• 7 Mei 2017, Pkl. 09:00-13:00
  • Taman Flora (Kebun Bibit) Surabaya)

Belajar menulis? Apa yang menarik dari hal ini? Toh dari TK hingga kuliah pun kita udah sering nulis

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sempat berpikir demikian. Yap, menulis memang aktivitas yang sudah biasa kita jalani, mulai dari menulis materi di sekolah, menulis proposal penelitian, menulis surat izin sakit bahkan, dan yang paling melelahkan menulis skripsi. Namun, tak jarang dari kita yang menjadikan menulis hanya sebagai penuntas kewajiban, bukan menulis dari hati karena senang dan ingin dibaca orang.

Nendra Rengganis sebagai co-founder Hipwee punya beberapa tips untukmu agar menulis tak lagi jadi beban melainkan jadi hal yang menyenangkan. Yuk, simak beberapa tipsnya!

1.Bayangkan reaksi orang saat membaca tulisanmu, karena menulis bukan untuk dirimu sendiri tetapi untuk menginspirasi pembacamu

Bahkan menulis dengan menyenangkan pun kamu tetap butuh orang lain untuk membacanya. Kamu perlu mengenali siapa audience-mu atau target pembacamu. Setelah tahu kamu menulis untuk siapa, kamu perlu membayangkan reaksi apa yang kamu ingin hasilkan dari orang-orang yang membaca. Apakah kamu ingin membuat yang membaca tertawa dan sejenak melupakan masalahnya? Atau kamu ingin mereka menangis karena tulisanmu yang mewakili perasaannya? Karena kamu tak bisa membuat mereka yang membaca biasa saja tanpa reaksi apa-apa.

2. Dengarkan musik yang mewakili pikiran, ciptakanlah mood, karena menulis tidak bisa dipaksakan

Couple listening to music on headphones

Advertisement

Menulis memang aktivitas yang membutuhkan mood dan perasaan. Saat pikiran kacau tidak menentu lantas memaksakan diri untuk menulis maka pesan yang ada di tulisan tidak akan tersampaikan, bahkan bisa jadi tulisanmu justru terkesan berantakan. Kalau kamu sedang sedih, kamu bukan berarti tak bisa menulis, namun cobalah mendengarkan musik yang menenangkan dan mengembalikan mood-mu. Setelah pikiranmu sudah lebih tenang maka kamu bisa mulai menuangkan apa yang kamu rasakan melalui tulisan.

3. Bayangkan betapa leganya saat tulisanmu di-publish dan menginspirasi banyak orang

Coba bayangkan kalau tulisanmu dibaca banyak orang, banyak yang terinspirasi dari tulisanmu dan banyak orang yang menantikan tulisan-tulisanmu yang lain. Ini bisa jadi motivasi untukmu terus giat menulis. Menulis memang bukan semata-mata demi mendapatkan pujian, tapi siapa sih yang tak senang kalau ada orang yang mengatakan kalau ia menyukai setiap kata demi kata yang kamu sampaikan melalui tulisan?

4. Belajar langsung dari ahlinya, melalui event #PiknikBareng Hipwee. Kali ini Surabaya yang beruntung Hipwee datangi

Setelah kota Semarang, Solo dan Malang, kini giliran kota Surabaya yang akan hipwee ajak belajar lansung pada sang ahli. Dengan tema “Menulis Menyembuhkan” tim Community dan Editor hipwee yang akan berbagi ‘resep’ menulis yang enak dibaca, viral dan menyembuhkan kegalauan. Catat detailnya, dan daftarkan dirimu ya!

Minggu, 07 Mei 2017

Pkl. 09:00-13:00 WIB

di Taman Flora (Kebun Bibit) Surabaya

CP : Ghulam (0856-6895-6325)

Tertarik untuk datang? Berikut petunjuk registrasinyaa;

  1. Klik tombol biru bertuliskan Daftar di artikel ini
  2. Masukan email dan data dirimu
  3. Pastikan nomor yang dicantumkan merupakan nomor yang terdaftar WhatsApp
  4. Tunggu tim hipwee mengundangmu untuk bergabung ke group #PiknikHipweeMalang
  5. Sampai ketemu di kampung Warna Warni Jodipan

Yuk, buruan daftarkan dirimu dan teman-teman serumu! Ingat, kuota terbatas lho.

5. Menulislah! Karena sebaik-baiknya teori yang kamu punya kalau kamu tak pernah mempraktekannya akan sama saja.

Sebagai media dua arah, hipwee tak hanya menginspirasi lewat artikel-artikel yang biasa kamu baca di sosial media. Tetapi juga hipwee hadir menemani langkahmu, melalui offline activity dan user generated content, yakni kamu bisa lho menulis artikelmu sendiri di hipwee. Kamu bisa praktek menulis di sini dan mengenali audience-mu sebelum membuat blog pribadi. Hipwee bahkan mengizinkanmu untuk meletakkan back-link di dalam artikelmu untuk mempromosikan blog pribadimu.

Jadi tunggu apa lagi, daftarkan dirimu di event-event offline Hipwee dan mulailah menulis bersama kami!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya