Apa yang bakal kamu pikirkan ketika kamu mendengar kata ‘mecin’? Pasti deh kita gak bakal jauh dari penilaian: “bumbu yang bisa bikin bego”. Bahkan buat ngejek orang yang gampang enggak fokus, kita bakal bilang sama dia, “Kebanyakan makan mecin sih!”.

Tak bisa dipungkiri, kita adalah generasi mecin. Generasi yang walaupun menilai konsumsi mecin sebagai sesuatu yang enggak baik, tapi kita tetap saja mengkonsumsinya. Dalam benak, ada perasaan takut buat melepaskan diri dari mecin. Hampir setiap makanan yang kamu beli atau kamu masak bakal pasti bermecin. Pasalnya, bakal kurang nikmat rasanya kalau enggak bermecin. Hehehe.

Padahal ya di balik gurihnya makanan-makanan bermecin, terkandung banyak potensi yang bisa membahayakan tubuhmu. Nah, biar kamu lebih mikir-mikir lagi, Hipwee bakal kasih tau bahaya-bahaya konsumsi mecin berlebihan nih. Simak yak!

 

1. Penyakit ringan secara borongan bakal menyerangmu. Pusing, mual, alergi, leher kaku sampai muncul ruam-ruam pada wajah.

Advertisement

Buat kamu yang kuliah atau kerja di bidang yang memerlukan fokus tinggi, maka mecin sangat tidak disarankan buat kamu. Kamu bakal mudah mengalami pusing, mual, alergi, leher kaku, mulut terasa kering, tangan kebas, hingga ruam pada wajah. Micin bisa membentuk zat alanin yang menghambat penyerapan vitamin B6 oleh tubuh.

Kalau sudah merasakan hal-hal di atas, biasanya kamu lebih baik mengambil tindakan untuk banyak minum air putih dan beristirahat. Dan tentunya, jauhi makanan-makanan yang mengandung mecin.

2. Mecin haram buat kamu yang lagi diet. Bahan makanan ini malah bisa bikin obesitas loh!

Kurangin mecinnya. via www.rolereboot.org

Buat kamu yang takut gemuk, ya, jauhinlah itu yang namanya mecin. Kurang-kuranginlah kalau bisa. Seorang ahli nutrisi dari Universitas North Carolina bernama Ka He mengatakan konsumsi mecin ada kaitannya dengan hormon leptin yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Dalam penelitiannya, orang yang makanan bermecin punya lebih banyak leptin.

“Konsumsi MSG mungkin menyebabkan resistensi leptin sehingga tubuh tidak bisa memproses energi yang didapat dari makanan secara sempurna. Itu sebabnya mengapa berat badan orang yang mengonsumsi MSG bertambah sesuai dengan jumlah kalori yang diasupnya…”

3. Makananmu memang bakal terasa gurih dan nikmat disantap. Tapi tahu gak bahayanya buat penglihatanmu?

Blurrr via cdn.teen.com

Banyak organ tubuh penting yang bisa terganggu fungsinya kalau kamu kebanyakan konsumsi makanan bermecin. Kesehatan mata pun enggak luput dari gangguan.

Awalnya mungkin kamu enggak bakal begitu sadar kalau mecinlah penyebabnya. Tapi setelah baca ini, mending kamu jauhin itu yang namanya mecin. Rasa nyeri sekitar mata biasanya bakal menghinggapi sebagai gejala awal. Kemudian, kamu bakal merasakan kabur dan sulit untuk fokus dalam penglihatan.

Meskipun makanan yang mengandung micin memang terasa lebih gurih dan nikmat, mulai sekarang harus kamu kurangi ya, supaya penglihatanmu tetap sehat.

4. Konsumsi mecin secara berlebihan juga bakal membuat tekanan darahmu jauh dari normal.

Gak normal tekanan darahnya. via kunirputihwindramekar.com

Waduhhh ternyata mecin juga bisa bikin tekanan darahmu naik pesat atau turun anjlok. Tekan darah jadi enggak normal seperti biasanya.

Nah, buat para ibu hamil juga sangat tidak disarankan untuk menyantap makanan yang mengandung mecin. Konsumsi mecin berlebih untuk ibu hamil bisa menimbulkan sesak dada dan tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut, amit-amit, bisa memperbesar resiko serangan jantung yang pasti bisa mengancam kesehatan sang janin.

5. Kandungan glutamate dalam mecin berpotensi bikin kamu beresiko tinggi mengidap sakit jantung.

“Bang, jangan pake mecin yak!”

Nah mendingan sering-sering deh kamu ngomong gitu sama pedagang-pedagang makanan yang biasa kamu beli. Bukan apa-apa. Mecin besar kemungkinan dapat berdampak buruk terhadap jantungmu. Jantungmu berpotensi untuk berdetak secara tidak normal. Kurangnya suplai darah pada jantung juga bisa bikin nyeri pada dada.

Menurut seorang neurosurgeon asal Amerika Serikat, Dr. Russell Blaylock, akibat konsumsi mecin jantungmu bakal lebih beresiko sakit. “Banyak reseptor glutamat ditemukan baik di dalam sistem jantung dan otot jantung,” ungkapnya.

6. Konsumsi mecin yang gak pakai aturan juga dapat menyebabkan penyakit-penyakit saraf.

Ngeri ah.. via i.huffpost.com

Dr. Blaylock enggak cuma bilang kalau mecin bisa sebabkan sakit jantung. Dalam bukunya ‘ Excitotoxins: The Taste That Kills’, ia menyebut ada kaitan mecin dengan Alzheimer, parkinson, autisme sampai penyakit ADD (attention deficit disorder).

Mumpung masih muda nih, guys. Daripada nyesel di hari tua, mending hindari makanan-makanan yang mengandung penyedap rasa. Zat kimia pada MSG bersifat excitotoxin bisa merusak dan mematikan sel-sel otak.

7. Dan yang paling mengerikan, mecin mendorong pertumbuhan segala macam kanker. 

Dr. Blaylock mengemukakan penelitan yang bisa membuat generasi mecin bakal mikir-mikir lagi konsumsi makanan bermecin.  Penulis buku ‘Excitotoxins: The Taste That Kills’ tersebut menegaskan bahwa konsumsi glutamat berlebihan mendorong pertumbuhan kanker.

FYI, Dalam produksinya, mecin dibuat menggunakan suhu tInggi dalam jangka waktu lama. Kondisi tersebut bisa membentuk pirolisis yang bersifat karsinogenik, senyawa berbahaya yang berpotensi merangsang munculnya kanker.

Tanpa menggunakan mecin, makananmu mungkin bakal tak terasa sedap. Tapi daripada kamu mendapatkan bahaya-bahaya itu, mendingan dari sekarang juga kurang-kurangin konsumsi mecin.