Bicara soal mahluk asing yang berasal dari luar angkasa memang tak ada habisnya. Selama ratusan tahun, manusia terus bertanya-tanya, apakah ada kehidupan lain di luar alam semesta selain bumi? Meski zaman sudah penuh teknologi canggih dan ilmu mutakhir, sampai saat ini pertanyaan itu belum bisa terjawab.

Perdebatan tentang keberadaan makhluk luar angkasa atau alien, terus mengundang berbagai opini. Ada beberapa ilmuwan yang mengklaim bahwa alien itu nyata dan ada juga yang menganggapnya sebatas fiksi belaka. Tak hanya dibahas dalam ranah keilmuan, alien juga ramai ‘diperdebatkan’ dalam berbagai konteks. Termasuk bagaimana alien itu digambarkan berbeda-beda dalam film sci-fi. Seiring waktu, tenyata persepsi dan gambaran kita tentang alien itu berubah-ubah. Nggak percaya?! Lihat deh rangkuman Hipwee News & Feature ini!

Salah satu sosok alien fenomenal yang pertama kali muncul di layar kaca adalah Xenomorph. Alien berbentuk reptil di film “Alien” pada tahun 1979

Alien awalnya digambarkan mirip reptil via www.comingsoon.net

Salah satu sosok alien dari dunia film yang paling populer adalah sosok alien yang pertama kali muncul dalam film “Alien” keluaran tahun 1979. Alien ini memiliki penampilan mirip reptil dan bisa berkembang biak dengan cara merasuki tubuh manusia. Sosok alien ini sendiri sering disebut dengan nama Xenomorph yang berasal dari bahasa Yunani “xeno” yang berarti aneh atau asing dan “morphe” yang berarti wujud atau sosok.

Sosok aneh alien dalam film ini digambarkan mirip reptil, namun dengan material logam raksasa yang bertaring dan menyeramkan. Film Alien menjadi pionir bagi kisah-kisah tentang makhluk alien dari luar angkasa. Bahkan, film ini menjadi tolak ukur bagi film-film alien setelahnya.

Desain ‘dahi masa depan’ pada vertebrata dinosaurus yang sesungguhnya digambarkan pada sosok alien dalam film Star Trek pada tahun 1987-2005

Advertisement

Kepala besar dengan benjolan via www.reddit.com

Cerita Star Trek menggambarkan kehidupan manusia 200 tahun pada masa depan bersama dengan kumpulan spesies alias alien dari planet dan tata surya lain yang bergabung ke dalam armada bintang bernama starfleet. Mereks tergabung sebagai sebuah kelompok pecinta damai yang hidup di luar angkasa dan juga sebuah organisasi antariksa yang bernama United Federation of Planets, semacam PBB versi kehidupan luar angkasa.

Dalam film ini dikisahkan bahwa wujud alien hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Salah satu yang bisa diamati adalah bentuk kepala dan dahinya yang terdapat benjolan di sana-sini. Desainer film ini menggambarkannya sebagai desain dahi masa depan vertebrata dinosaurus yang sesungguhnya. Agaknya jauh berbeda dengan penggambaran Xenomorph pada film Alien, ya?

Karakter wujud alien dalam film Star Wars digambarkan mirip hewan-hewan primitif seperti kera dan mammoth

hewan primitif via www.starwars.com

Film bergenre sains fiksi ini memang kerap menghadirkan monster-monster alien berwujud aneh yang datang dari galaksi nun jauh di sana. Dalam film Star Wars, alien-alien ini ada beberapa yang terinspirasi dari hewan-hewan yang ada di bumi. Tapi, ada juga karakter yang murni atas imajinasi penciptanya.

Salah satu karakter alien yang terkenal dalam film ini digambarkan dengan fisik yang besar berwujud kera, ada juga karakter lainnya yang digambarkan seperti makhluk besar dengan tanduk mirip berbulu lebat yang mirip mammoth. Sedangkan karakter lainnya, merupakan perwujudan dari imajinasi penciptanya, bentuknya tidak bisa dibandingkan dengan wujud hewan bumi dan tidak bisa dijelaskan secara detail.

Berbeda dengan film Alien Close Encounters yang penggambaran aliennya berwarna abu-abu dan bermata oval alias the greys

Dulu wujud alien bermata besar ini sempat populer via www.unexplainedaustralia.com

Film Alien Close Encounters sangat menunjukkan pergeseran mindset dari alien sebagai misteri menjadi alien adalah teman manusia. Dalam film ini, alien digambarkan memiliki tubuh kecil dengan kulitnya berwarna keabu-abuan. Salah satu ciri khasnya adalah bermata hitam oval. Alien tipe greys ini dikabarkan merupakan jenis alien dari golongan serangga dengan wajah mirip belalang. Alien tipe greys ini adalah jenis alien yang paling populer, bahkan sudah dipakai sebagai cap merk dagang produk tertentu.

Sosok alien tentakel dalam film Arrival mewakili perbedaan antara alien dalam fiksi ilmiah dengan alien yang dilaporkan oleh saksi mata

Sekarang penggambaran alien lebih beragam via edition.cnn.com

Dalam film Arrival, sosok alien yang tampak adalah makhluk berukuran besar berbentuk tentakel seperti gurita, yang berjalan melayang-layang dengan kaki-kakinya. Berbeda dengan sosok the greys sebelumnya, sosok alien ini kembali lagi dengan bentuknya yang mirip hewan bumi, dan bukan lagi berwujud mirip manusia. Mungkin ketidakpastian mengenai makhluk asing ini sendirilah yang menjadi teka-teki, sehingga sang pencipta film kembali menjadikan wujud alien sebagai bentuk yang ‘bukan manusia’.

Perwujudan alien-alien dalam film beberapa tahun dari sekarang diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan yang sudah ada. Sama halnya seperti perputaran fashion yang selalu kembali ke semula. Sehingga diprediksi wujud alien dengan anggota badan, mata dan mulut akan terus digunakan dalam film, setidaknya sampai kita semua tahu seperti apa wujud alien yang benar-benar nyata. Memang, hingga saat ini, tidak ada seorangpun yang tahu wujud alien itu seperti apa, bukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya