Variety show Korea kesayangan kita semua, Running Man akhirnya akan berakhir setelah 7 tahun memberikan keceriaan. Bagi yang nggak pernah melewatkan aksi seru 7 member tiap minggunya, pastinya bakal kehilangan. Yang lebih disayangkan lagi, acara yang tidak pernah sekalipun dirundung berita negatif ini harus berakhir dengan kontroversi. Berita didepaknya Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook mengejutkan semua orang, termasuk mereka sendiri. Entah bagaimana awak media Korea bisa mendapatkan bocoran berita itu, tapi tampaknya tim produksi bahkan belum sempat menjelaskan duduk perkaranya kepada dua member tersebut secara langsung.

Meski beritanya telah tersebar luas di kalangan penggemar Korea, Hipwee coba rangkum runtutan fakta yang mungkin terlewat untuk dibahas tentang nasib akhir Running Man. Biar lebih paham kenapa acara favorit kita semua ini harus berakhir seperti ini.

1. Dimulai dengan pengunduran diri Gary yang ingin serius kembali bermusik. Tanpa Gary, mungkin PD kesulitan menemukan posisi yang tepat bagi Ji Hyo dan Jong Kook dalam Running Man 2

Gary itu sebenarnya rapper dari grup Lessang yang lagu-lagunya keren abis! via ppss.kr

Setelah bertahun-tahun tanpa pergantian member, berita pengunduran diri Gary dari Running Man menjadi headline tidak hanya di Korea. Bahkan untuk orang yang tidak terlalu paham atau suka ‘Korea-Korea’-an sekalipun, Running Man adalah acara yang sangat populer. Gary berujar bahwa keputusan untuk mengundurkan diri dari acara yang membesarkannya ini, adalah untuk kembali menyeriusi profesi awalnya sebagai seorang musisi.

Chemistry bertiga yang tak tergantikan via tistory.com

Advertisement

Belum reda kesedihan karena kepergian Gary, fans Running Man kembali disergap berita mengejutkan dengan ‘didepak’nya dua member lain. Yang lebih kontroversial, dua anggota itu sepertinya justru mengetahui berita keluarnya mereka dari media. Dibandingkan pengunduran diri member biasa, sepertinya memang ada skema lebih besar yang terjadi di belakang layar.

Setelah kepergian Gary, memang tersebar rumor bahwa acara ini akan segera mengalami perombakan format untuk tahun 2017. Sampai-sampai perlu disebut sebagai ‘Running Man 2′. Jika peristiwa-peristiwa terakhir disambungkan dengan benang logika, mungkin keluarnya Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook memang disebabkan format baru yang dirancang tanpa mereka di dalamnya. Terutama dengan kepergian Gary. Tanpa Gary, dua member ini mungkin dianggap tak punya posisi yang kuat. Tak ada lagi ‘Monday couple’ ataupun ‘ace couple’. 

2. Ditengah kontroversi kesalahpahaman antara member dengan tim produksi, format baru yang dirancang mulai lebih jelas. MC ternama Kang Ho Dong diberitakan akan bergabung sebagai anggota

Melihat kedua MC besar ini dalam satu acara adalah impian banyak PD variety show via soompi.com

Kontroversi ini terus bergulir bak bola salju ketika mulai terdengar kabar bahwa MC besar, Kang Ho Dong akan bergabung dengan squad baru Running Man. Bagi yang masih awam, menggabungkan dua MC ini dalam satu acara adalah hal spektakuler dalam dunia variety show Korea. Terakhir berkolaborasi di acara bernama X-Man 10 tahun silam, tiap tahunnya kedua orang ini bergantian disebut ‘MC nasional’.

Mungkin rencana besar inilah yang sedang digodok tim produksi, ketika keluarnya Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook lebih dulu bocor ke media. Akhirnya Kang Ho Dong juga menolak tawaran bergabung karena tak ingin menambah kontroversi. Alhasil, tim produksi mengetok palu akhir dengan mengumumkan bahwa tahun ini adalah tahun terakhir untuk Running Man. Sedih, tapi jika mengingat segala kontroversi, mungkin ini jalan terbaik.

3. Namun tampaknya semua pihak kembali bergandeng tangan untuk meredam kontroversi. Demi kenangan 7 tahun Running Man, member dan tim produksi sama-sama berusaha membuat perpisahan terbaik

Tak ingin 7 tahun terbuang sia-sia karena kontroversi, semua saling memaafkan via korea.iyaa.com

Begitu keluar berita kontroversial tentang keluarnya Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook, tim produksi Running Man buru-buru menghubungi dan meminta maaf secara personal kepada mereka berdua. Bekerja berdampingan selama 7 tahun lamanya, pastilah tak ada yang mau berakhir dengan perselisihan. Iktikad baik terlihat dari kedua pihak. Kedua member yang didepak dengan besar hati berkomitmen untuk tetap berpartisipasi sampai episode terakhir. Bahkan keduanya sepakat untuk menyumbangkan gaji terakhir mereka untuk charity. 

Memang tak salah jika Running Man jadi acara favorit kita semua. Ditengah terpaan konflik yang biasanya tambah dikompori untuk jadi gosip, member dan tim produksi segera membuat solusi bersama agar nama baik dan kenangan Running Man tidak tercoreng. Bukti bahwa hubungan antar member dan semua kru yang terlibat dalam Running Man, bukan hanya hubungan bisnis sekadarnya. Tapi benar-benar ada kepedulian untuk tidak menyakiti satu sama lain. Bisa saja mereka memutuskan tetap lanjut untuk season kedua demi terus mencari profit, tapi ternyata justru mengambil keputusan untuk diakhiri. Yah nasi sudah jadi bubur, tapi terima kasih atas keceriaan dan tawa selama 7 tahun ini. Goodbye Running Man!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya