Demi menjaga kesehatan tubuh, semua orang disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Tua, muda, laki-laki maupun perempuan wajib berolahraga. Yang umum sih futsal atau jogging, namun bagi kamu yang nggak punya banyak waktu, planking atau pemanasan singkat saja sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh. Pola gerakannya yang teratur sudah terbukti secara ilmiah untuk membantu menjaga kesegaran badan.

Nah kalau umumnya olahraga memiliki pola gerakan teratur, ternyata ada juga loh olahraga yang gerakannya aneh. Olahraga aneh ini dibuat untuk memberi kesenangan pada para pelakunya. Kalau kamu pengen olahraga yang tak hanya memberi kebugaran tubuh tapi juga kesenangan hati, 6 olahraga aneh ini bisa jadi inspirasi.

1. Merangkak berjam-jam di Cina sempat menjadi tren olahraga. Katanya sih, latihan fisik ini berasal dari zaman Dinasti Han 2000 tahun yang lalu!

Kedua kaki diluruskan ke belakang, dan kedua tangan harus menyentuh tanah via brilio.net

Tahun 2015 lalu, olahraga aneh ini digilai warga Cina, tepatnya warga kota Zhengzhou. Yah kamu tahu lah merangkak itu gimana. Namun berbeda dengan merangkaknya bayi, tumpuan merangkak pada olahraga ini bukan menggunakan kekuatan lutut melainkan kedua tangan dan kaki  Berbagai usia bisa menikmati olahraga ini, baik pria maupun wanita. Dalam sebuah laporan BBC dijelaskan bahwa olahraga ini bermanfaat menggerakkan otot-otot yang biasanya tidak digunakan oleh manusia ketika berjalan tegap. Maka dari itu dengan berjalan seperti hewan ini, otot, persendian, dan tulangmu justru akan semakin kuat.

2. Antara aneh dan ngeri. Di Finlandia, lempar ponsel bahkan jadi olahraga resmi. Yang suka melempar ponsel saat emosi, mungkin saatnya kamu pindah kemari

Penilaiannya didasarkan pada pelempar dengan gaya unik, estetik dan lentur via tribunnews.com

Advertisement

Melempar ponsel seringkali dijadikan sarana untuk melampiaskan emosi. Nah, kalau kamu memang tipe orang yang kerap menjadikan ponsel sebagai sasaran amarah, mungkin kamu bisa pindah ke Finlandia dan barangkali bisa jadi atlet terkenal di sana. Asal kamu tahu, negara asal pabrikan ponsel legendaris Nokia ini tiap beberapa tahun sekali menggelar “Mobile Phone Throwing World Championship” atau lomba melempar ponsel sedunia. Kompetisi ini diselenggarakan pertama kalinya pada tahun 2000 silam. Katanya sih, sebelum ponsel jadi sampah yang tersebar dimana-mana, mereka didaur ulang melalui aktivitas olahraga satu ini. Kreatif, ‘kan?

3. Kalau melempar hape masih kurang aneh, bagaimana dengan melempar tuna? Kalau ikan laut ini biasanya dimakan, di Australia malah dijadikan olahraga dengan dilempar

Agar tak rugi, ikan tuna yang digunakan adalah tuna yang sudah busuk via yasafimax.blogspot.com

Ikan yang terbilang cukup lezat dan mahal ini jadi salah satu cabang olahraga dalam festival Tunaruma di kota Port Lincoln’s, Australia. Gimana nggak kurang aneh, kalau bahan makanan yang enak ini malah jadi ‘alat’ olahraga yang dilempar-lempar. Festival ini digelar setiap bulan Januari. Oh iya, berat tuna beku yang digunakan sekitar 10 kilogram. Namanya juga festival, pasti ada hadianya dong. Mau tahu hadiahnya berapa? AU$7000! Peraturannya pun cukup mudah, pelempar terjauh adalah pemenangnya.

4. Di Inggris ada olahraga aneh menyelam dalam kubangan lumpur. Saking populernya, olahraga ini rutin diselenggarakan setahun sekali

Juri akan mencatat waktu yang dibuat peserta. yang menang ya yang tercepat via detik.com

Kalau snorkeling biasa dilakukan di laut, snorkeling di Inggris malah dilakukan dalam lumpur. Dinamai World Bug Snorkeling Championship, olahraga ini diadakan setiap bulan Agustus di daerah Wales, Inggris. Olahraga yang sudah dimulai sejak 1976 silam ini bisa diikuti oleh siapapun yang telah berumur 14 tahun ke atas. Kamu hanya butuh alat berupa masker dan snorkel saja untuk jadi pesertanya. Busana yang biasa dikenakan ialah wetsuit atau tanpa atasan. Lumpur rawa yang dilalui sepanjang 54 meter dan peserta diharuskan berenang bolak-balik. Asal kamu tahu, tantangan utamanya bukan trek, tapi bau lumpur yang menyengat.

5. Panco atau gulat tangan memang sudah dikenal banyak orang. Tapi bagaimana dengan panco jempol kaki? Apa nggak bikin geli-geli sendiri?

Kalau ikut olahraga ini, pemainnya harus melepaskan kaus kaki via keepo.me

Cabang olahraga panco memang menarik untuk dilihat, tapi kalau ada panco jempol kaki, bukankah itu lebih menarik lagi? Olahraga ini sudah diciptakan di Inggris sejak 1976 silam. Peraturannya sama seperti panco pada umumnya, dimana salah satu pemain harus menjatuhkan jempol kaki lawannya. Tentu saja olahraga ini juga butuh kekuatan dan ketangkasan, secara jempol kaki yang diadu. Olahraga ini dibagi menjadi tiga ronde, di setiap rondenya kedua peserta bebas menggunakan kaki kiri atau kanan. Hebatnya, kini olahraga ini sudah jadi event internasional.

6. Terakhir, ada balap kasur yang jadi olahraga populer di Inggris. Tempat tidur dipasangi roda dan peserta harus membawanya dengan berlari sejauh 3 km

Risikonya banyak, dari terjatuh dari kasur sampai tertabrak pemain lain  via keepo.me

Lazimnya, kasur itu ya tempatnya dalam kamar dan difungsikan sebagai tempat tidur. Dengan fungsi itu, tak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya cukup banyak demi mendapat kasur yang mereka inginkan. Nah berbeda dari fungsi yang ada pada umumnya, kasur ternyata juga bisa difungsikan untuk olahraga balap lho. Olahraga ini pertama kali diadakan di Knaresborough, North Yorkshire, Inggris tahun 1966. Namanya juga balapan, pemenangnya adalah mereka yang lebih dulu mencapai garis finish!

Kalau kamu sudah bosan dengan olahraga-olahraga pada umumnya, sekarang kamu tak perlu bingung lagi. Karena olahraga unik, aneh dan menantang di atas bisa kamu coba. Fungsinya sama saja kok, sama-sama membuatmu aktif bergerak dan menjaga kebugaran tubuhmu. Namun tak cuma menyehatkan, olahraga unik unik ini juga lebih menyenangkan. Selamat mempraktikkan ya, kalian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya