Game berbasis online memang sedang digandrungi di zaman modern ini. Faktanya, tidak hanya anak-anak yang bermain game online, tapi para remaja dan orang dewasa pun acap kali bermain. Namun, di sisi lain, berbagai pandangan negatif sering dilontarkan kepada gamer. Mereka dianggap orang-orang yang gagal dalam menjalani kehidupan nyata, imbasnya mereka lari ke dunia maya sebagai dunia baru mereka.

Karena banyaknya anggapan negatif, banyak orang yang menjadi tidak tahu dan tidak mau tahu tetang dampak-dampak lain dari game online. Meski bisa menimbulkan kecanduan, pada nyatanya bermain game online itu tak melulu berefek negatif pada manusia kok. Game online juga memiliki manfaat yang signifikan untuk kehidupan nyata. Nah, berikut ini 10 manfaat bermain game online:

1. Bermain game online adalah cara termudah dan tercepat untuk melepaskan rasa stres setelah beraktivitas

Bisa jadi sarana menghilangkan stres via faceit.lt

Pernahkah kamu merasakan stres? Misalnya setelah seharian bekerja atau seharian mengerjakan tugas kuliah. Nah, bermain game online bisa menjadi salah satu sarana hiburan yang tepat saat dirimu dalam keadaan stres. Karena pada dasarnya fungsi dari game itu sebagai media hiburan, maka,tak ada salahnya menghibur diri dengan permainan yang menghibur. Bermain game online bisa jadi salah satu jalan keluar untuk lepas dari tekanan yang membuat kamu stres.

2. Kata siapa bermain game online itu bikin kamu jadi individualistis? Justru main game online memaksamu untuk belajar kerjasama tim

Meningkatkan kerjasama tim via www.fesport.com

Advertisement

Beberapa jenis game online seperti RTS (Real Time Strategy) dan FPS (First Person Shooter) memerlukan kerjasama tim yang solid untuk memenangakan sebuah pertempuran. Dalam game Battle of Hasting (game perang antara Normandia dan Saxon di Hasting) misalnya, dimana si player berperan sebagai seorang prajurit ataupun seorang jendral yang dituntut memiliki team-work yang kokoh.

Dalam game ini para player melatih keahlian mereka untuk bernegosiasi, mengambil keputusan, melakukan perencanaan, dan berpikir strategis. Di dunia nyata, hal ini menjadi nilai lebih untuk para gamer. Para gamer bisa mengaplikasikannya pada kehidupan sosialnya. Misalnya saat harus bekerja dengan sebuah tim/divisi, mereka bisa bekerja secara tim dengan baik demi mencapai sebuah tujuan bersama.

3. Dalam bermain game online, kalah menang adalah hal biasa. Karena itulah kamu jadi terbiasa bersikap sportif dalam setiap pertandingan

Menanamkan nilai sportivitas via www.redbull.com

Permainan dalam game online juga secara tidak langsung juga telah menanamkan nilai-nilai sportivitas dalam diri mereka. Mereka mematuhi peraturan permainan yang telah berlaku. Selain itu, bagi seorang gamers kalah dan menang adalah hal yang biasa. Secara tidak sadar mereka dididik agar tidak sombong saat menang dan tidak pula untuk mudah menyerah saat mengalami kekalahan.

Nilai-nilai seperti inilah yang sangat penting dalam mengarungi lautan kehidupan di dunia nyata. Nilai-nilai yang membuat seseorang menjadi individu yang selalu bersyukur dalam segala hal dan tidak pernah merasa terpuruk dikala sedang terjatuh.

4. Game online menghadapkanmu pada banyak pilihan, sehingga kamu akan terbiasa untuk cepat mengambil keputusan penting dalam setiap kondisi

Cepat mengambil keputusan via www.maltatoday.com.mt

Di dalam skenario sebuah game, seorang gamer selalu disuguhkan berbagai pilihan-pilihan yang sulit yang akan mempengaruhi skenario dalam game tersebut. Oleh karena itu, seorang gamer diharuskan menganalisa dan meprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan resiko yang dihadapi ketika memilih sebuah pilihan. Kemampuan analisa seperti ini sangat diperlukan dalam kehidupan nyata.

Faktanya, dalam kehidupan ini selalu ada saja pilihan-pilihan dilematis yang harus kita pilih. Seperti memilih kampus mana yang akan kita pilih setelah lulus SMA, memilih pekerjaan apa yang sesuai dengan kemampuan kita, atau mungkin dalam memilih seorang tambatan hati. Seorang gamer itu bak seorang visioner yang terorganisir, selalu berpikiran jauh kedepan saat berencana dan mengambil sebuah keputusan.

5. Tak cuma jadi sarana hiburan, bermain game online juga bisa jadi sarana yang baik untuk mengasah otakmu!

Membantu meningkatkan kemampuan kognitif via www.humansinvent.com

Percaya atau tidak, bermain game dapat meningkatkan kemampuan kognitif lho! Isabela Granic, profesor dari Radbound University Nijmegen di Belanda, dalam penelitiannya mengatakan bahwa bermain game dapat meningkatkan kemampuan navigasi, berpikir, mengingat, dan menerima informasi baru.

Bahkan beberapa tahun yang lalu, situs Daily Mail mengungkapkan bahwa dengan bermain Call of Duty (game tembak-tembakan) akan membuat pemainnya berpikir tentang objek dalam ruang tiga dimensi dan membuat strategi.

6. Jika kamu menekuni hobi bermain game online dengan baik dan benar, kamu bisa menjadikannya sebagai ladang uang

Main game bisa menghasilkan uang via blog.toornament.com

Di dunia internasional, beberapa game online sudah diakui sebagai cabang olahraga yang disebut ESports (Electronic Sports). Setiap tahunnya, berbagai negara mengirimkan atlet game terbaiknya untuk mengikuti kompetisi game bertaraf internasional. Bahkan ada beberapa game developer yang mengadakan kompetisi internasional setiap tiga bulan sekali, misalnya Dota2 dan League of Legend.

Tidak tanggung-tanggung, misalnya pada turnamen The International Dota2 pada tahun 20014, hadiah yang diberikan senilai $ 5 juta USD atau kurang lebih setara dengan Rp. 60 miliar. Angka yang sangat fastastis bukan? Hal inilah yang menjadikan alasan mengapa game bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Bermain game dan bisa menghasilkan uang, siapa yang tidak mau?

7. Kamu pun punya kesempatan untuk memperluas jaringan pertemananmu melalui game online. Bahkan bisa saja kamu ketemu jodoh di sini!

Bertemu dengan para gamers bisa memperluas relasi via vitaminw.co

Ketika bermain game online mau tidak mau kita pasti harus berinteraksi dengan player yang lainnya. Kita harus mau bersosialisasi untuk mendapatkan partner/team yang cocok, atau hanya sekedar mencari rekan untuk ngobrol, bercengkrama, dan bercanda. Berawal dari chit-chat seperti itu, tidak sedikit lho yang mendapatkan teman, rekan bisnis, bahkan seorang pacar.

Seorang pemuda berkebangsaan Swedia yang bernama Felix Kjellberg mendapatkan seorang wanita cantik bernama Marzia Bisognin asal Italia. Dia mengungkapkan awal mula perkenalan dengan wanita cantik itu karena Marzia adalah seorang subscriber akun youtube miliknya. Di youtube, Felix mengunggah rekaman video ketika dia bermain game. Bahagia di dunia game, bahagia pula di dunia nyata, indah bukan?

8. Pengetahuanmu pun jadi lebih luas, karena kamu akan bertemu banyak orang yang berbeda latar belakang, suku, budaya, dan bahasa

Menghargai perbedaan ras, suku, gender, bahasa dll. via www.prweb.com

Bermain game online artinya kita bertemu dengan berbagai jenis player yang berbeda-beda, baik berbeda ras, suku, bangsa, agama, ataupun bahasa. Mau tidak mau, senang atau tidak senang, kita harus bersosialisasi dengan mereka.

Dengan begitu game online juga bisa digunakan sebagai media untuk belajar berbagai kebudayaan dan bahkan bahasa yang digunakan player lain. Bahkan secara tidak sadar kita telah belajar untuk bertoleransi dan menghargai berbagai perbedaan.

Segala hal memang bermanfaat bila kita selalu berpikir secara positif, termasuk bermain game online. Bermain game memang bisa membuatmu ketagihan, namun selalu ingat bahwa segala sesuatu itu tidak baik ketika kita melakukannya secara berlebihan. Jadi, bagaimana menurutmu? masih menganggap bermain game online itu gak guna? 😀