Ketika Instagram mengubah logonya jadi lebih berwarna, banyak pihak yang mengeluhkannya. “Aneh dan nggak pantas” jadi kata yang sering ditulis dalam komentar pedas netizen-netizen dunia maya. Ya bayangkan saja, logo Instagram yang dulunya terkesan klasik dan unik, berubah jadi berwarna aneh dengan gradasi yang juga ‘nggak banget’. Namun meski banyak yang berkomentar negatif, bukan berarti Instagram lantas membatalkan perubahan logonya. Lama-lama semua orang jadi menerimanya ‘kan?

Nah kasus seperti itu tak hanya dialami oleh Instagram. Bagi sebuah perusahaan, berubahnya logo itu hal yang wajar. Yah, kadang ada yang dinilai lebih baik dan lebih keren, ada juga yang nasibnya dihujat kayak kasusnya Instagram. Biar kamu nggak penasaran, coba deh nilai sendiri perubahan-perubahan logo perusahaan-perusahaan besar seperti yang dilansir dari BoredPanda ini ini…

1. Logo pertama Samsung nggak beda jauh dengan logo sekarang. Sama-sama pakai nama asli perusahaannya

2. Nah logo Shell vintage dan baru ini bedanya terlihat nyata. Nilai sendiri deh bedanya

3. Kalau Adidas gimana? Nih lihat bedanya…

4. Burger King menghilangkan sosok raja di logonya, diganti sama kata-kata

5. Logo Ikea ini gimana? Menurutmu bagusan yang mana?

6. Kalau yang satu ini kamu pasti kenal dong. McDonald’s logo pertamanya unik ya….

7. Pepsi? Dulunya berbentuk tulisan Pepsi Cola!

8. Sementara logo lama Lay’s terkesan lebih kaku. Sekarang lebih unik sih…

9. Menurutmu logo Microsoft bagusan yang mana? Yang dulu atau yang sekarang?

10. Kompetitornya, Apple punya logo pertama yang agak serem. Nih bentukannya…

11. Logo awal Mozilla Firefox ternyata bukan rubah atau fox lho. Nih bedanya…

12. Starbucks logonya makin ke sini makin sederhana. Ini buktinya…

13. Yang paling beda jelas logonya Nokia. Masa iya logo awalnya ada ikannya

14. Pun demikian dengan Playboy. Logo sekarang jadi lebih simpel

15. Nah yang nggak jauh beda jelas ini. Logo Google ini bedanya cuma dikit

Aneh ya melihat logo awal dari merek yang sudah sangat melekat di pikiran kita. Ada yang mirip dengan logonya saat ini, tapi ada juga yang berbeda jauh. Meski cuma logo, perubahannya dari masa ke masa sebenarnya secara tidak langsung juga menunjukkan perkembangan perusahaan yang bersangkutan. Makanya kalau mau bikin usaha, jangan sembarangan bikin logo. Pilih yang bisa merepresentasikan visi dan misimu. Siapa tahu bisa terkenal ke seantero dunia seperti logo-logo di atas….

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya