Liburan adalah kegiatan yang paling kita tunggu-tunggu. Sayangnya, banyak kendala menghadang ketika kita hendak pergi berlibur, salah satunya adalah budget! Sering sih kita punya keinginan liburan ke tempat yang jauh, tapi mengingat jumlah biaya yang harus dikeluarkan, keinginan pun tinggal keinginan.

Meski begitu, nggak ada salahnya berandai-andai sambil berencana. Nah, seandainya kamu punya uang Rp. 3 juta untuk liburan, tempat-tempat mana aja sih yang paling ingin kamu kunjungi? Ke luar negeri kah? Pantaikah? Atau gunungkah? Hhmmm… nggak usah pakai lama, mending langsung simak aja yuk jawaban-jawaban darimu di bawah ini!

Backpacking ke daerah-daerah wisata di Indonesia

backpacking keliling indonesia via www.whateverbackpacker.com

“Pengen backpacking ke Semarang, Jogja. Di sana banyak tempat-tempat yang murah dan enak buat dijelajahi.”

Azara, 20 th, Jakarta

Backpacking keliling indonesia, ke daerah yang alamnya indah indah, seperti Lombok, Raja Ampat, Kalimantan, Sulawesi, everywhere.”

Farida rahmayani, 20 th, Solo

“Pergi ke Taman Nasional Ujung Kulon. Pengen ketemu langsung tuh yang namanya Rhinoceros sondaicus.

Meyda Rolistiningtyas, 19 th, Pandeglang

“Bakal backpacking keliling Indonesia dong, duit segitu bisa keliling ke banyak tempat di negeri kita ini. Sayang kalo buat ke luar negeri.”

Anindita Paramasatya, 16 th, Yogyakarta

“Aku akan liburan ke Pulau Bira, kepulauan seribu. Karena di sana merupakan bagian Jakarta yang masih “virgin“, bebas dari polusi dan kemacetan di Ibu kota, dengan pemandangan pantai yang memesona.”

Tiwi, 23 th, Bekasi

Liburan ke Yogyakarta, Murah, Sederhana, Tapi Tetap Istimewa!

Yogyakarta istimewa via forum.indowebster.com

Advertisement

“Baru-baru ini aku ke Jogja. aku jatuh cinta. Jogja kotanya asik. Di sana banyak kreativitas yang muncul. Aku lagi nyari ide usaha, kalo bisa lebih lama tinggal di Jogja, pasti dapet konsep yang mateng tentang konsep ide usahanya.”

Ni Luh Wanda Putri Pradanti, 22 th, Denpasar

‘Kota sejuta wisata. Pengen banget keliling Yogja, dari 0 Km nya. Yogja selalu punya kesan tersendiri. Masyarakatnya ramah, pokoknya punya banyak pesona.”

Ita Nuri, 23 th, Tangerang

“Akan liburan ke Jogja, karena transportasi pulang-pergi dari Jakarta – Jogja murah.”

Hasti, 18 th, Jakarta

“Jogja. Sudah lama ingin ke sana. Banyak tempat wisata yang patut dikunjungi, dan katanya di sana harganya lebih terjangkau, jadi bisa jalan-jalan, belanja dan makan tanpa takut kehabisan uang dengan cepat… hehe.”

Nina, 19 th, Maumere

“Dengan budget 3 juta, mungkin aku mau pergi ke Jogja. Karena di Jogja, aku bisa mengeksplor kebudayaan-kebudayaan. Bukan masalah jauh atau dekatnya suatu destinasi liburan sih, tetapi yang terpenting bagi aku adalah bagaimana saat liburan itu aku bisa mendekatkan diri dengan alam dan budaya.”

Dita, 19 th, Semarang

“Aku sih pengennya ke Yogya aja, menikmati budaya tradisi Jawa, makan pinggir jalan, menikmati Malioboro malam. Sederhana tapi ya istimewa..”

Citra Yunsy, 20 th, Tegal

Menjelajahi Keindahan Tanah Timur Indonesia

Savana, Sumba via benyaminlakitan.com

“Bakal liburan ala backpacker ke Pulau Sumba, NTT. Pengen jelajah alamnya, padang savananya, pantainya, wisata budayanya. Banyak destinasi wisatanya yang eksotis dan keren pastinya. Budget 3 juta lumayanlah wisata backpacker hehehe.”

Dolly Reinhart, 24 th, Kupang

Backpacking keliling Pulau Flores, NTT. Mulai dr ujung barat: Komodo, pink beach, desa adat, danau Kelimutu, sampai ujung timur di Larantuka. Kenali dulu wisata daerah sendiri.”

Henny, 24 th, Kupang

“Saya akan pergi ke Pulau Sumba, pulau inspirasi. Padang sabana, kuda-kuda berlarian, laut biru, Pasola etc. Saya rasa 3 juta cukup buat jalan ke Sumba. (Saya di Kupang. Kalau yang di luar Kupang dan mau ke Sumba mesti siap budget lebih).”

Elvira Wea, 23 th, Kupang

“Pulau Komodo, karena merupakan salah satu dari New Seven Wonders. Saya sedikit malu karena saya belum pernah pergi kesana padahal pulau itu masih 1 provinsi dengan kota saya. Yah…walaupun beda pulau.”

I Gede Anantha Kusuma, 18 th, Kupang

“Ke Labuan Bajo, pulau eksotik, keindahan alam yang tak tertandingi, kerennn.”

Dyah, 32 th, Jakarta

Jadi Turis di Negara Tetangga

Singapura via indonesia-tourism.com

“Singapura. Udah ngetop, banyak hal menarik lagi di sana. Banyak tempat-tempat seru yang bisa dikunjungi dan dinikmati. Cari paket tour murah,dengan dana minim dan tetap enjoy.”

Rice R. Siagian, 19 th, Medan

“Singapura. Negara tetangga aja dulu, soalnya Singapura itu punya bandara terbaik dan sistem transportasinya pun termasuk yg terbaik di dunia! Aku jadi pingin melihat dan merasakan langsung liburan di negara multikultural itu dan belajar dari ketertiban warganya.”

Tika, 23 th, Jakarta

“Mau ke Singapura, soalnya dari artikel Hipwee kemarin saya jadi pengen pergi ke sana, haha.”

Rife, 20 th, Yogyakarta

“Liburan ke Singapura aja, mau praktekin “Kiat-Kiat Agar Kamu Bisa Melancong ke Singapura dengan 1,5 Juta” dari Hipwee. Kan masih ada sisa 1,5 juta lagi tuh, ntar bisa dibuat belanja barang-barang yang lucu-lucu trus di jual lagi deh di Indonesia, hehehhehe.”

Shareefa, 26 th, Surabaya

Backpacking Singapore – Malaysia! Rame-rame bareng teman yg sama2 hobi backpackeran dan modal nekat. Ini adalah keinginan yang tertunda dari dulu, gara-gara terhambat izin dari orangtua yg ngga ngebolehin aku jadi solo backpacker.”

Nufida, 21 th, Semarang

“Vietnam kali ya yang kesannya misterius gitu. Lagian kan belum banyak yang tau, bisa kali ceritain ke teman-teman :D”

Angie, 19 th, Medan

“Ke Singapura. Seperti yang Hipwee pernah bilang, hanya butuh 1.500.000 untuk ke Singapura. hehehe..”

Kevin, 20 th, Rangkasbitung

Ke pantai-pantai eksotis di Indonesia

Pantai Derawan, Kaltim via indonesia-tourism.com

“Serunya tuh, ke tempat wisata pantai dan pemandangan bawah laut yang bisa memukau dengan menyelam (diving), seperti Taman Nasional Bunaken.”

Yuyun Purnama, 22 th, Jakarta

“Saya mau liburan ke Bali. Karena saya ingin pergi ke pantai Bali dan berteriak sekencang kencangnya di bibir pantai. Bali sangat indah dan cocok untuk pergi berwisata dengan keluarga maupun teman-teman.”

Alex, 26 th, Jakarta

“Karimun Jawa. Pokoknya liburan ke pulau/pantai. Karena liburan ke sana tuh bikin jadi relaks banget dan melepaskan penat tugas-tugas sekolah.”

Eddyta Mutiara, 14 th, Bekasi

“Ke Pantai Ora (Pulau Seram), Ambon, atau Pulau Derawan, Kalimantan! Gak usah jauh-jauh ke Bora Bora Island kok, Indonesia juga ada.”

Gee, 21 th, Jakarta

“Aku pengen ke Lombok, pantainya indah banget. Apalagi kalo ke sananya sama orang yang disayang, yang tajir pula… hahahaa.”

Defi Madham, 24 th, Garut

“Sabang , Aceh. Hampir sama seperti di Bali bro.. Kiri, kanan, depan, belakang laut yang indah semuanya. Sunrise and sunset yang indah adalah bonus yang spesial.”

Ryan, 20 th, Aceh

“Ke Pantai Derawan aja, masih satu pulau sama tempat tinggal, tapi k sananya banyak kendala. Pantainya bagus, katanya sih 11-12 sama raja ampat.”

Dinda Dahan, 24 th, Pangkalan Bun

Menanjaki dan mencumbui puncak-puncak gunung Indonesia

Puncak Rinjani via www.indonesia.travel

“Rinjani!! Duitnya dipake buat transport sama beli perlengkapan mendaki. Gak usah ditanya kenapa deh, searching aja keindahan Rinjani di Google.”

Rizal, 19 th, Bandung

“Mau ke Semeru! Terus ke puncaknya, Mahameru, puncak para dewa. Naik gunung itu bukan sekedar berangkat, naik, terus pulang lagi. Setiap langkah ada momen yang pasti gak bisa dilupain. Melatih diri sendiri, dapet wawasan baru, temen baru, gebetan baru juga bisa. Jadi banyak manfaatnya.”

Risma, 18 th, Jakarta

“Gunung Rinjani. Soalnya gunung ini surganya para pendaki, mendaki gunung yang terkenal dengan 7 bukit penyesalan ini akan terasa sangat romantis bila bareng sama do’i.”

Pepeng, 21 th, Malang

“Naik Gunung, Rinjani atau Semeru. Menikmati betapa indahnya bumi kita ini, dan bersyukur karena sudah hidup di Bumi ini.”

Yuniar Nasarudin, 19 th, Bandung

“Ke Gunung Semeru, karena uang 3 juta ga ada artinya kalo ga buat nikmatin alam.”

Ary, 19 th, Bogor

“Pengennya ke Rinjani. mendaki sudah menjadi hobi, dilain sisi pemandangan yang menakjubkan membuat kita lebih bersyukur atas anugrah Tuhan. Rejeki ‘kan datangnya dari Tuhan juga.”

Agus Tri, 22 th, Tulungagung

Kemana saja deh, yang penting liburan! Apalagi sama keluarga atau teman!

Yang penting liburan bareng keluarga via www.zwitsal.co.id

“Kemana aja, yang penting bareng Mamah atau sahabat. Itu udah seneng banget.”

Yaja, 17 th, Bekasi

“Menurut saya, kemanapun perginya asalkan dengan orang tua. Karena mereka orang terpenting dalam hidup saya. :)”

Alvin, 20 th, Tangerang

“Kalau punya duit tiga juta pengen ngajak plus ngebayarin keluarga atau sohib terdekat buat jalan-jalan, mau itu cuma mall di kota juga hayu aja asal semuanya ikut. Ke mananapun tempatnya perjalananmu akan menyenangkan jika kamu punya teman perjalanan yang tepat.”

Shufa, 21 th, Salatiga

“Gak usah jauh jauh, Ragunan aja. Yang deket-deket aja, tapi bayarin mama, papa, adik, kakak kalo perlu sampe nenek dan kakek. Yang penting bisa kumpul kumpul bareng keluarga. Jarang jarang ‘kan?”

Amelia Setyawati, 20 th, Jakarta

“Liburan yg deket-deket aja bareng keluarga. Kami jarang ke pantai sih, pengen bareng-bareng ke pantai di jawa timur, 3-5 pantai dalam beberapa kali perjalanan mungkin menyenangkan.”

Savilla, 21 th, Malang

Untuk Menyusul Kekasih Hati

nyusulin pacar via www.femside.com

“Aku pengen pergi ke Cina tuk mengejar cintaku…”

Lala, 29 th, Malang

“Gue mau ke Medan nyusul pacar gue, dan kita liburan bareng ke Toba atau gak ke Brastagih.. ahahha.”

Echa, 19 th, Jakarta

“Ke Belitung, pengen ketemu pacar yang sudah lama gak ketemu.”

Kris, 20 th, Denpasar

“Kalau punya uang 3 juta, pengen liburan ke Bandar Lampung naik bus kunjungin pacar, hehee.”

Evi, 29 th, Medan

Nah gimana? Apakah kamu juga punya keinginan yang sama seperti jawaban-jawaban di atas? Nggak ada salahnya kok berandai-andai, anggap saja itu adalah bagian dari rencanamu suatu saat nanti. Kalau kamu punya ide yang lain, langsung aja tulis di kolom komentar ya! 🙂