Mantan pacar adalah dia yang pernah mengisi hari-harimu sebelumnya. Walaupun kini sudah tidak bersama, hubunganmu dan dia tidak bisa lagi sebatas teman biasa. Selepas mengarungi manisnya kisah cinta berdua bersamanya ingatan tentang dia tak bisa dengan mudah dilupakan begitu saja.

Walau kamu sudah berbahagia dengan pasanganmu sekarang, mungkin masih ada secuil kenangan bersamanya. Mengenangnya untuk sementara bukan berarti kamu kembali menginginkannya, tapi mungkin saja kamu hanya ingin mengucapkan sebuah pesan singkat pada dia yang pernah menjadi orang terkasihmu. Seandainya kamu diberi kesempatan, inilah hal-hal yang ingin kamu ucapkan pada mantanmu…

Terima kasih atas kehadiranmu yang sementara. Dalam perjalannku kali ini aku tak akan lagi salah dan alpa

Aku belajar dari kesalahan kita via www.ljepotaizdravlje.hr

“Terima kasih sudah pernah hadir, membuatku bahagia, dan mengajarkan aku banyak hal. Hingga sekarang aku tahu bagaimana bersikap dan menjaga baik hubungan agar tidak berakhir seperti kita dulu.. :)”

Tata, 23, Denpasar

Meski hubunganmu tak berjalanan mulus dan berakhir bahagia dengannya, ada hikmah yang bisa kamu petik dari sepenggal kisah cintamu bersama dia. Kamu sempat menjalani hubungan yang tak baik bersamanya. Rasa kecewa, sedih, cemburu, dan luka yang pernah kamu rasakan saat dulu mencintainya adalah sebuah guru bagimu.

Advertisement

Dari hubungan yang gagal kamu pertahankan bersamanya, kamu jadi tahu bagaimana cara menciptakan sebuah hubungan yang baik. Sekarang, saat kamu sudah bersama pasangan barumu, kamu tahu bagamana seharusnya kamu bersikap dan menjaga baik hubunganmu dengannya agar tak lagi terulang kesalahan yang sama.

Kegagalanku bersamamu mengajariku untuk bisa menjaga dan mencintai pasanganku saat ini dengan sebaik-baiknya..

Aku belajar mencintai pasanganku dengan sebaik-baiknya via www.achotendencia.com

“Kamu jadi pengajaran buatku, karena aku tidak akan pernah sampai pada jalan mencintai kekasihku dengan sebaik-baikanya pribadi sekarang ini tanpa pembelajaran darimu.”

Teguh Mulus, 21, Pontianak

Dari hubunganmu yang gagal bersamanya, kamu belajar banyak tentang bagaimana seharusnya mencintai dan dicintai. Mungkin kamu masih kecewa, saat mengingat rasa cintamu padanya dulu tak terbalas dengan sepadan. Atau mungkin kamu masih menyesal pernah menyia-nyiakan ketulusan cinta yang dia berikan padamu. Tapi dibalik itu semua, saat ini kamu sadar bahwa untuk bisa mencintai dan dicintai itu perlu usaha.

Sekarang, kamu jadi lebih peka dan lebih baik dalam menjalani hubungan barumu dengan kekasihmu saat ini. Belajar dari pengalamanmu dengannya, kamu jadi tahu bagaimana seharusnya kamu berlaku sebagai seorang kekasih bagi pasanganmu sekarang. Kamu terus belajar, bagaimana cara mencintai dengan sebaik-baiknya.

Kita berpisah karena keadaan yang memaksa. Terima kasih atas kesediaanmu menjadi persinggahan hatiku untuk sementara

Terima kasih sudah bersedia menjadi persinggahan sementara via viciadas-em-livros.blogspot.com

“Thanks for ever being part of my life. Many lessons learned. Feelings may be replaced, but memories will stay the same. Religion is a big thing. But always believe that this is the best thing we could do. I’m glad to know you, understand you, ever be a little part of your life… Thanks and I’m waiting to hear any good news from you! :)”

Saisya, 21, Ygyakarta

Cinta memang banyak rintangan. Belum tentu kamu dan dia yang saling tulus mencinta bisa dipersatukan dalam kebersamaan. Walau berat, kamu dan dia harus rela berpisah, karena tak ada lagi jalan keluar buatmu dan dia. Perpisahan bukan alasan untuk tak lagi saling peduli. Walau kadarnya tak lagi sama, kamu selalu menunggu kabar darinya.

Kamu patut bersyukur, pernah merajut cinta bersamanya, yang sempat tertakdirkan menjadi kekasihmu untuk sementara. Kenanganmu bersamanya adalah salah satu bagian terindah dalam hidupmu. Kamu tak dipertemukan dengan orang yang salah, hanya saja kamu dan dia memang tak bisa bersama. Berterima kasihlah padanya, yang sudah bersedia menjadi persinggahan hatimu untuk sementara.

Terima kasih mantan kekasihku.. Aku pernah bahagia bersamamu. Tak ada yang pantas disesali dari kebersamaan kita yang dulu

Aku pernah bahagia bersamamu via says.com

“Aku pernah merasa jadi manusia paling bahagia didunia, pernah merasa indahnya masa muda, terima kasih telah mengajarkan banyak hal.”

VRN, 19, Jakarta

Kehadirannya yang sesaat bukan sekedar jadi angin lalu dalam hidupmu. Dia pernah datang untuk mengisi hari-harimu, memberi warna dan kebahagiaan di masa lalu. Bersamanya, kamu pernah merasa jadi orang yang paling bahagia di dunia ini, dan bersamanya pula kamu pernah merasa jadi orang paling istimewa.

Wajar jika kamu ingin berterima kasih padanya, yang sudah pernah membuatmu bahagia. Karenanya, kamu punya masa lalu dengan cerita manis yang bisa kamu kenang sembari tersenyum geli.

Sosokmu dulu bukan hanya sekedar partner berbagi cinta, tapi juga partner berbagi pengalaman hidup sebagai manusia

Kamu mengajariku banyak hal via kenh14.vn

“Thanks udah pernah ada di hidup gue, lo ngajarin gue banyak hal buat jadi pribadi yang lebih baik.”

Chaca, 24, Jakarta

Sosoknya dulu tak hanya sebagai seorang kekasih hati, namun dia juga menjadi seorang panutan bagimu. Sebagai tanda cintanya padamu, tak hanya kasih sayang yang dia berikan, tapi dia juga mengajarkan banyak hal tentang hidup. Darinya kamu bisa belajar tentang arti sebuah hubungan, kamu belajar bagaimana menjaga sebuah janji, dan belajar untuk saling percaya.

Tanpa kamu sadari, kamu pun tumbuh lebih dewasa bersamanya. Banyak hal yang kamu pelajari dari dia. Banyak hal yang dia bagikan padamu, yang mungkin tak terasa ternyata telah membentukmu menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari yang dulu. Lewat dia, kamu belajar banyak hal tentang hidup.

Sebagai salah satu orang terbaik yang pernah mampir di hidupku aku tak pernah berhenti untuk mendoakanmu

Aku mendoakanmu diam-diam via 8tracks.com

“Semangat berjuang buat skripsinya, cepet lulus, dan cepet dapet pekerjaan yang baik, semoga sukses kedepannya.”

Maharani, 21, Yogyakarta

Putus bukan berarti kamu jadi bermusuhan dengannya. Mungkin saja kamu memang masih menyimpan kagum dan rasa sayang padanya, tapi rasa itu sudah tak lagi sama dengan saat kamu masih bersamanya. Dia yang pernah menjadi orang terbaik dalam hidupmu, masih pantas untuk kamu doakan diam-diam. Terlebih lagi jika kamu masih menjaga hubungan baik dengannya.

Mendoakannya bukan berarti kamu masih menyimpan rasa cintauntuknya. Tapi hanya karena sebagai rasa pedulimu pada orang yang pernah menjadi sandaran hatimu dulu. Kamu pernah bahagia bersamanya, maka tak ada salahnya jika kamu masih mendoakan yang terbaik untuknya.

Aku pernah melibatkanmu dalam permasalahan hidupku. Maaf jika aku dulu terlalu sering merepotkanmu..

Maaf jika aku pernah merepotkanmu via prepoem1.wordpress.com

“Jaga diri kamu baik – baik yah. Terima kasih atas hari-hari yang indah dimasa kita pacaran. Susah, senang, sakit,dan masih banyak lagi kenangan kita. Saya minta maaf jika saya banyak salah yah. You’re the best.”

RKP, 20, Mantan

Banyak kenangan yang telah kamu lewati bersama dia. Dia pernah ada di sisimu untuk mendampingimu melalui masa-masa susah, senang, dan sakit. Dia hadir menemanimu untuk membantu meringankan bebanmu di kala itu. Mungkin juga dulu kamu sering membuatnya kerepotan, bahkan melibatkan dia ke dalam permasalahan pribadimu.

Karena hubunganmu dengannya sudah berakhir, bukan alasan buatmu untuk melupakan kebaikannya. Bagaimanapun juga, dia dulu adalah orang yang selalu kamu andalkan untuk berbagi suka maupun duka. Kamu tak perlu gengsi untuk mengucap maaf atas tingkah lakumu dulu yang pernah merepotkannya.

Pasang surut kisah cinta yang pernah kita lalui berdua menyadarkanku, bahwa cinta itu tak semanis dan sesempurna seperti yang aku kira..

Ternyata cinta itu tak semanis yang aku kira via prepoem1.wordpress.com

“Aku cuma bisa ngucapin terima kasih kepada mantan yang telah memberi pelajaran bahwa cinta tak semanis yang dibayangkan. Namun terkadang cinta harus bisa menerima pil kepahitan untuk diambil agar bisa menjadi suatu pelajaran dimasa depan.”

Reza Adam, 18, Samarinda

Selalu saja ada pelajaran berharga yang kamu petik dari kisah cintamu di masa lalu. Banyak hal yang terlewati bersama dia. Pasang surut kisah asmaramu bersama dia di masa lalu, membukakan matamu lebar-lebar bahwa cinta itu tak semanis yang kamu bayangkan. Perjalanan cintamu bersamanya menyadarkanmu bahwa kisah cinta pada realitanya tak pernah sesempurna kisah cinta di dongeng cinderella.

Kamu dan dia sama-sama belajar dari hubungan kaian yang telah kandas. Kini kamu tahu bahwa cinta pasti akan datang sepaket bersama dengan kisah pahitnya.

Sekarang kita hanya bisa saling berkirim doa dan pesan. Semoga masing-masing dari kita bisa berbahagia bersama dia yang tertakdirkan

Semoga berbahagia dengan jodohmu via itiswrittenforyou.wordpress.com

“Terima kasih telah mendampingi saya di masa-masa sulit, harapan kedepan semoga aku dan dia mendapatkan takdir yang terbaik, jodoh yang terbaik, masa depan yang lebih baik :)”

Sukma, 24, Semarang

Meski sekarang kamu tak lebih dari sebatas teman biasa, tak bisa dipungkiri bahwa dia adalah orang yang pernah berarti dan berjasa di masa lalumu. Walau ternyata dia bukan yang terbaik untukmu, setidaknya dia pernah mencoba untuk menjadi yang terbaik dan selalu ada di sisimu di setiap saat kamu membutuhkannya.

Kamu tak lagi menyesali perpisahanmu dengannya. Yang ada di hatimu saat ini adalah harapan dan do’a terbaik untuk masa depan masing-masing. Kamu berdoa agar dirimu dan dirinya segera mendapat pengganti yang lebih baik, yang bisa menggenapkan hati kalian masing-masing.

Walau kamu pernah gagal menjalin hubungan cinta dengannya, bukan berarti kamu telah menyia-nyiakan waktumu bersama dia. Dia memang ditakdirkan oleh Tuhan untuk menjadi persinggahanmu untuk sementara. Lewat dia, kamu memetik banyak pelajaran tentang cinta di dunia ini.