Foto-foto hewan unik yang menggemaskan belakangan ini sering jadi hits di media sosial. Dari kucing yang bulunya keriting alami, hingga anjing poodle raksasa yang bersahabat dengan bayi. Unik dan berbeda sedikit, netizen langsung ramai membicarakan betapa lucu dan menggemaskannya hewan-hewan yang biasanya hasil persilangan spesies baru tersebut. Meski jelas terlihat unik dan sangat berbeda, tapi kemunculan anjing-anjing berwarna biru di kota Mumbai, India akhir-akhir ini justru memiliki latar belakang cerita yang mengerikan.

Sebagaimana dilansir dari Hindustan Times, paling tidak sudah ada lima anjing liar di sekitar wilayah industri Taloja di Mumbai yang tiba-tiba saja berubah jadi biru. Warga setempat juga sempat dibuat bingung mengapa anjing yang bulu aslinya berwarna putih, mendadak menjadi biru terang. Setelah ditelusuri, fenomena mengejutkan tersebut disinyalir berasal dari sungai Kasadi yang terletak tidak jauh dari kawasan tersebut. Sungai itu juga jadi biru pekat. Bahkan menurut pemerintah setempat, air sungai tersebut sangat berbahaya bagi makhluk hidup mana pun, termasuk manusia. Waduh kok bisa ya?! Yuk simak info selengkapnya bareng Hipwee News & Feature!

Dipenuhi 1000 pabrik farmasi, makanan, dan perakitan, pembuangan limbah di area ini memang sulit dikontrol. Nyatanya masih ada pabrik yang buang sisa pewarnanya langsung ke sungai

Meski bagian sungai yang jadi tempat pembuangan limbah itu dipagari, anjing-anjing liar masih seringkali ditemukan mengais-ngais makanan atau mendinginkan diri di sana. Entah karena meminum langsung atau hanya terkena air sungai ketika berendam, bulu di sekujur tubuh anjing-anjing malang ini berubah menjadi biru. NGO setempat, Navi Mumbai Animal Protection Cell, kemudian berinisiatif menyebarluaskan foto-foto anjing biru itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan meminta pelaku di balik pembuangan limbah ini diberi sanksi keras.

Bukan cuma masyarakat sekitar saja yang heboh melihat penampakan anjing-anjing biru, peristiwa ini menjadi headline berita-berita internasional.

Ini bukan pencemaran biasa, air sungai di kawasan Mumbai itu diperkirakan 13x lebih berbahaya dari batas normal. Jelas nggak bisa diminum atau bahkan ditinggali ikan

Belum dipastikan apa masih ada spesies lain yang terkena dampak pencemaran ini via eatdrinkvotemove.files.wordpress.com

Advertisement

Menyusul kemunculan anjing-anjing biru ini, pemerintah setempat mengadakan uji kualitas air dari sungai Kasadi. Ternyata hasilnya sangat mengerikan! Level Biochemical Oxygen Demand (BOD) di sungai tersebut mencapai 80 mg/L! Selain jauh di atas batas aman untuk dikonsumsi manusia yaitu 3 mg/L, semua ikan juga akan mati karena ambang amannya juga hanya 6 mg/L. Padahal menurut Maharashtra Pollution Control Board (MPCB), pembuangan pewarna secara langsung ke sungai adalah tindakan ilegal. Maka dari itu, MPCB dan NGO setempat bersama-sama secara resmi mengajukan komplain dan menuntut pemerintah segera mengatasi masalah ini.

Kasus luar biasa ini bukan hanya merupakan pelanggaran berat terhadap kesejahteraan hewan, tetapi juga ancaman serius pada keberlangsungan lingkungan. Apalagi di tempat seperti India yang jadi ‘rumah’ bagi pabrik-pabrik farmasi besar dimana banyak bahan kimia digunakan. Jika pembuangan limbah tidak diawasi dengan ketat, dampaknya bisa sangat mengerikan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya