Perkembangan teknologi emang nggak ada habisnya. Manusia tak pernah puas dengan apa yang mereka raih dan selalu haus akan kebaruan. Dilansir dari Wired, baru-baru ini perusahaan layanan jejaring sosial Facebook telah merilis satu produk terbaru yang diberi nama Facebook Space. Perusahaan yang berdiri sejak 2004 itu memang tak henti-hentinya melakukan terobosan. Kali ini Facebook berambisi untuk menghadirkan pengalaman baru bersosialisasi lewat teknologi Virtual Reality (VR).

Bekerjasama dengan Oculus Rift and Touch yang terkenal akan produk-produk VR-nya, Facebook tampaknya berambisi membongkar batas dunia nyata dan dunia maya.

Nggak ada yang nggak mungkin memang, kemajuan teknologi ini membuka kemungkinan produk-produk ‘pintu kemana saja’ ala Doraemon bisa terwujud. Yuk kita sama-sama simak rangkumannya di Hipwee News & Feature.

1. Lewat Facebook Space, kamu bisa bertemu dengan teman-temanmu kapanpun & dimanapun. Bukan lewat chat atau video call lagi, tapi pengalaman virtual yang dibagi bersama

Berkumpul sama teman-temanmu di pesta virtual via mashable.com

Pengembangan teknologi VR selama ini masih terbatas mewujudkan pengalaman virtual bagi seseorang yang sedang bermain game ataupun nonton film. Targetnya masih hanya individu. Nah Facebook Space ini merupakan platfrom media sosial pertama yang sepenuhnya berbasis VR. Jadi ya bukan lewat chat atau video call lagi, kamu benar-benar bisa berinteraksi dengan orang lain selayaknya bertemu di dunia nyata. Artinya ya kalian bisa membagi pengalaman virtual yang sama dengan teman-temanmu untuk ngobrol, jalan-jalan, sampai mengadakan pesta virtual.

Advertisement

Misalkan, kamu bisa janjian dengan teman-teman sekantormu untuk mengunjungi tembok besar Cina bersama. Lewat Facebook Space, kalian tak perlu beli tiket pesawat atau ngurus visa. Tinggal pakai saja perangkat VR dan log in ke Facebook Space, ‘voila‘ kalian bisa menikmati pengalaman 3600 akan pemandangan tembok besar Cina bareng-bareng. Wah keren banget ya!

2. Fitur ini sederhananya mirip ‘pintu kemana saja’-nya Doraemon. Ya walaupun belum bisa pindah badan, tapi pikiranmu akan dibawa melayang kemana-mana

Mau liburan kemana saja bisa… via mashable.com

Teknologi VR atau pengalaman virtual ini memang tak terbatas. Bagi pintu ajaib Doraemon, kamu bisa mengunjungi semua tempat di dunia ini lewat Facebook Space. Lalu yang lebih menarik lagi, bukan cuma menikmati pengalaman itu sendiri tapi juga membaginya bersama teman-teman.

Ya tapi memang untuk bisa menggunakan fitur terbaru Facebook ini, kamu butuh peralatan khusus yaitu piranti VR besutan perusahaan Oculus Rift. Facebook telah membeli perusahaan VR Oculus ini pada tahun 2014 dengan harga selangit US$ 2 M. Peluncuran Facebook Space ini seakan-akan membuka tabir akan motivasi di balik pembelian tersebut. Ya ke depannya memang CEO Facebook Mark Zuckerberg meramalkan bahwa platform utama media sosial bakal bergeser ke VR.

3. Terus bagaimana cara makainya ya? Ini nih ada video demo-nya

Pertama-tama kamu memang harus mengunjungi laman Oculus ini untuk mengunduh Facebook Space. Lalu kamu bisa membangun karakter virtualmu berdasarkan foto dan informasi dalam akun Facebook-mu. Teman-temanmu juga harus bergabung jika ingin bersama-sama menikmati medsos virtual ini. Tinggal siapkan piranti VR kalian dan langsung seru-seruan bareng di tempat manapun yang kalian inginkan!

4. Meski sudah diluncurkan, fitur ini memang baru dalam tahap pengembangan awal jadi masih banyak keterbatasannya. Ya istilahnya baru sekadar memperkenalkan lah

Kalo kalian pengen puas ngerasain dunia virtual Facebook ini kalian harus pakai piranti VR bawaan Oculus Rift. Selain hal itu, kemampuan berinteraksi terbatas hanya 4 pengguna dalam satu waktu, selain itu kita nggak bisa beranjak dari meja virtual itu, nggak bisa jalan-jalan apalagi naik motor. Tapi sabar ya, Facebook mau membenahi itu kok. Tunggu aja ya…
Keren nggak nih? Keren apa nggak nih?! Serius deh kalo kalian mau nyobain mending lihat review-nya dulu deh. Cuma kalau si bos Facebook memang sudah yakin kalau inilah bentuk media sosial kita di masa depan, ya kemungkinan besar tren ini bakal benar-benar terjadi. Ya siap-siap aja sih kalau nggak mau ketinggalan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya