Rasanya memang bangga kala mendengar kabar baik dari Indonesia di mata dunia. Entah itu berita bahagia tentang atlet berprestasi, pariwisata sampai selebriti kayaknya nggak kurang nggak lebih bikin bangga. Baru-baru ini makin banyak ulasan tentang produk-produk Indonesia oleh orang luar negeri, di Youtube misalnya. Hanya sekadar melihat orang asing mengonsumsi produk Indonesia aja udah bikin hati seneng, setidaknya ada hal baik nan bermanfaat dari Indonesia untuk dunia.

Memang banyak produk Indonesia yang diekspor ke luar negeri, tapi banyak diantaranya yang dijual dalam bentuk mentah untuk kemudian diolah lagi dan diberi merek asing. Jadi meski produk asli negeri kita, seringkali nama ‘Indonesia’ sendiri tidak ikut bergaung. Paling ya Indomie yang cukup terkenal dan bisa kamu dapatkan dijual di berbagai negara. Nah ternyata bukan Indomie doang lho yang bisa kamu dapatkan dengan cukup mudah di luar negeri. Nih Hipwee News & Feature punya liputannya.

1. Indomie, orang Nigeria bahkan menganggap ini dari negaranya sendiri saking familiarnya dengan Indomie

Indomie terkenal di Nigeria bahkan 80% penduduknya mengonsumsi Indomie via indomie.ng

Lagi rame nih… produk makanan asli Indonesia ini banyak diminati orang-orang di luar negeri khususnya Nigeria. Bahkan di Nigeria untuk menyebut mi instan mereka pake kata ganti ‘Indomie’. Kehebatan Indomie menembus pangsa pasar di Nigeria bukan tanpa perjuangan keras, sejak 80-an PT Indofood Sukses Makmur menyuplai Indomie bahkan sempat menguasai semua pasar makanan instan. Sekarang 80% orang Nigeria mengonsumsi Indomie, angka itu bahkan dianggap kecil dari tahun-tahun sebelumnya, seperti dilansir dari Vice.

2. Tolak Angin, ternyata banyak orang pintar di dunia ini

Nggak cuma kalian yang suka masuk angin… bule-bule luar negeri juga mengalami hal yang sama. Produk Tolak Angin dapat kamu jumpai di beberapa negara seperti Australia, negara-negara Asia dan bahkan Amerika Serikat. Kesuksesan Tolak angin memasarkan produknya di luar negeri tak lepas dari niat baik Tolak Angin mengenalkan jamu sebagai produk tradisional asli dari Indonesia.

3. Kopiko, permen kopi yang mendunia

Advertisement

Permen rasa kopi ini asli Indonesia diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk. dan sudah dipasarkan konon ke 40 negara di dunia. Permen kopi ini sering kamu jumpai dari warung kelontong sejak era 90-an. Sekarang kamu bisa jumpai Kopiko di berbagai minimarket di Amerika, Inggris dan banyak negara di Asia. Permen kopi Kopiko ini termasuk dalam varian permen kopi yang paling terkenal di seluruh dunia.

4. J.CO Donuts, waralaba asli Indonesia yang menginspirasi pesaingnya

J.CO Donuts merupakan waralaba asli Indonesia yang didirikan oleh Johny Andrean Group. Waralaba yang menjual donat dan beberapa minuman ini bahkan katanya sempat dibajak di Malaysia. Selain di Malaysia, Nggak sedikit masyarakat Filipina juga familiar dengan Jco. Tuh ‘kan ternyata nggak cuma di Indonesia, nih salah satu produk waralaba asli buatan anak negeri yang sukses di pasar multinasional.

5. Nutrisari, berbagi kesegaran Indonesia dengan dunia

Kalian nggak bakal menemukan produk bernama Nutrisari di luar negeri. Ya, Nutrisari yang diekspor ke luar negeri dan berganti nama menjadi Nutri C. Kalian harus tahu bahwa produk ini juga punya peminatnya di luar negeri seperti Indomie, minuman ini juga diminati di Nigeria.

6. Paseo, terkenal di mancanegara karena kualitasnya

Produk tisu dengan merek Paseo ini sangat terkenal di luar negeri, khususnya di Selandia Baru. Nggak tahu kenapa yang pasti Paseo adalah produk tisu kelas satu yang merupakan kualitas terbaik dari tisu. Paseo ini sudah diekspor ke 65 negara di dunia dan menjadi pilihan produk tisu terbaik terlihat dari beberapa penghargaan yang mereka dapat.

7. Terry Palmer, dari IndonesiMa untuk Miss World

Namanya yang ‘britis-britisan’ ini mungkin menipu kalian, kalian mengira handuk ini produk luar negeri? Nggak, ini asli Indonesia dan menjadi handuk berkualitas dunia yang banyak dipakai oleh masyarkat dunia barat. Terry Palmer bahkan menjadi pilihan Miss world 2013 untuk turut mendukung ajang kecantikan kelas dunia itu.

8. Polytron, produk elektronik asli Indonesia banyak dikenal di Asia

Jangan kira Indonesia nggak punya wakilnya di bisnis teknologi. Polytron itu perusahaan asli Indonesia yang memproduksi piranti elektronik yang dipasarkan di berbagai negara di dunia. Polytron bahkan sudah punya pangsa pasar yang relatif stabil di beberapa negara Asia seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar dan lainnya.

Tuh ‘kan ternyata nggak cuma Indomie aja yang mendunia, banyak produk buatan putra tanah air yang juga mendunia bahkan beberapa mengusai pasar luar negeri. Bayangkan, itu hanya contoh produk yang kita jumpai sehari-hari, belum lagi produk fashion, kosmetik dan lainnya yang kemungkinan besar juga sudah mempunyai banyak konsumen setia di luar negeri.

Lalu tugas kita sebagai orang Indonesia apa? Tentunya dengan mengonsumsi produk-produk buatan bangsa sendiri, ikut serta dalam kerja-kerja kreatif untuk menciptkan inovasi baru sehingga kita bisa memuaskan hasrat mencintai produk dalam negeri. Jangan mau kalah sama produk asing, jika berusaha pasti bisa bersaing.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya