Sosok Presiden Jokowi memang selalu menjadi perhatian. Segala hal yang ia tampilkan di publik, selalu sukses membuat publik penasaran. Bahkan sebelum jadi Presiden pun, ia selalu sukses menarik perhatian publik. Gaya blusukan a la Pak Jokowi misalnya. Siapa sih yang tidak mengelu-elukan beliau kala itu? Pun demikian dengan hal sesederhana, foto Pak Jokowi mengenakan sarung dan berdiri di tepi kolam. Foto tersebut viral.

Tak cuma itu, gaya penampilannya pun juga selalu membuat publik sosial media penasaran. Ingat dengan jaket bomber yang dikenakan Pak Jokowi? Viral sandal biru yang ia beli kala ada diskonan kemarin juga viral, ‘kan? Begitu pula dengan payung biru yang ia kenakan saat aksi damai 212 kemarin. Kali ini, giliran laptop Pak Jokowi yang jadi viral. Streaming pertandingan dari Iran menggunakan laptopnya, laptop milik Pak Jokowi langsung ikutan viral. Padahal itu cuma laptop, loh…

Fenomena ini lucu sih. Hal-hal kecil dari sandal sampai laptop pak Jokowi mengundang banyak perbincangan. Dari meme sampai akun Twitter bernama @laptopjokowi, semua orang tampaknya terkesima dan penasaran dengan keseharian Presiden kita yang tampaknya justru mirip dengan kita semua.

1. Siapa sih yang nggak penasaran dengan kehidupan kepresidenan? Wajar sih kalau ngepoin Pak Jokowi

Penasaran sama kehidupan presiden via detak.co

Sebagai rakyat biasa kita tentu penasaran seperti apa sih kehidupan seorang presiden. Ekspekstasi kehidupan presiden yang serba mewah sudah dibangun sejak lama dalam benak rakyat biasa dari film-film yang beredar di pasaran. Jujur saja, kamu pasti membayangkan kalau jadi presiden itu hidupnya enak. Karena itu banyak yang kemudian kepo dengan kehidupan Pak Jokowi. Yah, selayaknya rakyat yang penasaran bagaimana sih hidup pemimpinnya.

2. Pembawaan Pak Jokowi yang mudah bercanda bikin orang-orang berani kepo. Bapak ini selow saja jadi bahan omongan orang-orang

Advertisement

Pembawaannya santai~ via metrobali.com

Nyatanya, Pak Jokowi adalah salah satu presiden yang memiliki pembawaan mudah bercanda. Karenanya rakyat biasa mulai berani kepo dengan kehidupan kepresidenan Pak Jokowi. Akun Twitter bernama @laptopjokowi yang ramai minggu lalu jadi bukti bahwa orang-orang menganggap Pak Jokowi sebagai presiden yang terbuka terhadap masukan maupun kritikan orang lain. Yah, berbeda jauh dengan beberapa pemimpin lain yang memiliki sifat sedikit tertutup dan galak kepada orang lain.

3. Sifat santai Jokowi ini bikin orang penasaran dan ingin kenal lebih dekat. Makanya keseharian Presiden bersahaja ini seringkali jadi headline berita

Jokowi yang dekat dengan rakyat via youtube.com

Kamu pasti tahu lah bagaimana Pak Jokowi saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari media. Pembawaannya santai dan selow meski tengah banyak pertanyaan yang menghujaninya. Karena itu banyak orang yang penasaran, apa iya Pak Jokowi tak pernah merasa tertekan? Kepo terhadap kehidupannya jadi salah satu cara mereka untuk mengetahui bagaimana Pak Jokowi yang sebenarnya. Makanya dari pilihan sepatu diskonan sampai semangatnya nonton bola depan laptop layaknya kita semua, membuat rakyat merasa lebih dekat dengan pemimpin negara ini.

4. Mungkin karena awalnya Jokowi juga rakyat biasa seperti kita, kisah luar biasanya mencapai puncak kekuasaan tampaknya tak akan habis jadi bahan pembicaraan

Awalnya juga orang biasa via dilarang-go.blogspot.co.id

Siapa sih yang mengira bahwa sosok Joko Widodo akan memimpin negara ini? Pak Jokowi yang berasal dari kalangan rakyat biasa yang kemudian terpilih sebagai RI 1 menimbulkan kesan bahwa ternyata kemungkinan menjadi presiden tak cuma dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Nah, bagaimana perubahan kehidupan seorang Jokowi setelah jadi presiden jelas membuat banyak orang penasaran dan kemudian ngepoin perubahan hidupnya. Meski telah dua tahun menjabat sebagai orang paling berkuasa di negeri ini, nyatanya sampai saat ini Jokowi tidak mengingkari personanya sebagai orang biasa.

5. Sekalinya kelihatan pakai barang mewah, banyak yang merasa dikhianati dan mulai bergunjing. Tapi juga harus diingat Jokowi itu bukan orang miskin yang pakai kaos oblong melulu

Jaket bomber yang juga bikin headline  via www.kpopchart.net

Selama ini dalam benak kita, kehidupan presiden adalah kehidupan yang serba mewah dan mahal. Wajar lah. Karena memang beliau adalah orang nomor satu di negara ini. Latar belakangnya sebagai pengusaha sukses juga menyiratkan bahwa di kalangan orang biasa sekalipun, Pak Jokowi termasuk kalangan menengah ke atas. Pilihan gaya hidupnya saja yang tidak hedon dan tetap merakyat, tapi ya sebenarnya tetap orang kaya. Wajar saja jika Presiden mampu membeli jaket bomber yang rada mahal.

6.  Meski sesekali terlihat dengan barang bermerek, Pak Jokowi tetap tak lupa mempromosikan produk hasil karya anak negeri. Beliau percaya produk Indonesia tak kalah berkualitas

Promosi hasil karya anak negeri via www.kajianukhuah.net

Citra Presiden Joko Widodo yang sederhana dan merakyat, paling bisa terlihat dari pilihan barang yang dipakainya sehari-hari. Pembawaannya yang santai dan bersahaja, juga membuat banyak netizen membicarakan dan bergosip tentang pemimpin negara ini layaknya sebagai teman biasa. Pesan lewat postingan pribadinya, Pak Jokowi bisa menunjukkan tanggung jawabnya sebagai presiden sekaligus tetap terkesan friendly pada semua golongan masyarakat.

Hebat juga ya persona Presiden kita yang satu ini. Hanya dari pilihan alas kaki saja, kita bisa terkagum-kagum dibuatnya. Meski demikian, kita tak boleh lupa untuk juga memperhatikan kinerjanya sebagai seorang pemimpin negara. Bukan hanya soal gaya hidupnya yang sederhana atau tidak, seorang presiden harus mampu menyelesaikan persoalan-persoalan pelik yang dihadapi negeri ini supaya kita tetap bisa maju sebagai sebuah negara.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya