Nonton film animasi memang punya sensasi tersendiri. Film-film animasi seperti Ice Age, Zootopia hingga Moana selalu bisa membuat kita ketagihan untuk nonton berkali-kali. Detail grafiknya itu loh apik. Dari pemandangan tempat yang luar biasa, sampai gerakan karakternya yang begitu luwes, animasi zaman sekarang bisa sangat detail dan mendekati kenyataan. Lewat film-film animasi, semua imajinasi bisa terwujudkan di layar.

Nah bagi penikmat film animasi, kamu wajib bangga dengan karya anak bangsa ini. Yuditya Afandi, siswa kelas 12 SMK Negeri 2 Bawang, Banjarnegara, berhasil menciptakan film animasi apik yang nggak kalah keren dibanding film produksi perusahaan animasi dunia. Lihat bareng yuk ulasan Hipwee News & Feature biar tahu sekeren apa sih hasil karya anak bangs ini.

Film pendek berdurasi kurang dari satu menit ini menampilkan detail grafik yang ciamik. Kamu nggak bakal nyangka kalau animatornya masih anak sekolahan!

Gimana, cakep ‘kan? via yudit1999.wordpress.com

Kalau melihat sekilas, grafik film animasi bikinan Yudit yang berjudul Some Night ini nggak kalah memukau dibanding film animasi buatan profesional. Kalau belum membaca artikel tentang film ini, kamu pasti nggak akan percaya bahwa Some Night adalah bikinan anak sekolahan yang masih duduk di bangku SMK.

Detail visual dan animasinya itu loh yang bikin kamu susah percaya kalau film pendek ini bikinan anak sekolahan. Hal ini jadi bukti bahwa skill dan keseriusan Yudit harus diacungi jempol!

Padahal Yudit mengaku cuma menggunakan software gratisan. Namun karyanya bisa sampai diakui oleh dunia!

Advertisement

Software gratis di tangan orang kece, jadinya keren! via www.blender.org

Kamu pasti pernah nonton animasi bikinan Disney dan Pixar ‘kan? Gimana detail animasinya? Bagus banget ‘kan?! Nah detail CGI dan animasi seapik itu biasanya didapat dari hasil olahan software yang mumpuni pula. Namun ternyata hal itu tak menjadi rumus wajib kok. Animasi bikinan Yudit yang berujudul Some Night ini cuma dibuat menggunakan aplikasi gratisan!

“Tidak masalah software apa yang kamu gunakan karena yang dicari dalam dunia industry adalah hasil karya kamu, bukan software yang kamu gunakan. Walaupun kamu menggunakan Blender namun kamu mampu menghasilkan sebuah masterpiece yang amazing sudah pasti kamu akan lebih dipilih di industri daripada orang yang menggunakan Maya tapi hanya mampu merender Cube,” tutur Yuditya didalam blog pribadinya.

Dengan modal aplikasi rendering gratisan tersebut, Yudit bisa menelurkan sebuah karya yang punya kualitas jempolan. Bahkan CGBros sampai-sampai memasukkan Some Night ke dalam list mereka. FYI aja nih, CGBros sendiri adalah sebuah channel yang mengkurasi karya 3D animation, Behind the Scenes/Making of VFX, Motion Graphic Design, Show Reels, dan Gaming. Jadi untuk masuk ke dalam channel mereka adalah sebuah prestasi tersendiri yang membanggakan.

Meski laptopnya sering nge-hang, animasi ini ia kerjakan secara mandiri. Kamu harus mencontoh semangat Yudit dalam mewujudkan kreativitasnya

Kekurangan Yudit tak sampai di situ saja. Selain software-nya yang cuma gratisan, laptop yang ia gunakan untuk mengerjakan animasinya pun bukan laptop canggih. Laptopnya cuma punya spek medio. Dengan prosesor Core i3, RAM hanya 2Gb, VGA hanya AMD Radeon R5, dan sering mengalami crash. Makanya masuknya Some Night ke radar CGBros adalah prestasi yang keren.

Oh iya, Yudit ini juga secara mandiri loh mengerjakan film pendek ini. Mulai dari visual hingga animasinya ia kerjakan sendiri. Keren ‘kan?

Nah kalau kamu penasaran sama gimana filmnya, nih silahkan tonton sendiri.

Btw, film karya Yudit yang dikurasi oleh CG Bros ini sudah ditonton puluhan ribu orang loh. Review-nya juga cakep! Nggak bakal nyesel deh menyempatkan diri nonton film berdurasi 57 detik ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya