Meski katanya akhir zaman sudah dekat dan bumi makin tidak bisa ditinggali, ternyata masih banyak misteri yang belum terkuak dari tempat tinggal kita ini. Masih banyak tempat yang belum terjamah atau bahkan dikenali di peta. Masih banyak juga suku pedalaman yang hidupnya selama ini selalu terpisah dari peradaban. Ya wajar saja sih, lha manusia disebelah-sebelahmu aja tidak bisa ditebak isi hatinya. Nah kali ini ada satu lagi misteri yang bakal membuatmu terpana. Brightside berhasil mengumpulkan hewan-hewan luar biasa yang jarang sekali terlihat di muka bumi ini.

Disamping fakta bahwa spesies ini tidak pernah terlihat sebelumnya, penampakkan hewan-hewan ini sungguh unik dan membuat kamu kembali menghargai betapa hebatnya kreasi Sang Pencipta. Coba deh lihat ulasan Hipwee News & Feature ini, yakin kamu bakal berdecak kagum!

1. The Salp, plankton transparan adalah pahlawan yang menyerap CO di lautan. Mungkin makin banyak ditemukan di permukaan karena level polusi CO2  di bumi semakin menjadi-jadi

Salp (Salpingo-oophorectomy) adalah plankton yang mempunyai kulit dan tubuh transparan. Saking uniknya kadang orang yang melihatnya di laut mengira itu bukan makhluk hidup melainkan benda semacam plastik. Meskipun seringkali dicampakan, jangan salah Salp ini pahlawan di lautan. Salp mengonsumsi CO2 dengan menyerap ke tubuhnya yang transparan. Dengan demikian karbon di lautan bisa berkurang berkat Salp ini.

2. Lobster berwarna cantik bernama ‘The Cherax Pulcher’ ini juga makin sering terlihat. Hebatnya, spesies ini baru ditemukan di Indonesia lho

Papua memang menyimpan berjuta keindahan, dan masih banyak misteri yang belum terungkap di sana. The Cherax Pulcher adalah rahasia paling indah yang berhasil diungkap oleh ilmuwan Jerman, Christian Lukhaup pada tahun 2015 lalu. Cherax Pulcher ini adalah lobster dengan cangkang berwarna gradasi merah muda, cola, ungu dan biru dan banyak ditemukan di wilayah Hoa, Teminabuan, Kepala Burung Papua. Pulcher sendiri punya arti ‘cantik’, diambil dari bahasa latin. Nama dan penampakannya cocok banget nih…

3. Ili Pika, kelinci langka ini pernah dilihat di ujung pegunungan Cina. Gerakannya begitu gesit, sampai sulit terlihat

Ili Pika adalah hewan sejenis kelinci yang sudah lama ditemukan, namun karena susah dijumpai maka tak banyak dokumentasi visual tentangnya. Setelah diusut memang minimnya dokumentasi itu untuk menanggulangi kepunahan Ili Pika ini. Kalian yang ingin sekadar melihatnya di alam bebas, bisa kalian cari di Distrik Ili di ujung barat Provinsi Xinjiang, Cina. Itu pun kalau kalian berhasil ya…

4. Katak Pinokio, beneran nih hidungnya bisa berubah panjang. Ini juga asalnya dari Indonesia!

Advertisement

Papua yang eksotis memang nggak ada habisnya deh ngasih hal-hal menakjubkan! Satu lagi nih hewan unik di Papua, namanya katak pohon hidung lancip, dikenal juga dengan Katak Pinokio karena hidungnya yang bisa memanjang. Spesies katak ini ditemukan oleh Paulus Oliver di Pegunungan Foja, di Pulau Guinea Baru, Provinsi Papua pada tahun 2008. Uniknya katak pinokio itu memanjangkan hidungnya saat ingin memperoleh perhatian pasangannya, nggak hanya itu hidungnya juga memanjang saat merasa terancam. Nggak tahu nih katak bisa bohong apa nggak kayak si Pinokio.

5. Kelelawar Putih dari Honduras ini jelas berbeda dari kelelawar kebanyakan. Ya dominannya warnanya hitam, lha ini putih

Apa yang kamu bayangkan ketika melihat Kelelawar putih yang menggemaskan itu? Jangan harap kamu bisa adopsi, hewan yang cukup langka itu hanya dijumpai di Honduras, Panama Barat atau di Kosta Rika. Kelelawar ini memiliki bulu putih seputih salju serta tangan, kaki dan telinga berwarna kuning. Kelelawar putih Honduras hanya bisa hidup dengan mengonsumsi buah.

6. Kura-kura albino dari Cina ini juga bentuk anomali. Biasaya bercangkang keras, kura-kura ini cangkangnya lunak

Kura-kura biasanya punya cangkang atau tempurung keras, beda dengan Kura-kura albino dari Cina ini. Cangkangnya lunak seperti tulang muda, sayangnya karena keunikan tersebut kura-kura itu jadi santapan manusia. Selain warnanya yang mengesankan, bentuk hidungnya juga unik seperti sedotan. Hidung yang lucu itu digunakan untuk bernapas di dalam air, mirip ninja-ninja jaman dulu nih…

7. Yoda Bat, kelelawar hidung tabung yang mirip tokoh Star Wars

Tahu kenapa dijuluki Yoda Bat, ternyata emang mukanya mirip Jedi Master Yoda di film Star Wars, lucu ya mukanya mirip alien. Sebenarnya yang bikin kelelawar ini terlihat aneh itu dari bentuk hidung tabungnya. Hewan pemakan buah ini ditemukan di Papua Nugini pada tahun 2009, lucu dan mengagumkan kan? Jangan sampai punah deh.

8. Monyet Hidung Pesek, suka bersin-bersin kalo kehujanan

Kalian yang mengira monyet di bumi emang kebanyakan pesek? Memang benar, tetapi kalian harus tahu Monyet Hidung Pesek, karena ke-pesek-kannya itu sampe bersin-bersin tiap kali hujan membasahi tubuh monyet ini. Bulu di badannya berwarna hitam dan krem di dadanya, nah bulu di kepalanya juga nggak kalah unik tuh… mohawk-hairstyle!

9. Lumba-lumba merah muda dari Amazon, cantik ya warnanya

Sebenarnya lumba-lumba merah muda habitatnya nggak cuma di sungai Amazon, menurut beberapa sumber, lumba-lumba merah muda itu juga dijumpai di Amerika Utara bahkan Hong Kong. Warnanya yang merah muda itu banyak menarik orang untuk berinteraksi dengannya, namun ternyata lumba-lumba yang cantik itu tergolong susah atau kurang ramah dengan manusia. Sayang banget jumlahnya menurun, semoga terselamatkan deh.

10. Belalang bermata pink! Belalang cantik dari Papua Nugini

Belalang bagi sebagian orang sangat mengganggu bahkan sampai diusir karena dianggap hama. Tapi kalo lihat belalang yang satu ini bisa jadi malah kesengsem. Belalang ini pertama kali ditemukan di Papua Nugini. Jangan salah sangka, gambar di atas bukan mainan atau boneka, itu asli belalang bermata merah muda yang mempesona.

11. Nggak cuma lele, nih Gurita Dumbo!

Pernah denger Gurita Dumbo? Mungkin kedengaran aneh di telinga kita, tapi memang itu namanya. Sebenarnya nggak ada kaitannya sama Lele Dumbo, nama Dumbo berasal dari tokoh animasi terkenal Walt Disney, Dumbo tahun 1941. Sirip di Gurita Dumbo emang mirip telinga gajah, kebetulan tokoh Dumbo memang serupa gajah yang imut, lha kalo lele dumbo?

Dunia masih menyimpan banyak rahasia yang belum terungkap, banyak yang masih perlu dipelajari, jangan cuma kagum, kita musti terus belajar.

Nah… itu 11 hewan unik yang jarang kamu lihat ataupun dengar. Banyak yang bilang hewan-hewan di atas itu aneh atau menakutkan, mungkin memang benar aneh dan menakutkan tapi itu karena kita mungkin kurang terbiasa aja sih. Makanya biar kita lebih terbiasa, dijaga yuks biar nggak punah. Selain daftar di atas, masih banyak sekali hewan atau spesies yang belum terungkap penampakannya di bumi ini. Masalahnya adalah ketika banyak spesies baru ditemukan, semakin banyak pula ancaman atau risiko ekploitasi yang mengarah pada kepunahan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya