Artikel ini adalah hasil kerja sama antara kampanye Aksi Nasional Tinju Tinja UNICEF dengan Hipwee.Yuk, lakukan sesuatu untuk negerimu!

Perubahan jelas jadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari perubahan kebiasaan, perubahan memilih tempat makan, sampai sesederhana perubahan lagu yang membuat mood membaik setelah mendengarnya. Perubahan memang membuat hidup jauh lebih bermakna.

Tapi nggak cuma perkara personal aja. Perubahan juga bisa mulai kamu lakukan buat mengubah Indonesia ke arah yang lebih oke setiap harinya. Dan asyiknya nih, kita sebagai anak muda bisa dengan mudah melakukannya. Bahkan jadi pionirnya!

1. Pilah sampahmu dan buang dengan proper setiap waktu. Karena sebenarnya itu tanggung jawabmu

Buang sampah ke tempatnya setiap waktu. Karena ini tanggung jawabmu via tumblr.com

Sebagai orang yang hidup dengan banyak sampah — mulai dari sampah sesungguhnya sampai sampah mantan dan berbagai kenangan lama, sesungguhnya kita bertanggung jawab atas nasib sampah-sampah itu.

Oke lah kalau kenangan soal mantan bisa diusahakan dibuang lewat move on. Tapi kalau sampah rumah tangga sehari-hari? Harusnya ini kamu usahakan untuk dibuang dengan proper dengan sepenuh hati. Nggak perlu repot kok sebenarnya. Pisahkan saja sampah organik dengan sampah non-organik mu, kemudian buang berdasarkan pemilahan itu.

2. Naik kendaraan umum akan jadi kebaikanmu. Lagian, kalau nggak mulai dibiasakan kapan mau berubah?

Kalau nggak dibiasakan sekarang, kapan mau berubah? via tumblr.com

“Ihhh…naik kendaraan umum kan gerah. Nggak nyaman lagi.”

Jika memang kamu sudah bosan dengan kemacetan yang ada, merasa muak dengan segala kericuhan yang muncul di depan mata — naik kendaraan umum seharusnya layak dipikirkan segera, Bukan cuma mengurai kemacetan, cara ini juga membuatmu bisa membantu mengurangi polusi dengan nyata.

Memang sih sekarang kondisi transportasi umum di Indonesia belum sampai pada level terbaiknya. Tapi kalau nggak ada yang mau mulai rutin menggunakan bukannya ini juga nggak bikin pembangunannya jadi lebih lama? Harus ada yang memulai! Dan kita anak muda jadi orang paling tepat buat melakukannya.

3. Saat merasa jalanan awut-awutan, coba jujur jawab pertanyaan: “Sudahkah jembatan penyeberangan benar-benar kamu manfaatkan?”

Sudahkah jembatan penyeberangan kamu manfaatkan? via tumblr.com

Selain melindungi diri dari bahaya kecelakaan, menggunakan jembatan penyeberangan juga salah satu aksi nyata demi mengurai simpang siur di jalan raya. Cukup dengan menaiki tangga penyebarangan ini kemacetan sudah bisa tertanggulangi.

4. Gak perlu menyalahkan keadaan. Tertib mengantre bisa membuat hidup lebih nyaman

Tertib mengantre membuat hidup lebih nyaman via tumblr.com

Demi kenyamanan bersama dan untuk mengurangi hal-hal yang kurang menyenangkan, ada hal paling mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah mengantre dengan tertib.

Gak perlu khawatir kalau dengan mengantre akan banyak masalah yang datang. Malahan dengan ini kamu akan menemukan banyak kemudahan. Lagian dengan bersabar dan membiarkan orang lain duluan kamu gak akan merugi kok!

5. Stop Buang Air Besar Sembarangan. Cara ini bisa menghindarkan Indonesia dari bencana jangka panjang

Ada yang harus dihindari demi nggak lagi buang air besar sembarangan via tumblr.com

Iya, kamu pasti langsung akan mikir, “Ih gue kan gak buang air besar sembarangan! Lagian siapa juga yang masih buang air besar sembarangan sekarang ini?”

Percaya nggak percaya, Indonesia menduduki posisi kedua di dunia sebagai negara yang masih melakukan aksi buang air besar sembarangan, dan terjadi baik di perkotaan maupun di pedalaman! Dampaknya parah banget dan menyerang anak-anak Indonesia. 15-22 anak Indonesia meninggal akibat diare dan pneumonia setiap jamnya yang sangat bisa dihindari dengan perilaku bersih dan sanitasi yang baik. (Levels & Trends in Child Mortality 2014 Report. Estimates Developed by the UN Inter-agency Group for Child Mortality Estimation.)

Terus tugas gue apa dong?

Kamu nggak perlu kok membangun toilet di pedalaman sana. UNICEF punya media untuk kamu agar bisa berkontribusi langsung. Bergabung aja ke Aksi Nasional Tinju Tinja! Cukup masuk ke tinjutinja.com, kamu bisa bergabung dan belajar banyak tentang kebiasaan BABS di Indonesia yang membawa ancaman besar dalam kelangsungan hidup anak Indonesia!

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di website Tinju Tinja. Mulai dari mencari informasi dan fakta yang lengkap soal kebiasaan BABS, membagikan faktanya ke teman-teman lewat sosial media, sampai memberikan kontribusimu lewat komitmen dan karya positif.

Yuk, sudah waktunya kita beraksi untuk Indonesia yang lebih baik!