“Tuntutlah ilmu setinggi langit.”

Pepatah yang sudah kita dengar sejak duduk di bangku sekolah dasar itu memang benar maknanya. Menuntut ilmu ialah sebuah keharusan bagi seseorang sebagai bekal untuk masa depan. Dengan ilmu dan pendidikanlah kita bisa bertahan dalam kejamnya persaingan untuk bertahan hidup. Banyak problematika yang memang sering menjadi kendala mengapa tak sedikit anak-anak yang putus sekolah di tengah jalan. Keterbatasan materi sering menjadi penyebab utamanya.

Lalu apa yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi masalah ini? Pemerintah Indonesia sudah sangat berusaha memberikan segala upaya agar dapat menekan angka putus sekolah. Biaya gratis dari SD hingga SMA sudah dilakukan. Para murid pun juga bisa mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan belajar. Tak hanya itu, berbagai macam beasiswa juga digalangkan demi membantu mewujudkan mimpi anak negeri untuk mengenyam pendidikan ke bangku kuliah. Bukan hanya di Indonesia saja, kita pun bisa mendapat sekolah gratis hingga ke luar negeri.

kedubes filipina via m.metrotvnews.com

Banyak negara yang sudah bekerjasama dengan Indonesia untuk memberikan beasiswa atau biaya kuliah yang tidak begitu mahal. Dengan kualitas yang bagus serta lingkungan beragam, menuntut ilmu di luar negri bisa menjadi sebuah pengalaman berharga. Dalam rangka mempromosikan pendidikan di Indonesia, Pemerintah Filipina akan menggelar pameran pendidikan yang bertempat di Jakarta Convention Center, 14-15 September mendatang.

Advertisement

“Kami datang untuk mempromosikan pendidikan Filipina yang sangat baik dan hemat biaya, karena masih di wilayah Asia Tenggara, kepada pelajar-pelajar Indonesia,” ungkap Maria Lumen Isleta, Duta Besar Filipina untuk Indonesia yang bertempat di Kedutaan Besar Filipina di Jakarta.

Misi ini merupakan bagian dari agenda pemerintah untuk mengeksplorasi peluang yang diajukan oleh kesepakatan perdagangan regional dan preferensial. Hal ini dilakukan untuk memperluas akses pasar dengan mitra dagang yang sudah ada dan atau baru, khususnya mengenai ekspor layanan pendidikan.

Pelajar Indonesia yang memang bercita-cita ingin kuliah di luar negeri bisa datang ke Filipina dan mengenyam pendidikan di sana. Bahasa Inggris yang digunakan sebagai media utama dalam proses belajar-mengajar bisa membantu para pelajar asing untuk memfasihkan bahasa dunia tersebut. Tidak hanya itu, suasana lingkungan yang multikultural juga bisa dijadikan sarana untuk memperluas pertemanan dari berbagai negara.

“Filipina menjadi pilihan terbaik bagi siswa asing, mengingat kursus kualitas sekolah di Filipina, biaya kuliah dan hidup yang terjangkau, dan tujuan dengan kesamaan budaya di wilayah ini,” tambahnya.

Pada acara pameran pendidikan Filipina mendatang kamu bisa memilih berbagai program studi. Setidaknya ada lebih dari 6 universitas yang menawarkan program pendidikan, misalnya saja bidang aviasi, bisnis, vokasi, teknologi, pendidikan, perawat dan kuliner. Jadi buat kamu yang memang sedang mencari beasiswa ke luar atau memang ingin melanjutkan pendidikan bukan di Indonesia, kamu direkomendasikan datang ke acara tersebut.