Di tengah derasnya keluhan terhadap kualitas acara tv Indonesia, program Mata Najwa seakan jadi oase bagi mereka yang haus akan acara cerdas dan menginspirasi. Maka dari itu, kabar bahwa program yang digawangi oleh Najwa Shihab ini akan segera dihentikan, sontak mengejutkan khalayak luas. Padahal acara yang jadi kebanggaan Metro TV ini sudah lebih dari 7 tahun mengudara. Bukan hanya acaranya saja yang dihentikan, ternyata Najwa juga akan hengkang dari stasiun tv yang selama ini telah membesarkan namanya. Jelas saja kabar yang terbilang cukup mendadak ini, langsung menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan netizen.

Masyarakat Indonesia memang patut merasa kehilangan sih. Satu lagi acara dan sosok berkualitas, bakal hilang dari tv Indonesia. Biar lebih ikhlas melepaskan, yuk simak bareng ulasannya sama Hipwee News & Feature!

Kabar mengejutkan ini datang dari Najwa langsung, yang menunggah keputusannya itu melalui akun Instagram

Mata Najwa berakhir via www.instagram.com

Kabar tentang berakhirnya salah satu program favorit masyarakat di tanah air ini langsung disampaikan oleh sang presenter, Najwa Shihab. Melalui akun Instagramnya, Najwa mengunggah sebuah foto dengan pemberitahuan di dalamnya. Ia menyatakan kalau episode live “Eksklusif Bersama Novel Baswedan” menjadi episode Mata Najwa yang terakhir. Setelah tujuh tahun mengudara, program yang menjadi kebanggaan stasiun televisi swasta Metro TV ini menyampaikan salah perpisahannya. Dan dalam tiga minggu ke depan, Mata Najwa akan menghadirkan kolase episode-episode lama yang dianggap penting dan berharga.

“Eksklusif Bersama Novel Baswedan” menjadi episode live terakhir Mata Najwa. Sudah 7 tahun Mata Najwa mengudara. Sejak episode perdana “Dunia dalam Kotak Ajaib” yang tayang pada 25 November 2009 hingga wawancara eksklusif Novel Baswedan pada 26 Juli 2017, total sudah 511 episode Mata Najwa.

Selama tiga pekan ke depan, Mata Najwa akan menghadirkan kolase berbagai episode lama yang kami anggap penting dan berharga. Pada pengujung Agustus, Mata Najwa akan tiba pada episode final: “Catatan Tanpa Titik”.

7 tahun menggawangi program ini, ratusan sosok dan figur publik berhasil ia ajak berdiskusi

Advertisement

Mata Najwa terakhir bersama Novel Baswedan via www.instagram.com

Tujuh tahun sudah program Mata Najwa hadir menemani masyarakat Indonesia. Dalam rentang waktu tersebut, sudah 511 episode yang disiarkan oleh program ini dengan Najwa sebagai pembawa acaranya. Diawali dengan episode “Dunia dalam Kotak Ajaib” pada 25 November 2009 yang membahas tentang stasiun-stasiun televisi di Indonesia dalam mengantarkan berita terkini, termasuk Metro TV yang saat itu tengah berulang tahun yan ke-9.

Dalam episode pertama ini, Mata Najwa juga mambahas kilas balik pemberitaan terhangat yang terjadi pada tahun itu. Sedangkan untuk episode terakhir, Mata Najwa menyuguhkan “Eksklusif Bersama Novel Baswedan”, salah satu penyidik KPK yang diserang dengan air keras dan menyebabkan kecacatan pada kedua matanya. Dan hingga saat ini, pelaku penyerangan tersebut belum juga tertangkap.Selama 511 episode tersebut, Najwa tidak hanya berhasil menyuguhkan berita secara berbeda, namun juga ikut mencerdaskan pemikiran bangsa. Ia sukses menghadirkan ratusan sosok dan figur publik dari berbagai kelaangan. Apakah itu figur politik, sosial, budaya, bahkan dari ranah hiburan.

Dan bukan hanya Mata Najwa yang berakhir, namun juga kariernya yang telah 17 tahun di Metro TV juga ikut selesai

Karier Najwa Shihab di Metro TV juga berakhir via www.instagram.com

Nggak hanya kabar tentang Mata Najwa yang berakhir, tapi juga karier Najwa di Metro TV. Ia menyatakan kalau bulan Agustus ini juga menjadi bulan terakhirnya bersama stasiun televisi itu. Jika Mata Najwa telah berusia 7 tahun, maka tentu karier Nana, sapaan akrab Najwa sudah lebih lama lagi yaitu 17 tahun. Dan usainya karier Nana ini bukan karena dipecat atau diberhentikan oleh pihak Metro TV, melainkan memang keputusan Nana sendiri. Ia ingin memulai kembali perjalanan baru, yang saat ini masih menjadi misteri bagi masyarakat. Apakah itu berarti ia akan mencoba profesi baru, atau perjalanan baru yang ia maksud adalah berkarier di stasiun televisi berbeda.

Mungkin hanya sedikit yang tahu kalau sosok Najwa merupakan Duta Baca Indonesia periode 2016-2020

Sosok perempuan yang akan sebentar lagi akan memasuki usia 40 tahun ini, memang populer sebagai presenter televisi kondang. Ternyata nggak cuma aktif di layar kaca, Nana juga sering terlibat dalam acara-acara dan kegiatan penting lainnya. Mungkin hanya sedikit orang yang tahu kalau Najwa merupakan Duta Baca Indonesia, sejak tahun 2016 lalu dan akan memegang tanggung jawab itu hingga 2020 nanti. Tentu bukanlah tanggung jawab yang ringan untuk menumbuhkan kegemaran membaca dalam masyarakat Indonesia, apalagi anak muda yang sekarang terbiasa mendapat informasi instan dari media sosial.

Hingga kini belum jelas kemana Nana akan melanjutkan perjalanannya, tapi yang jelas masyarakat tetap menunggunya untuk berbagi pemikiran yang cerdas dan lugas

Kemana Najwa setelah ini? via www.instagram.com

Hingga saat ini, masih belum jelas “perjalanan baru” yang dimaksud oleh Najwa. Publik, terutama netizen berspekulasi dengan keputusan Najwa ini. Ada yang meyakini kalau Najwa akan berpindah haluan ke stasiun televisi swasta lain, ada juga yang bilang karena Najwa ingin fokus dengan tanggung jawabnya sebagai Duta Baca Indonesia. Tapi apapun itu, yang jelas publik mendukung setiap keputusannya, asalkan itu tetap berefek positif, terutama bagi kemajuan negeri.

Sosok Najwa Shihab yang telah melekat bahkan bisa dibilang menjadi “ikon” Metro TV ini tentu nggak mudah sirna begitu saja. Apalagi setiap episode Mata Najwa yang selalu punya pelajaran yang berharga. 17 tahun nyatanya cukup bagi Najwa untuk berkarya di sana. Dan tentu saja mengakhiri kariernya di stasiun televisi ini bukanlah keputusan yang mudah diambil begitu saja. Terima kasih atas pemikiran lugas dan cerdasmu selama ini, kami tetap menanti kontribusimu untuk negeri 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya