Banyak orang yang sekarang bermimpi bisa punya penghasilan dari media sosial. Lihat saja bagaimana cara Youtuber, blogger, atau selebgram sukses mendapat duit serta berbagai endorsement, dengan membuat konten yang seru dan keren-keren. Siapa coba yang kepengin?! Tapi untuk punya penghasilan tetap yang bisa diandalkan dari medsos, jelas bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, orang-orang mulai berlomba-lomba menciptakan video atau postingan viral dengan ide-ide yang semakin gila.

Sepertinya rumus dasarnya adalah: semakin gila akan semakin menarik perhatian. Benar sih, tapi mindset ini ternyata sangat berbahaya! Bukannya kreatif atau menghibur, makin banyak Youtuber atau vlogger yang mengadakan challenge-challenge berbahaya demi mendapatkan penonton. Bahkan sampai ada yang meninggal lho! Mirisnya, kejadian seperti ini kayaknya tambah sering terjadi deh. Nggak percaya?! Lihat sendiri rangkuman Hipwee News & Feature di bawah ini. Jangan ditiru ya guys!

1. Kasus terbaru, sorang vlogger dari Cina keracunan setelah pamer aksi makan tanaman mentah yang dikiranya lidah buaya saat siaran langsung

Food challenge memang merupakan genre populer di Youtube dan berbagai situs live streaming lain. Sepertinya banyak orang yang mendapat kepuasaan tersendiri, dengan melihat orang lain makan banyak atau berani mencoba makanan yang super pedas atau super aneh. Mungkin bagi seorang vlogger asal Cina bernama Zhang ini, makan Samyang atau challenge ‘mokbang’ lain sudah terlalu mainstream. Makanya ia punya ide untuk makan tanaman mentah yang awalnya dia kira lidah buaya biasa.

Ternyata yang Zhang makan bukanlah lidah buaya, tetapi tanaman eksotik dari Meksiko yang sangat beracun. Sontak tidak lama setelah ia berkomentar ‘..sangat pahit, sangat pahit’, Zhang menyadari dirinya keracunan dan langsung bergegas ke rumah sakit di tengah siaran langsung. Menurut berita dan cuplikan video live streaming yang diunggah oleh World News Courier, beruntung Zhang masih punya kesadaran untuk pergi ke rumah sakit hingga nyawanya bisa tertolong. Bisa bahaya banget tuh kalo telat!

2. Kejadian yang lebih memilukan terjadi pada pasangan Youtuber dari Amrik ini. Ingin merekam bagaimana sebuah buku bisa menahan peluru, perempuan muda ini tidak sengaja menembak mati pacarnya

Mirisnya ide gila ini datang dari pacarnya sendiri supaya channel Youtube mereka tambah populer via twitter.com

Advertisement

Tragedi yang dialami pasangan muda ini sungguh memilukan. Gara-gara ingin membuat video Youtube yang viral, Monaliza Perez kini harus mendekam di penjara karena tidak sengaja menembak mati pacarnya sendiri Pedro Ruiz III. Pasangan yang sedang menanti kelahiran anak keduanya ini, memang sedang giat ‘membangun’ channel Youtube mereka yang bertema challenge. Bahkan sesaat sebelum peristiwa penembakan itu, mereka sempat memberi spoiler bahwa challenge berikutnya adalah yang paling gila dan berbahaya. Followers-nya diminta menantikan video berikutnya, yang sekarang kita ketahui bersama berakhir tragis.

Ide menahan tembakan peluru dengan buku tebal itu, mirisnya adalah ide Pedro sendiri. Menurut pengakuan Monaliza, Pedro berkali-kali meyakinkannya bahwa stunt ini aman karena ia telah mencoba dengan menembak buku dan pelurunya tak pernah sampai menembus. Tapi ternyata realitanya berbeda.

3. Demi edukasi para penontonnya, Youtuber ini nekat meminum air putih yang dicampur sianida

Seorang Youtuber bernama Cody Don nekat lakukan aksi gila meminum sianida demi buktikan bahwa sianida memang punya efek yang sangat berbahaya bagi manusia. Dia campurkan belasan miligram sianida di minumannya, lantas meminum air tersebut. Setelah menenggaknya dia mendeskripsikan bagaimana tubuhnya mengalami gangguan seperti mati rasa, tremor dan susah bernapas. Bahaya banget nih. Beneran deh guys yang kayak gini jangan sampai ditiru!

4. Demi jadi bintang Youtube, seorang pria nekat minum minyak cabe. Alhasil dia musti dirawat selama dua minggu di rumah sakit

Budaya challenge ini bisa sangat berbahaya via bintang.com

Pria yang tidak diketahui identitasnya ini, memamerkan aksinya meminum minyak cabe yang super pedas. Challenge ini ia lakukan semata-mata untuk mewujudkan mimpinya menjadi Youtuber dan mempromosikan usaha iga bakarnya. Sayang sekali dia harus menjalani perawatan selama dua minggu lamanya akibat aksi nekatnya itu.

5. Dua orang Youtuber panjat sebuah gedung pencakar langit tanpa perlengkapan keselematan. Aksi-aksi berbahaya yang sebenarnya ilegal ini, memang pasti banyak yang nonton

Akun Youtube Night Scape mengunggah video saat mereka sedang menyusup ke sebuah gedung dan memanjat gedung tersebut. Gedung tersebut adalah Canary Wharf, gedung tertinggi di London tanpa piranti keselamatan, aksinya ini mendapat kecaman dari pihak berwajib, kritik juga dilayangkan kepada penjaga keamanan sekitar area gedung tersebut. Awas mas jatohhh…

6. Ada juga aksi seorang Youtuber berendam di bathtub yang penuh dengan berliter-liter saus pedas. Kecipratan sambel dikit aja mata dah nggak karuan, apalagi kalau begini…

Cemre Candar adalah youtuber asal Inggris, dia terkenal akan unggahan videonya yang memperlihatkan aksi tak wajar. Salah satu videonya yang cukup viral adalah saat dia menuangkan 1250 botol saus pedas di bathtub kamar mandinya. Tak hanya itu dia lantas nyemplung dalam bathtub tersebut. Aksinya ini malah berakibat fatal bagi dirinya sendiri, dia mengalami mati rasa sekujur tubuhnya karena panas yang begitu menyengat di kulit.

Memang kalau lihat rangkumannya seperti ini, kita mungkin bisa mengelus dada dan berpikir kok ya sampai segitunya sih orang pengen populer. Tapi kayak rumus ekonomi dasar, dimana ada penawaran di situ pasti ada permintaan. Alias, banyak orang yang memang menonton, mencari, dan mungkin suka dengan video-video gila macam ini sehingga ada juga orang yang cukup nekat untuk bertindak seperti ini. Ya sah-sah saja ingin membuat video populer dengan memamerkan bakat atau konten kreatif, tapi sayang-sayang lah sama nyawa. Apalagi kalau dilihat anak-anak atau orang yang mungkin pemikirannya belum matang, mereka cuma bakal kepikiran ngikutin tanpa paham risikonya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya