Bicara soal Indonesia, negara kita memang terkenal dengan kemacetan jalanannya. Jalanan Jakarta, Surabaya dan beberapa kota-kota besar lain kerap dipenuhi oleh mobil dan motor yang berdesak-desakan. Melakukan perjalanan jauh dengan kondisi jalanan yang macetnya nggak karuan, apalagi momen liburan tahun baru ini. Masalah transportasi memang jadi momok tersendiri di negara dengan populasi besar seperti Indonesia ini. Ketiadaannya sistem transportasi umum yang efisien di Indonesia membuat produktivitas masyarakat tidak bisa maksimal.

Jika menilik faktor efisiensi, kereta api sebenarnya merupakan moda transportasi paling ideal untuk negara kita ini. Aman dan bisa mengangkut banyak orang sekaligus. Tapi sayangnya, pengembangan sistem kereta api sepertinya baru jadi fokus pembangunan pemerintah pada tahun-tahun belakangan ini. Selain di pulau Jawa, belum terdapat infrastruktur rel yang bisa mengakomodasi mobilisasi penduduk. Ini alasan-alasan kenapa kereta api seharusnya jadi pilihan transportasi utama di Indonesia.

Jika dibandingkan, harga tiket dengan lelahnya perjalanan menggunakan kereta itu sepadan. Mahal nggak, capek juga nggak terlalu

Dalemannya udah cakep, nih~ via bagusgowes.wordpress.com

Kondisi kereta api Indonesia saat ini sudah jauh berbeda dengan kondisi kereta api beberapa tahun yang lalu. Jika dulu naik kereta api jarak jauh selalu bikin capek, sekarang sudah tidak. Fasilitas dalam kereta api sudah banyak pembaruan.

Sekarang kenyamanan tiap kursi penumpang sudah lebih diperhatikan. Sandaran punggung tiap kursinya sudah tidak lagi lurus dan keras. Belum lagi sekarang setiap kereta juga sudah dilengkapi dengan AC. Jika dulu naik kereta harus siap-siap keringetan, sekarang sudah tidak. Menggunakan kereta, kamu nggak perlu khawatir kecapekan. Fasilitas kereta api di kelas ekonomi saja sudah cukup nyaman untuk dibuat tidur sepanjang perjalanan. Kalau capek, ya tinggal tidur aja~

Bicara soal keamanan, kereta api merupakan pilihan transportasi darat paling aman. Berbeda dengan mobil atau motor ~

Advertisement

Kecelakaan kereta menurun tiap tahun~ via okezone.com

Dari sekian banyak transportasi darat yang tersedia di Indonesia, kereta api merupakan pilihan transportasi darat paling aman, loh. Karena kereta memang merupakan transportasi yang memiliki jalur khusus, jelas saja tingkat kecelakaannya jauh lebih rendah dibanding kendaraan lain.

Selain itu untuk urusan keamanan penumpang, kereta memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibanding kendaraan darat lain. Kasus pencurian, copet dan kejahatan lain di kereta lebih jarang terjadi. Bandingkan dengan transportasi darat lain seperti bus, mobil dan motor yang memiliki angka kecelakaan dan kejahatan yang lebih tinggi. Yakin nggak mau naik kereta aja?

Di kereta api kamu bisa jalan-jalan. Yah, lumayan lah buat mengusir kepenatan sepanjang perjalanan

Bisa foto-foto juga~ via hipwee.com

Selain itu, kamu juga dijamin nggak bakal bosan saat bepergian dengan kereta api. Karena kereta api berjalan di atas rel yang tertata dengan rapi, kondisi tersebut sangat mendukung untuk aktivitas membaca. Yah, daripada bosan sepanjang perjalanan. Membaca komik, buku atau koran di kereta bisa lah, ya.

Selain itu, kamu juga bisa mengusir penat dengan jalan-jalan di dalam gerbong kereta. Saat kamu mulai merasa bosan, jalan-jalan aja. Selama kamu tak mengganggu penumpang lain, jalan-jalan untuk mengusir bosan itu sah-sah aja kok. Yah, siapa tahu ketemu jodoh di gerbong sebelah.

Perjalananmu akan lebih seru dengan pemandangan hijau yang menyegarkan. Sadar nggak kalau kereta selalu lewat wilayah persawahan?

Pemandangannya cakep via www.hotcopas.net

Salah satu hal yang jadi pembeda antara naik kereta dan kendaraan lain adalah pemandangannya. Nyadar nggak sih kalau jalur kereta api selalu melalui pemandangan hijau persawahan? Coba deh cek sendiri kalau nggak percaya.

Jalur kereta api Indonesia tak cuma memperlihatkan indahnya lampu-lampu kota, namun juga keindahan alam persawahan dan pegunungan. Artinya, selain kamu bisa mengamati gimana kehidupan di kota, sepanjang perjalanan kamu juga akan disuguhi pemandangan kehidupan di wilayah pedesaan dan persawahan. Dengan pemandangan seperti itu, perjalanan lama di dalam kereta jelas nggak bakal terasa.

Negara-negara yang sukses hampir semuanya memiliki sistem transportasi umum yang baik. Tanpa membuang waktu percuma di jalan, SDM bisa berkembang secara maksimal

Rusia, Jerman dan Jepang puya sistem kereta api yang cakep via hipwee.com

Nah dengan alasan-alasan tersebut, ada baiknya kita beralih ke menggunakan kereta sebagai alat transportasi utama. Tapi pemerintah juga perlu memberi perbaikan terhadap sistem kereta api negara kita. Sebagai perbandingan, coba saja lihat Rusia, Jerman dan Jepang. Negara-negara tersebut berhasil membuat kereta api sebagai model transportasi utama dengan mengembangkan teknologi serta inovasinya.

Rusia memiliki sistem kereta api bawah tanah yang apik, Jerman punya sistem kereta api gantung yang unik dan Jepang punya kereta cepat yang selalu dapat diandalkan. Kesamaan ketiganya satu. Mereka selalu berusaha untuk tepat waktu. Yah, setidaknya kalau sistem kereta api kita nggak ada delay lagi, kereta api di Indonesia pasti bisa jadi pilihan utama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya