Untuk jadi sarjana dan menyandang gelar akademik, jelas bukan perjuangan yang mudah. Bukan seperti sewaktu sekolah yang jelas jenjang dan waktu kelulusannya, seberapa cepat atau lambat kamu menyelesaikan masa kuliah itu sebagian besar ditentukan oleh dirimu sendiri. Apalagi kalau sudah berhadapan dengan tugas akhir penyusunan skripsi, banyak mahasiswa tingkat akhir yang terluntang-lantung karena kurang motivasi diri sampai kehilangan arah. Alhasil ya tidak lulus-lulus.

Jujur saja, pasti ada deh kakak tingkatmu yang harusnya sudah lulus tapi masih saja berkeliaran di kampus karena skripsinya nggak kelar-kelar.

Ketika masih banyak mahasiswa Indonesia yang masih kesulitan untuk lulus dan memperoleh gelar sarjana, nyatanya ada loh orang yang bisa melalui kuliah dengan mudah. Salah satu yang paling mencengangkan adalah pria asal India ini. Gimana nggak bikin kagum, kaget sekaligus kesel. Alih-alih punya satu atau dua gelar akademik, pria ini bahkan menyandang 145 gelar akademik di belakang namanya! Gokil dah, gimana ya caranya?! Yuk simak cerita selengkapnya bareng Hipwee News & Feature.

Pria tersebut bernama VN Parthiban. Bisa dibilang koleksi gelar akademiknya adalah yang terbanyak di dunia! Gimana ya nulisnya di KTP?

Tuh namanya, gimana coba kalau nulis di KTP via amazingindiablog.in

Kalau kita mendapat satu gelar sarjana saja susah, Profesor VN Parthiban ini beda cerita. Dengan koleksi gelar akademik yang konon katanya mencapai angka 145 gelar akademik di belakang namanya, bisa dibilang hobi pria yang satu ini ya memang kuliah.

Advertisement

Bayangkan, dia punya 12 gelar master filsafat (M.Phil), 8 gelar master hukum (ML), 10 gelar master seni (MA), 8 gelar master ekonomi (M.Com), 3 gelar master sains (M.Sc), 9 gelar master of di bidang bisnis (MBA), dan masih banyak gelar-gelar lainnya. Selain itu ia juga aktif mengajar sebagai dosen di berbagai lebih dari 100 bidang. Gokil nggak tuh!

Dulunya ia juga seperti kita, lulus aja susah. Namun kesukaannya belajar membuatnya survive hingga mendapat 145 gelar di belakang namanya

Awalnya sih susah juga via Indiatimes.com

Padahal dulunya ternyata Profesor Parthiban ini juga punya kesamaan seperti kita (mahasiswa pada umumnya). Ia mengaku ia pun pernah kesulitan semasa proses mendapatkan gelar akademik pertamanya. Namun karena kesukaannya belajar ilmu dan teori-teori baru, pada akhirnya ia tetap berjuang terus hingga mendapat 145 gelar sarjana.

“Aku sangat menyukai belajar. Nggak susah sama sekali kok belajar segitu banyak ilmu,” ujarnya.

Sepanjang 30 tahun lebih perjalanannya sebagai penimba ilmu dan pengolek gelar akademis, ia mengaku bahwa ia sangat menikmati belajar dan kuliah. Sembari kuliah di satu bidang, ia juga terus berencana dan mempersiapkan kuliah-kuliah di jurusan dan kampus lainnya. Selain itu, semua itu ia lakukan sembari bekerja di Departemen Kehakiman karena yang namanya ilmu itu juga harus dipraktikkan. Kalau nggak punya niat, tekad dan usaha yang gila, nggak mungkin ia bisa melewati semuanya!

Meski punya gelar banyak, namun Profesor Parthiban ternyata juga manusia. Masalah pelajaran, ia ternya juga sering lupa

Ia juga manusia biasa kok via hufftingtonpost.com

Memang sih Profesor Parthiban mengaku nggak sulit dan enjoy belajar, namun bukan berarti ia manusia super yang nggak pernah gagal. Sepanjang kariernya mengoleksi gelar akademik, ia mengaku pernah gagal dalam beberapa mata kuliah. Hal tersebut lantaran ingatannya yang ternyata nggak sekuat dugaan kita. Sering loh ia kesasar. Ia juga kerap salah belajar karena saking banyaknya bidang yang ia pelajari.

Mungkin hal yang satu ini yang bikin kita merasa bahwa kita dan Profesor Parthiban sebenarnya masih punya kesamaan. Sama seperti mahasiswa Indonesia pada umumnya, Profesor Parthiban ini juga nggak begitu suka sama yang namanya Matematika. Jadi beliau masih bisa disebut manusia ‘kan, ya… Haha

Nah yang nggak kalah gokil, istri dan anaknya pun juga punya sifat yang sama. Keluarga Profesor Parthiban memang keren dah!

Sekeluarga sama-sama hobi mengumpulkan gelar via Scoopnest.com

Fakta bahwa Profesor Parthiban ini punya 145 gelar akademik saja sebenarnya sudah bikin kita kaget sekaligus menolak percaya. Nah fakta yang satu ini jelas bikin kita geleng-geleng kepala lagi. Ternyata sang istri juga punya hobi yang sama dengan Profesor Parthiban. Jika Profesor Parthiban punya koleksi 145 gelar, istrinya punya koleksi 9 gelar akademik! Nah kedua anaknya pun mirip juga. Keduanya sudah mengoleksi gelar Master. Ini bukti kalau sifatnya yang suka belajar ini nular ke keluarga. Keren…

Meski sudah mengoleksi ratusan gelar akademik di belakang namanya, namun Profesor Parthiban tetap tak ingin berhenti belajar. Ia pun berkata bahwa ia masih akan belajar lebih banyak ilmu lagi. Jangan kaget ya kalau dalam beberapa tahun lagi mungkin jumlah gelar akademik milik Profesor yang satu ini bakal bertambah lebih banyak lagi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya