• 8 Desember 2016, 8-10 Desember 2016
  • Jogja National Museum, Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kriya Award, apa sih Kriya Award? Kriya sendiri merupakan salah satu jurusan di Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang mempelajari kajian dan proses penciptaan seni visual yang berlandaskan nilai-nilai lokalitas, inovasi global, dan keterampilan mengolah berbagai macam medium dengan keterampilan tangan dari proses kreatif yang terus-menerus. Sedangkan “Award” seperti namanya merupakan rekam peristiwa dan wadah apresiasi dengan semangat kompetisi kreatifitas dalam menciptakan karya kriya. sehingga Kriya Award merupakan suatu kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa jurusan kriya itu sendiri dan telah dijadikan agenda tahunan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kriya. Tahun 2016 ini merupakan tahun ke-3 terlaksananya Kriya Award, dengan tahun pertama pada tahn 2014 dan tahun ke-2 diadakan pada tahun 2015.

Kegiatan pameran Kriya Award akan diselenggarakan pada:

Hari : Kamis, Jumat, dan Sabtu

Tanggal : 8-10 Desember 2016

Tempat : Jogja National Museum, Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sebagai anak muda kreatif Yogykarta, hipwee merangkum beberapa alasan kenapa kamu harus menyempatkan datang ke event ini. Penasaran? Yuk, cek di sini!

1.Kamu bisa melihat Pameran Karya Kriya terbaik pilihan mahasiswa

Pameran diadakan selama 3 hari yaitu Kamis, Jumat, dan Sabtu dari tanggal 8-10 Desember 2016 yang akan menampilkan karya-karya kriya pilihan dari mahasiswa kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang telah mengalami proses penjurian dari orang-orang plihan, antara lain Satya Brahmanta, Bambang TOKO, Pak Tosan ( Dosen UKDW), Drs.Sukarman dan kegiatan ini akan dibuka oleh Prof.SP. Gustami. Su selaku Profesor Kriya.

2. Fashion Show yang menampilkan busana art wear dan ready to wear

Advertisement

Fashion show diadakan pada hari Kamis, 8 Desember 2016 pukul 19.00 tepatnya pada saat pembukaan pameran dengan menampilkan busana art wear dan ready to wear hasil karya mahasiswa kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

3. Workshop Tie-Dye dan Batik Sumbat yang mampu menambah wawasan tentang kebudayaan

Tie Dye

Tie dye atau kain jumputan atau kain pelangi merupakan kain bewarna warni yang dihasilkan dari teknik ikat dan celup pada kain. Workshop ini akan dilaksanakan pada hari ke-2 pameran (Jumat, 9 Desember 2016) dengan peserta dari umum (pelajar, mahasiswa, PNS, Ibu rumah tangga, dll), pematerinya adalah dari dosen Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta khususnya minat utama tekstil, mentor-mentornya dari mahasiswa kriya.

Batik Simbut

Kata batik sudah sering terdengar di telinga, tapi kalau batik simbut mungkin masih terdengar asing. Apa sih batik simbut? Batik simbut merupakan proses pembuatan batik dengan ketan yang dipadukan dengan bahan lainnya sebagai perintang warna (menggantikan malam/lilin batik). Pematerinya adalah Azis Kurniawan, S.Sn (alumni ISI Yogyakarta dari jurusan kriya) yang akan diadakan pada hari Jumat, 9 Desember 2016 (hari ke-2 pameran) dengan peserta umum (pelajar, mahasiswa, PNS, Ibu rumah tangga, dll).

4. Seminar “Trend dan Eksistensi Kriya di Masa Global”

Selain workshop masih ada lagi seminar yang akan dilaksanakan pada hari ke-3 (Sabtu, 10 Desember 2016). Pembicaranya adalah dari salah satu dosen kriya ISI Yogyakarta dan dari salah satu juri pameran dengan TREND & EKSISTENSI KRIYA DI MASA GLOBAL Peserta seminar bisa dari umum (pelajar, PNS, Ibu rumah tangga, dll), mahasiswa kriya ISI Yogyakarta, mahasiswa ISI Yogyakarta selain dari jurusan kriya, atau mahasiswa dari perguruan tinggi lain.

5. Pemberian Awarding untuk karya-karya berkualitas

Kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta pameran yaitu awarding. Pada acara ini pemenang dari masing-masing kategori akan diumumkan dan akan mendapatkan sertifikat, tropi, dan uang pembinaan. Kriya Award #3 dengan 4 kategori karya, antara lain:

1) Karya Kriya Produk Terbaik

2) Karya Kriya Ekspresi Terbaik

3) Karya Kriya Terinovasi

4) Karya Kriya Terfavorit

Cek detailnya di sini

Print

Jadi, pastikan kamu datang dan menjadi bagian dari keseruan Karya Kriya Award di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya