Kalau saja mobil Presiden Joko Widodo nggak mogok saat kunjungan kerja di Kalimantan, persoalan mobil presiden tidak bakal ramai dibahas. Mobil Marcedes-Benz S-600 Pullman Guard hitam keluaran tahun 2007 tersebut tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Menurut keterangan Pasukan Pengawalan Presiden atau Paspampers sih nggak fatal, tapi akibatnya Pak Jokowi dan Bu Iriana terpaksa dipindah ke mobil cadangan yaitu Toyota Alphard.

Mogok juga di Magetan tahun lalu via news.detik.com

Mungkin kejadian ini tidak bakal begitu viral jika ceritanya selesai di situ. Akan tetapi kabar bahwa ternyata salah satu mobil kepresidenan masih digunakan SBY ketika mobil Jokowi mogok-mogok, bikin netizen heboh dan bertanya-tanya. Akibatnya, hubungan Istana dan Cikeas yang sudah damai setelah sebelumnya sedikit bergejolak, kembali memanas. Apalagi terdapat perbedaan statement dari kedua belah pihak tentang ‘peminjaman’ mobil resmi presiden ini. Pihak Istana mengaku SBY memang meminjam mobil tersebut karena masih dibutuhkan, namun pihak Cikeas tidak setuju sebagaimana dilaporkan Kompas di sini.

Sebagai kendaraan orang nomor satu di negara, jenis, perlakuan, maupun aturan tentang mobil kepresiden ini memang tidak bisa sembarangan. Nah terlepas dari perkara politiknya, banyak lho fakta menarik tentang mobil kepresidenan. Simak deh rangkuman Hipwee News & Feature ini!

Dari Era Presiden Soekarno, ada banyak merk mobil yang dipakai. Tapi yang paling lama ya Marcedez-Benz

Buick-nya Bung Karno yang jadi warisan sejarah via dapurpacu.com

Advertisement

Selama 22 tahun masa pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia memiliki beberapa mobil kepresidenan. Yang pertama dipakai adalah mobil Buick-8, keluaran tahun 1939 dengan kapasitas 5247 cc. Pernah juga memakai Lincoln Cosmopolitan dan Cadilac, merek yang sama dengan yang dipakai Barrack Obama saat menjabat. Lalu ada juga mobil Chrysler, yang merupakan hadiah dari King Faisal dari Saudi Arabia.

Namun setelah itu Marcedes-Benz nampaknya menjadi merek favorit untuk Presiden Indonesia. Presiden Soeharto pernah memakai seri Mercedes-Benz 500 SEL Limousine sebelum berganti ke Marcedes-Benz seri S600 di tahun 1994. Mobil inilah yang akhirnya bertahan sampai 4 generasi Presiden. Model ini baru kemudian diganti dengan Mercedes-benz S600 Pullman Guard pada periode kedua kepemimpinan SBY. Mobil Mercedes-Benz ini memang jadi pilihan populer para pemimpin dunia saat ini, termasuk Indonesia.

RI-7 alias Jokowi sebenarnya punya 10 mobil kepresidenan. Namun masing-masing mobil memiliki fungsi yang berbeda

Mobil presiden masa kini via dagelan.co

Untuk seorang kepala negara, kendaraan jelas hal yang vital. Saat melakukan kunjungan kerja, mobil ini pun harus dibawa. Dikutip dari Detik, mobil Kepresidenan saat ini ada 10 unit, dipakai bersama-sama dengan Wakil Presiden. Kesemuanya adalah keluaran Marcedez-Benz dan 8 di antaranya merupakan seri S600 Pullman Guard.

Nah salah satu dari 8 Mercy S600 Pullman Guard inilah yang dipinjamkan ke SBY. Meskipun sudah sering mogok, pihak Istana menyatakan bahwa mobil-mobil Marcedes-Benz ini masih akan terus digunakan karena dianggap masih layak.

Soal security juga nggak main-main. Mobil presiden dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang bisa bikin kamu tercengang

Presiden AS, John F. Kennedy ditembak ketika berada di mobil kepresidenan via www.cnn.com

Siapapun yang punya duit sebenarnya bisa-bisa saja beli Mercy, namun mobil-mobil presiden jelas dibuat ekstra spesial dibanding mobil yang dijual di pasaran. Fitur custom made mobil kepresidenan biasanya berkutat seputar security atau keamanan. Terutama setelah kejadian fatal yang menewaskan Presiden AS, John F. Kennedy pada tahun 1963, isu keamanan mobil presiden memang tidak bisa dianggap sepele. Dari body baja, kaca anti peluru sampai sistem pemadam kebakaran otomatis, berbagai fitur keamanan digunakan untuk melindungi orang nomor 1 sebuah negara.

Demi alasan keamanan, fitur-fitur ini biasanya jadi classified information atau dirahasiakan. Meski suka mogok, tapi kabarnya mobil Jokowi ini juga dilengkapi dengan keamanan mutakhir. Disamping fitur keamanan di atas, katanya sih mobil Mercy ini juga dilengkapi sistem flat-run dimana mobil bisa melaju secepat 60km/jam meski dalam keadaan ban kempes. Jadi kalau ban-nya jadi sasaran tembakan penjahat, presiden masih tetap bisa mengamankan diri.

Dengan fitur secanggih itu, siapa yang menyopiri presiden ya? Yang jelas sih bukan orang sembarangan

Ini sih Jokowi yang jadi sopir via photo.liputan6.com

Keamanan tentu tak selesai hanya dengan fitur-fitur di mobil saja, tapi juga soal siapa yang mengemudikannya. Kalau di Indonesia, sopir seorang presiden haruslah berasal dari Paspampres yang merupakan tentara khusus gabungan dari Angkatan Laut, Darat, Udara, dan Kepolisian. Salah satunya adalah Sersan Pranto Jaya yang menjadi sopir VVIP sejak tahun 1990-an, mulai dari Pak Habibie, hingga SBY. Sebagaimana dilansir Tempo, ada serangkaian tes yang harus diikuti oleh Pak Jaya ini. Mulai dari psikotes dan mental ideologi di Badan Intelijen Strategis, hingga pelatihan di sirkuit untuk berbagai keterampilan mengemudi selama beberapa pekan.

Seperti kesetiaan pemerintah Indonesia pakai Mercy, tiap negara punya mobil kepresidenan ‘favorit’. Yang termahal harganya sampai 208 Milyar. Tebak milik siapa?

Ini lho mobil seharga 208 M via classics.com

Selain Jokowi, mobil Marcedes-Benz S600 Pullman Guard ini juga dipakai oleh Raja Salman lho. Hanya saja, mobilnya Raja Salman keluaran 2016. Meskipun Mercy model ini yang paling umum, masing-masing negara punya preferensi yang berbeda. Di Jepang, mobil nasional adalah Toyota. Saat menjabat, salah satu mobil kepresidenan Obama adalah Cadilac yang disebut The Beast. Meski namanya begitu, mobil ini dilengkapi pengaman super dan harga yang super mahal, yaitu 13 M. Sementara mobil Pak Jokowi harganya 6 M.

Tapi ngomong-ngomong soal harga termahal, mobil Obama ini nggak ada apa-apanya dibanding mobil Bentley State Limousine milik Ratu Inggris yang harganya 208 Milyar. Mobil ini memang dibuat untuk sang Ratu bertepatan dengan ulang tahun ke-50 dari Bentley.

Wah, ternyata mobil presiden sangat istimewa ya. Wajar sih karena tugas seorang Presiden memang sangat besar. Jadi segala kenyamanan dan keamanan harus jadi prioritas pertama. Tapi di Indonesia ternyata mobil Presiden tak beda dengan si Komo yang jago mogok. Jadi, jangan kesel kalau lagi naik angkot terus angkotnya mogok. Wong mobilnya Jokowi saja juga bisa mogok….

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya