di bulan Ramadhan juga, ya. Ibadah kan bukan untuk diperlihatkan ke sesama apalagi buat dipamerin di sosial media. Bisa kurangin pahala kalo kata pak Uztadz. Jangan lupa juga beli syrupnya, ya! Itu penting banget heheh… Marhaban Ya Ramadhan!

Kredit gambar andalan: www.musholaattaubah.blogspot.com