Pernah dengar ‘sister city’? Buat yang belum tahu, sister city adalah suatu program kerjasama antara dua kota yang biasanya berbeda negara. Kota-kota yang menjalin kerjasama mempunyai kesamaan bidang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Biasanya mereka saling ‘tambal-sulam’ melengkapi kekurangan masing-masing. Baru-baru ini, Surabaya juga menjalin kerjasama dengan kota besar di Inggris yaitu Liverpool.

Sebagai sister city atau ‘kota saudara’, kedua kota tersebut bersama-sama fokus mengembangkan dan saling membantu sektor ekonomi kreatif dan kemaritiman. Surabaya dan Liverpool juga bekerjasama mewujudkan smart city di kota masing-masing. Nah ternyata selain Surabaya, masih banyak kota-kota besar di Indonesia juga menjalin kerjasama dengan kota-kota di luar negeri. Kira-kira kota kalian ada nggak ya ‘saudara’nya di dunia? Yuk simak rangkumannya bareng Hipwee News & Feature!

1. Sejak 1995 Jakarta dan Paris sepakat menjadi sister city, walau pun nggak se-aktif dulu pemerintah terus mendesak kerjasama terus berlangsung

Sudah sejak lama Jakarta menjalin kerja sama dengan kota lain sebagai wujud sister city. Ternyata Jakarta banyak menjalin kerjasama dengan kota di negara lain. Dari Beijing, Paris, Hanoi, Berlin, Seoul, Rotterdam dan Pyongnyang, dari sekian banyak kota yang menjalin kerjasama mungkin Paris yang bikin geregetan. Saking pentingnya, dilansir dari Kompas, Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Hotmangaradja Pandjaitan tahun lalu semangat banget mendesak pemerintah untuk lakukan kerjasama lagi dengan Paris untuk tata kelola kota.

2. Medan dan kota Gwangju di Korea juga menjalin kerjasama sebagai sister city, program pertukaran pelajar bahkan pernah dilakukan lho…

Menjalin kerjasama lewat sister city menghasilkan keuntungan yang secara langsung bisa dinikmati warga kotanya. Seperti di Medan, 16 siswa ikuti program pertukaran pelajar ke Gwangju sebagai dampak positif dari program sister city tersebut.

3. Bandung selain jadi sister city juga berperan sebagai mentor kota Cotabato di Filipina

Kedua kota tersebut sama-sama memiliki persentase tinggi muda-mudi, yaitu sekitar 60%. via www.otonomi.co.id

Advertisement

Keuntungan lain dari program sister city ini adalah bisa berbagi dengan kota lain mengenai kemajuan dan masalah nyata yang dihadapi. Nah Bandung sebagai kota yang besar dengan keindahan taman dan fasilitas publik, telah melakukan kegiatan mentoring dalam program sister city di kota Cotabato, Filipina.

4. Selain Medan yang bekerja sama dengan kota di Korea Selatan, Semarang juga jadi sister city-nya kota Jung Gu asal negeri ginseng itu

Pada November 2016 lalu Semarang menjalin hubungan kerjasama dengan kota di Korea Selatan yaitu, Jung-Gu. Hubungan persaudaraan tersebut fokus dalam sektor infrastruktur kota, pariwisata, investasi, pertukaran informasi dan budaya serta peningkatan sumber daya manusia. Semoga efek baiknya cepat terasa ya….

5. Sama-sama punya nilai bersejarah, Yogyakarta dan Kyoto juga jalin kerjasama pariwisata lewat sister city

Nggak diragukan lagi Jepang memang memiliki budaya dan sejarah yang kuat. Bisa dilihat bagaimana mereka mampu melaju menjadi negara besar lewat kebudayaannya. Siapa yang nggak kenal anime, manga, dan bahkan fashion-style a la Jepang, kerjasama kota Yogyakarta dengan Kyoto di Jepang bisa banget menjadi peluang, merawat kebudayaan yang bernilai sejarah tinggi hingga terkenal ke mancanegara.

6. Kota Ambon nggak mau kalah, mereka juga jalin kerjasama dengan Darwin sebagai sister city

Banyak yang nggak tau Ambon dan Darwin ternyata sudah 25 tahun lebih menjalin kerjasama. Pada tahun 2015 lalu, seperti yang dilansir dari kemlu.go.id kerjasama kota kembar Ambon dan Darwin fokus pada sektor pariwisata, terutama memecahkan masalah mobilisasi turis dari Darwin untuk melancong ke Ambon dengan jalur udara.

7. Jepang juga tertarik menjadikan beberapa kotanya sister city untuk Aceh

Jepang juga tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Aceh. Dikutip dari Okezone, Jepang tertarik untuk melakukan kerjasama melalui sister city dengan Aceh. Kota yang diajukan Jepang adalah sebuah kota di provisi Niigata bernama Mano Town. Jepang ingin memberikan bantuan dana hibah untuk sektor kesahatan, pendidikan, pengentasan kemiskinan dan kemanusiaan seperti penanganan pengungsi dan perlindungan manusia dari ancaman kekerasan.

Daftar di atas adalah beberapa kota besar yang menjalin kerjasama sister city dengan kota lain di mancanegara. Sebenaranya, banyak sekali kota-kota di Indonesia yang menjalin kerjasama lewat sister city selain daftar di atas. Banyak dari kerjasama tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat, ke depannya semoga kerjasama ini memberikan efek yang secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakatnya deh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya