• 29 April 2017, Pkl. 09:00
  • Hotel Horison Ultima Riss, Yogyakarta

Sabtu, 29 April 2017. AIESEC UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil menyelenggarakan kegiatan Youth Speak Forum 2017 di Hotel Horison Ultima Riss. Pada kegiatan kali ini AIESEC mengangkat tema “Increasing Youth Productivity Through Relevant Skills”. Tema ini di ambil berdasarkan fakta yang ada di Yogyakarta bahwasanya semakin meningkatnya angka pengangguran yang di dominasi oleh kalangan pemuda terlebih dari para lulusan Strata 1. Hal ini cukup mengkhawatirkan dan ditambah dengan tantangan yang akan di alami Indonesia sekitar 20 tahun ke depan dengan bonus demografi. Di latarbelakangi hal ini, AIESEC UPNVY menyelenggarakan Youth Speak Forum untuk meningkatkan kesadaran pemuda sekaligus mendukung agenda  PBB yaitu sustainable development goals.

Kegiatan Youth Speak Forum ini diawali dengan Press Conference di pagi harinya dengan menghadirkan para narasumber yang sekaligus pembicara pada kegiatan utama. Narasumber terebut antara lain, Ryan Daniel Pakpahan selaku President Of AIESEC UPN “Veteran” Yogyakarta, Ibu Machya Astuti Dewi Dr., M.SI. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta. Ardian Widjaja selaku Assistant Brand Manager of Unilever. Heru Dwiarto selaku Business Development Manager of Commonwealth. Vania Santoso selaku Innovations Adolescent and Youth Engagement Officer UNICEF. Dan yang tidak ketinggalan Artist and Youth Role Model Chelsea Island.

Para narasumber ini mengatakan bahwa pentingnya peran seluruh komponen masyarakat, mulai dari akademisi, private sector, komunitas, public figure maupun pemuda untuk mensosialisasikan kesadaran tentang pentingnya sustainable development goals, atau biasa kita kenal agenda pembangunan berkelanjutan yang merupakan tantangan dan permasalahan yang terjadi di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.

Acara kemudian dilanjutkan pada sesi utama yaitu Youth Speak Forum yang terdiri dari 3 sesi. Yaitu inspire season yang di isi oleh keynote speaker yaitu sama seperti narasumber dalam press conference. Kemudian session kedua yaitu engagement di mana para peserta akan mendapatkan workshop dari Dr. Tirta Hudhi selaku owner sekaligus ceo Shoes and Care. Fadli Wilihandarwo selaku General Start Up Parationer Kibar, serta Heru Dwiarto dari Commonwealth. Dan session yang terakhir dari Youth Speak Forum ini adalah Action di mana para peserta akan membuat project social yang nantinya akan dikompetisikan ditingkat nasional dan yang terbaik akan mendapatkan Exchange gratis ke Thailand.

Acara yang dihadiri oleh 170 peserta ini berjalan sukses. Diharapkan akan lebih banyak lagi acara seperti ini yang dapat meningkatkan kesadaran serta ilmu bagi pemuda di Yogyakarta. Dan diharapkan para peserta setelah keluar dari ruangan akan menjadi pemuda yang lebih memahami charakteristik dalam dirinya dan menjadi pemuda yang kritis dan mampu mengubah dunia ke arah yang lebih baik selayaknya peran pemuda yaitu agent of change.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya