• 19 Agustus 2017, Pkl. 09:00-11:30 WIB
  • Wisma MM UGM (Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Yogyakarta)

Polyglot Indonesia National Gathering 2017: Breaking the Language Barrier – Menembus batas melalui kemampuan berbahasa Polyglot Indonesia mempersembahkan Polyglot Indonesia National Gathering 2017 (PING2017) yang merupakan event tahunan yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 18 – 20 Agustus 2017 di Yogyakarta untuk ke-5 kalinya semenjak tahun 2013. Selain kembali mengumpulkan para poliglot dan pecinta bahasa dari berbagai kota di Indonesia, Polyglot Indonesia tahun ini mengadakan Seminar Internasional yang bertajuk: “Words and Actions: Successful Life Through The Learning of Foreign Languages” di Wisma MM-UGM, beserta International Song Cover Competition yang akan diselenggarakan di Lippo Plaza Jogja.

Populasi dunia kini semakin beragam. Agar dapat bersaing dan mengikuti dinamika keragamannya ini, ada dua hal yang perlu kita lakukan: intercultural learning dan self-development. Keberagaman membawa perbedaan dalam bahasa dan budaya yang sering dapat dirasakan. Acara PING2017 dengan judul “Breaking the Language Barrier” mengajak masyarakat Indonesia untuk menembus batasan melalui kemampuan berbahasa. Pada PING 2017 ini, perwakilan dari Chapter Aceh, Bandung, Jakarta, Lombok, Malang, Semarang, Surabaya, Yogyakarta akan menghadiri acara ini untuk saling bertukar pengalaman, melatih kemampuan bahasa dan untuk mengukuhkan program kerja Polyglot Indonesia kedepannya.

Untuk pertama kalinya dalam rangkaian PING, Polyglot Indonesia mengadakan Seminar Internasional dengan topik pembicaraan “Words and Actions: Successful Life Through The Learning of Foreign Languages”

Dunia telah melewati perubahan drastis selama satu abad terakhir, pada khususnya pada dua dekade terakhir. Globalisasi menjadi sebuah fenomena yang kini tidak dapat diabaikan lagi. Hubungan antar negara semakin erat; adanya berbagai pemain baru pada tingkat dialog internasional dan berkembangnya format interaksi secara digital dan internasional baru memerlukan SDM yang tanggap dan mampu berbahasa asing untuk mengambil bagian dan berperan secara strategis dalam dialog tersebut.

Pembicara seminar berasal dari berbagai latar belakang profesi dan negara asal untuk menyorot pentingnya kemampuan berbahasa dalam keseharian ataupun dalam profesi saat ini. Seminar ini akan menghadirkan berbagai poliglot yang juga menjalankan profesi yang didukung oleh kemampuan bahasa mereka. Para pembicara berasal dari Jerman, Spanyol, Amerika Serikat dan Indonesia. Sebagai bagian dari perhelatan ulang tahun Polyglot Indonesia yang ke-4, acara tahunan ini juga menghadirkan International Song Cover Contest yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Agustus 2017 di Lippo Plaza Jogja. Sebagai syarat dalam kontes ini, para peserta diminta untuk menyanyikan lagu-lagu diluar dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Perwakilan delegasi kota lainnya serta peminat yang ingin mengikuti kontes ini dapat mendaftarkan diri melalui http://ping2017.polyglotindonesia.org/iscc/ hingga hari Kamis, 17 Agustus 2017.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan nilai total hingga IDR 5.000.000,-.

Advertisement

Sebelumnya, Polyglot Indonesia dideklarasikan sebagai organisasi berbadan hukum pada 17 Agustus 2013 pukul 17:08 di Kota Yogyakarta, dengan disaksikan perwakilan Kementerian Luar Negeri – Republik Indonesia. Sejak 2013, Polyglot Indonesia telah menginisiasi kegiatan pertukaran linguistik dan kebudayaan di lebih dari 10 kota di Indonesia.

Selain kegiatan utamanya, “Language Exchange Meetup”, Polyglot Indonesia telah mengadakan berbagai seminar dan lokakarya mengenai manfaat belajar bahasa serta berbagai profesi dalam bidang linguistik, serta kegiatan pengajaran dasar bahasa asing di berbagai kota di Indonesia. Polyglot Indonesia merupakan karya anak bangsa yang digagas oleh Diaspora Indonesia berdomisili dan sempat berdomisili di Swedia, Italia dan Korea.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya